Pantai Sedahan, Gunung Kidul, pantai eksotis dengan deretan bukit karang - WisataHits
wisatahits

Pantai Sedahan, Gunung Kidul, pantai eksotis dengan deretan bukit karang

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket Pantai Sedahan salah satu pantai menawan di Girisubo, Gunung Kidul, Jogja. Pantai pasir putih di antara perbukitan karang dengan berbagai panorama alam yang memanjakan mata.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Mengunjungi setiap tempat wisata yang memiliki ciri khas tersendiri di kota Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Pantai Sedahan merupakan salah satu destinasi wisata yang namanya mulai populer di kalangan wisatawan. Pantai yang terletak di kawasan Gunung Kidul ini memiliki pesona tersendiri.

Pemandangan pasir putih yang bertebaran di pantai ini begitu indah saat terkena sinar matahari. Tak hanya itu, ombak yang tidak terlalu besar menambah suasana pantai yang terlihat semakin eksotis. Wisatawan yang datang merasa betah dalam suasana yang tenang.

Jika Anda berencana untuk menghabiskan liburan Anda di kota Gudeg ini, pantai ini menjadi pilihan yang harus ada dalam daftar Anda. Berikut beberapa informasi tentang pantai yang bisa Anda jadikan referensi sebelum mengunjunginya.

Atraksi Pantai Sedahan

Aktivitas di Pantai SedahanKredit gambar: Google Maps Husein Arbi

1. Perkemahan terbaik

Kondisi pantai yang landai dan dikelilingi tebing kapur membuat tempat ini cocok untuk mendirikan tenda. Suasana yang sedikit lebih tenang dari aktivitas para pengunjung juga menjadi alasan lain mengapa pantai ini cocok untuk berkemah.

Bagi Anda yang suka berkemah di luar ruangan, pantai ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Suasana pantai akan menjadi pengalaman baru bagi Anda selama kegiatan camping ini, apalagi melakukannya bersama teman atau keluarga.

Akan ada banyak aktivitas malam hari yang bisa Anda lakukan saat berkemah di kawasan pantai ini. Salah satu hal yang sering dilakukan adalah menyalakan api unggun sambil bermain musik dengan memetik gitar.

Namun sebelum mendirikan tenda di kawasan pantai ini, Anda perlu membayar biaya sewa tenda sebesar Rp 5.000. Ada juga jasa sewa tenda bagi wisatawan yang tidak membawa berbagai jenis perlengkapan untuk camping.

2. Suasana tenang seperti pantai pribadi

Letaknya yang berada di antara dua tebing kapur membuat Pantai Sedahan menjadi pantai pribadi. Wisatawan yang berkunjung bisa leluasa bermain pasir atau berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Suara deburan ombak dapat menenangkan jiwa dan perasaan Anda. Karena lokasi wisatanya yang masih tergolong baru di kalangan wisatawan dari luar daerah, maka suasana pantai ini terkesan lebih tenang dibandingkan pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Tak jarang wisatawan yang datang tertarik dengan suasana tenang yang disediakan pantai pasir putih ini. Tempat wisata ini wajib Anda kunjungi saat mencari tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Pantai Sedahan

Harga Tiket Pantai SedahanKredit gambar: Google Maps Valisca Ulir

Terletak di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, membuat wisata pantai ini membutuhkan perjuangan yang lebih untuk mencapai lokasinya. Jalan pegunungan di kawasan Gunung Kidul dikenal dengan tikungan tajam dan ada juga yang terjal.

Namun jangan khawatir, kondisi jalan yang akan Anda lintasi dalam perjalanan menuju kawasan pantai Sedahan ini sudah beraspal. Dengan demikian, kendaraan pribadi seperti mobil atau motor bisa digunakan untuk mencapai tempat-tempat wisata di pantai ini.

Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta akan memakan waktu kurang lebih 2 jam, jadi persiapkan jauh-jauh hari kondisi fisik kendaraan Anda. Setelah semuanya siap, rute pertama yang akan Anda lewati adalah kawasan Jalan Brigen Katamso.

Setelah menemukan perempatan di ujung jalan, kendaraan Anda diarahkan untuk berbelok ke kiri menuju Jalan Kolonel Sugiono. Banyak jalan di kota Gudeg ini yang diberi nama pahlawan kemerdekaan, sehingga nama jalan tersebut mudah diingat oleh masyarakat.

Segera Anda akan menemukan persimpangan yang mengarah ke selatan dan utara. Pilih jalan yang mengarah ke selatan untuk melanjutkan rute Anda sebelumnya, memasuki area jalan yang akan membawa Anda ke daerah Imogiri.

Sebelum memasuki kawasan Imogiri yang terletak di Kabupaten Bantul, kendaraan Anda akan melewati jalan raya Ring Road yang merupakan jalan lintas provinsi. Setelah memasuki kawasan barat Imogiri, kondisi jalan berikut mulai menanjak dan berbelok tajam.

Sampai Anda tiba di petunjuk arah menuju pantai tujuan Anda sebelumnya, kendaraan Anda akan melewati beberapa destinasi wisata pantai lainnya. Dan perjalanan panjang Anda berakhir di pintu depan yang bertuliskan pantai.

Harga tiket masuk kawasan Pantai Sedahan sendiri dipatok dengan harga yang cukup murah, dimana per orang hanya dikenakan biaya Rp 5000. Biaya ini pasti tidak akan menguras kantong, sehingga biaya liburan akan lebih efektif dengan mengunjungi pantai.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sedahan

Aktivitas Seru di Pantai SedahanKredit gambar: Google Maps Arya Yulian Kondor

1. Memancing di Bukit Karang

Anda bisa melakukan aktivitas menarik seperti memancing di kawasan wisata Pantai Sedahan. Berbagai jenis ikan besar menjadi fokus utama Anda saat memancing di pantai yang berada di kawasan Girisubo ini.

Alat tangkap yang perlu Anda siapkan harus dirancang khusus untuk ikan air asin, berukuran lebih besar dari pancing biasa. Untuk pakan atau umpan yang digunakan, umumnya menggunakan ikan-ikan kecil yang masih hidup, agar menarik perhatian ikan yang akan ditangkap.

Selain mendapatkan ikan yang cukup besar untuk dibawa pulang dan dimasak sebagai lauk di rumah, Anda juga bisa menenangkan diri sejenak. Dengan kesabaran memancing, pikiran Anda akan terlatih untuk fokus dan melupakan masalah lain.

2. Berenang dan bermain air

Berkunjung ke salah satu wisata pantai tidak lengkap rasanya jika tidak bermain air atau berenang untuk merasakan kesejukan air laut.

Karena ombak lautnya yang tidak terlalu besar, wisatawan bisa mencoba berenang ke daerah yang lebih jauh dari bibir pantai. Sensasi deburan ombak yang menerpa tubuh tentunya akan berbeda dengan sekedar berenang di tepian pantai.

Sebelum Anda berencana menghabiskan liburan dengan berenang di pantai, ingatlah untuk membawa baju ganti. Anda dapat menggunakan fasilitas seperti ruang ganti atau toilet untuk berganti pakaian setelah menyelesaikan kegiatan ini.

3. Berburu foto keren

Aktivitas Seru di Pantai SedahanKredit gambar: Google Maps Mahfud Rispanto

Dengan pemandangan indah yang disuguhkan oleh Pantai Sedahan, Anda akan dimanjakan dengan pesona warna air laut yang biru kehijauan, apalagi saat deburan ombak menerpa pasir putih di bibir pantai, merupakan keindahan alam yang tiada tara.

Belum lagi lensa kamera yang siap mengambil bidikan Anda dalam posisi menghadap ke laut lepas. Mengambil latar belakang pemandangan laut yang indah, foto yang dihasilkan dapat digunakan sebagai konten untuk kebutuhan media sosial Anda.

Selain suasana keindahan pantai yang menjadi latar foto Anda, area tebing di sekitar pantai juga patut untuk dilihat karena pesonanya. Tebing kapur tinggi yang terlihat seperti cakar kepiting akan menjadi latar belakang yang unik.

Keberadaannya menjorok ke tengah laut, membuat tebing terlihat seperti melayang di atas permukaan laut.Beberapa tanaman dan tanaman kecil tumbuh menutupi tebing, sehingga tebing ini akan terlihat hijau dari jauh.

4. Trekking Tebing Karang

Bisakah Anda mengikuti di pantai? Hal ini mungkin terjadi jika Anda berada di kawasan Pantai Sedahan. Anda bisa melewati jalur tebing yang dibuat oleh warga sekitar untuk mengakses jalan menaiki tebing tersebut.

Perjalanan Anda melalui jalur ini tidak akan memakan waktu lama, setelah beberapa menit puncak tebing akan terlihat di depan mata Anda. Setelah sampai di puncak, Anda bisa melihat pemandangan pantai di bawah dengan perspektif yang berbeda.

Udara yang Anda hirup akan berbeda ketika Anda berada di atas tebing itu. Sangat disarankan untuk menggunakan jaket atau pakaian yang tebal, karena hawa dingin akan menemani Anda saat berada di puncak tebing.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Penginapan murah terdekat dengan pantaiKredit gambar: Google Maps Cah Kalong

1. Akomodasi dan Restoran ROOSYTA

Anda dapat mencapai area akomodasi yang menghadap ke laut ini, hanya berjarak 2,6 km dari Pantai Sedahan. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua atau empat, perjalanan menuju hostel ini akan memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Harga sewa tiap kamar juga murah, sehingga hostel ROOSYTA ini menjadi pilihan banyak wisatawan. Fasilitas yang diberikan tidak kalah dengan hostel sekelas lainnya, dimana setiap kamar sudah terpasang AC berkualitas.

2. Widya Loka Guest House

Hostel ini menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang berlibur bersama keluarga dan mencari tempat untuk bermalam. Kamar tidur medium memiliki ukuran yang luas, yang sangat baik untuk pergerakan aktif anak-anak di kamar tidur.

Pilihan kamar juga ada dua, yaitu lantai satu dan lantai atas. Jika Anda memilih lantai atas sebagai tempat menginap, keindahan pesona pantai akan terlihat dari luar jendela kamar tidur. Bahkan di pagi hari, matahari akan menembus kamar Anda.

3. Pondok Keedrombo

Menempati urutan terakhir, terdapat hostel sekaligus food stand Keedrombo Cottage yang berjarak 3,3 km dari pantai yang dikelilingi tebing. Hostel sederhana ini menawarkan harga yang murah untuk biaya sewa kamar per malam.

Kondisi tempatnya yang rapi, menjadi lebih berharga dari asrama. Selain bisa bermalam di kamar dengan kamar mandi ini, Anda juga bisa memesan menu khas Gunung Kidul.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sedahan Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sedahan Gunung KidulKredit Gambar: Google Maps Arya the Sneakerhead Hacker

Seperti wisata pantai pada umumnya, objek wisata ini juga menawarkan beberapa fasilitas kepada wisatawannya. Dari tempat parkir mobil, toilet, ruang ganti, hingga mushola untuk beribadah umat Islam, kondisi bangunan dalam keadaan baik.

Selain itu, Anda akan menemukan warung makan yang menyajikan banyak menu, termasuk menu khas Gunung Kidul. Anda bisa menikmati sajian tersebut sambil mengagumi keindahan pantai selatan Yogyakarta.

Demikian informasi mengenai Pantai Sedahan di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Keindahan alam dengan pasir putihnya yang memanjakan mata menjadi hal menarik yang wajib Anda kunjungi saat berlibur di kota pelajar ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button