Selesai Renovasi, Pj Walikota Yogyakarta Sumadi Resmikan Markas Gerilya Tetenger SWK 101 - WisataHits
Yogyakarta

Selesai Renovasi, Pj Walikota Yogyakarta Sumadi Resmikan Markas Gerilya Tetenger SWK 101

Selesai Renovasi, Pj Walikota Yogyakarta Sumadi Resmikan Markas Gerilya Tetenger SWK 101

WAKTU INDONESIA, YOGYAKARTA – Renovasi tenger atau penanda Markas Gerilya Sub Wehrkreise atau SWK 101/WK III Sektor I selesai. Situs Tetenger di Kampung Kadipaten Wetan, Kalurahan Kadipaten, Kota Yogyakarta diresmikan pada Jumat (19/8/2022) oleh Pj atau Pj Walikota Yogyakarta, Sumadi.

Dalam kesempatan tersebut, Sumadi memberikan penghormatan kepada masyarakat Kampung Kadipaten Wetan. Karena warga setempat tidak melupakan sejarah para pejuang di daerah mereka. Dengan tenger ini, generasi mendatang akan tahu bahwa desa mereka pernah menjadi markas para pejuang melawan penjajah.

“Atas nama Pemerintah Kota Yogyakarta, saya mengucapkan terima kasih kepada warga Kadipaten Wetan yang telah berusaha mengungkap sejarah daerahnya masing-masing,” ujar mantan Wakil Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum itu.

Sumadi menambahkan, Yogyakarta dikenal sebagai kota perjuangan. Ini juga merupakan kota pelajar, kota budaya dan kota pariwisata. Karena di Yogyakarta ada banyak tokoh dan pahlawan setelah kemerdekaan 77 tahun yang lalu. Kini renovasi Tetenger yang lebih asri ini bisa dijadikan sebagai narasi perjuangan masyarakat zaman dahulu sebagai daya tarik destinasi wisata dan budaya.

“Jangan ubah tenger ini menjadi benda mati. Tolong Tetenger ini dikisahkan bahwa di Kampung Kadipaten Wetan ada perlawanan dari masyarakat sekitar untuk mendukung Pangdam,” kata mantan Sekda Sleman ini.

Tetenger-HQ-Guerrilla-WK-101-a.jpg

Oleh karena itu, Sumadi mengajak masyarakat untuk terus memberdayakan generasi muda untuk lebih mengenal tenger. Misalnya dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menyebarluaskan kepada masyarakat luas. Juga kerajinan tangan dan kuliner.

“Mari kita kembangkan destinasi wisata yang indah,” kata Sumadi.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Kadipaten (LPMK) Gardani mengatakan, pembangunan renovasi Tetenger menggunakan Dana Strategis Kelurahan 2022. Pembangunan tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Renovasi Tetenger ini sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan,” kata Gardani.

Renovasi Markas Gerilya SWK 101/WW III Sektor III di Desa Kadipaten Wetan, Desa Kadipaten, Kota Yogyakarta meliputi bangunan monumen. Hasil renovasi pada dinding belakang monumen adalah diorama gambar timbul yang menceritakan kisah perjuangan para pejuang gerilya. Di dinding tugu itu tertulis 2 orang gerilyawan SWK 101 yang tewas yakni Kemis Imam Baskari dan Mur Slamet. Selain itu, tertulis pula nama Komandan SWK 101/III Kapten Marsudi, Komandan Sektor I Letnan Wusthon dan Komandan Sub Sektor I Ja’far.

Tetenger pertama kali dibangun pada tahun 1995. Keberadaan Tetenger tersebut merupakan tanda bahwa desa tersebut pernah menjadi markas gerilya SWK 101/WW III Sektor I pada masa pendudukan Belanda di Yogyakarta dari 19 Desember 1948 hingga 29 Juni 1949.

**)

Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button