SUMBER MARON Malang: Tiket & Atraksi - WisataHits
wisatahits

SUMBER MARON Malang: Tiket & Atraksi

SUMBER MARON Malang: Tiket & Atraksi

Harga tiket masuk Sumber Maron: Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Jam buka: 08:00 – 16:00. Nomor telepon: +6282139004132. Alamat/Lokasi: Karangsuko, Pementasan, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pementasan, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65174.

Kabupaten Malang di Jawa Timur memang memiliki wisata eksotik tersendiri. Meski banyak bermunculan sirkuit buatan, wisata alam tak kalah menarik. Salah satu tempat wisata alam Malang yang sangat menarik adalah SumberMaron.

Tempat wisata yang menawarkan pemandian dengan mata air alami yang sejuk. Sebelumnya, sumber air ini hanya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk budidaya kangkung. Sekaligus sebagai rest area setelah kegiatan pertanian. Namun dengan potensi yang ada, mata air tersebut akhirnya menjadi kawasan wisata yang populer.

Harga tiket masuk Sumber Maron Malang

Untuk dapat menikmati kesegaran dan keindahan tempat wisata ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Tarif masuknya cukup murah, hanya berbeda pada usia wisatawan.

Harga tiket masuk Sumber Maron Malang
Tiket masuk hari biasa Rp5.000
Tiket masuk Sabtu – Minggu dan hari libur nasional Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk Selecta MALANG dan 7 Wahana Keren

Informasi penting sebelum mengunjungi Sumber Maron:

  • Pengelola menyarankan pengunjung untuk mendapatkan vaksinasi.
  • Harus mengikuti protokol kesehatan.

Jam buka Sumber Maron Malang

Tempat wisata ini terbuka dan bisa dikunjungi setiap hari. Dengan jam buka dari pagi hingga sore hari.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 16.00

Baca: JATIMPARK 1 tiket masuk dan 4 wahana ekstrim

Aktivitas Wisata Sumber Maron Malang

kawasan wisata sumber maronKawasan Sumber Maron merupakan tempat wisata yang menawarkan sungai dan air terjun yang sejuk. Foto: Google Maps/Wahyu Pratomo

Sejak lama menjadi sumber air bagi masyarakat sekitar, Sumber Maron juga dibuka untuk wisata. Tanaman hijau yang menyebar menyebabkan kesejukan bagi siapa pun yang melihatnya. Tidak hanya itu, keberadaan air terjun menambah keindahan tempat ini.

Air terjun di sini tingginya hanya sekitar 6 meter. Dengan ketinggian tersebut, air terjun yang memiliki kemiringan sekitar 60 derajat ini sangat cocok untuk digunakan sebagai pemandian. Selain tidak terlalu deras, air yang mengalir juga jernih.

Baca: Tiket Masuk Desa Wisata Pujon Kidul dan Kegiatannya

Nikmati keindahan kolam ikan mas

Keindahan alam sekitar saat berkunjung ke Sumber Maron sungguh menyejukkan hati. Sebelum menikmati kesenangan utama berupa air terjun, pengunjung akan menjumpai kolam ikan. Di kolam pertama ini pengunjung akan menemukan banyak ikan mas yang memenuhi kolam.

Menikmati keindahan air terjun

Air Terjun Sember Maron MalangAliran sungainya juga memiliki air terjun, meski tidak terlalu tinggi, namun cukup indah dan menyegarkan. Foto: Google Maps/Al Aziz Hashtag

Selain tingginya hanya 6 meter, ada kekhasan lain yang dimiliki air terjun ini. Air terjun ini berasal dari sumber air yang sangat melimpah. Karena tingginya 6 meter dan mudah diakses, pengunjung bisa naik ke air terjun.

Mendaki langsung ke air terjun tentu saja menimbulkan perasaan yang berbeda. Selain itu, kesejukan air terjun ini sangat nikmat untuk dirasakan dari atas. Namun jika khawatir, bermain di bawah air terjun juga tak kalah seru.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Coban Rondo Malang

Wisata edukasi pembangkit listrik

Tak hanya menampilkan wisata alam yang indah, ada juga wisata edukasi di sini. Memang ada Pusat Hidrasi Mikro (PLTMH). Tanaman ini sangat bermanfaat bagi penduduk setempat.

Tanpa mitigasi, ada 4 desa yang menggunakan pembangkit listrik ini. Hal tersebut tentunya memberikan edukasi tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Selain menikmati keindahan alam, ilmu lain juga didapat.

Kegiatan meluncur di sungai

River Tubing di sumber MaronKegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di sini adalah tubing, menyusuri sungai menggunakan ban karet. Foto: Google Maps/harwindra yoga prasetya

Kedalaman sungai yang dangkal dan arusnya yang deras membuat tempat ini cocok untuk river tubing. River tubing adalah kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Air sungai di sini benar-benar alami dan tidak kotor sehingga aman.

Panjang sungai yang ditarik untuk saluran sungai sekitar 500 meter. Sebelum itu, pengunjung terlebih dahulu harus menyewa ban karet. Biaya sewanya cukup terjangkau antara Rp 3.000 hingga Rp 15.000 tergantung ukurannya.

Aliran air yang cukup deras dan bebatuan yang besar membuat tubbing semakin seru. Game ini cukup aman, karena pengunjung tidak lepas tanpa pengawasan. Di ujung arena tubbing, disediakan batangan bambu untuk mencegah pengunjung hanyut.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Coban Rondo Malang Labyrinth

Selain itu, para penjaga juga siap membantu dan memantau pengunjung. Jadi selain cukup memacu adrenalin, keamanan juga terjamin. Itu sebabnya game ini cocok untuk seluruh keluarga.

Berenang di kolam air terjun

pengunjung berenang di air terjunBerenang bisa dilakukan di area air terjun atau di sepanjang sungai. Foto: Google Maps/Atelier Azka

Berenang adalah salah satu kegiatan yang dinikmati pengunjung. Kejernihan air di kolam alami di bawah air terjun ini akan menarik minat wisatawan. Kolamnya tidak terlalu dalam, tapi untuk menjaga keamanan anak-anak bisa menyewa ban ke pengelola.

Wisata kuliner

Setelah lelah mencoba berbagai atraksi seru, kini saatnya mencoba spot-spot berikut ini. Tempat ini merupakan kumpulan tempat makan, atau biasa disebut dengan wisata kuliner. Selain berbagai hiburan di wahana, tempat ini adalah alasan mengapa pengunjung ingin datang kembali.

Berbagai makanan khas Jawa tersedia di sini mulai dari soto, bakso dan lain-lain. Harganya tentu sangat murah mengingat lokasinya yang berada di tempat wisata. Pinggir warung makan berbentuk sungai ini menimbulkan kesan alami dan nuansa tersendiri.

Fasilitas Wisata Sumber Maron

Dengan berbagai keindahan alam yang ditawarkan, berbagai fasilitas juga disediakan. Yang pertama adalah tempat parkir mobil yang luas, dengan tarif hanya Rp. 5.000 untuk mobil. Selain itu juga dilengkapi dengan mushola dan toilet umum yang memadai.

Lokasi dan Kontak Wisata Sumber Maron

Akses jalan menuju Sumber Maron yang baik membuat tempat ini mudah dijangkau. Alamat Lengkap : Karangsuko, Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur 65174. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi langsung Pemerintah Desa Karangsuko.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button