Puncak HUT Banyuwangi, Ipuk Tebar Penghargaan - WisataHits
Jawa Timur

Puncak HUT Banyuwangi, Ipuk Tebar Penghargaan

Liputan6.com, Banyuwangi – Malam puncak peringatan HUT ke-251 Banyuwangi (Harjaba) digelar di Taman Blambangan pada Minggu (18/12/2022) malam.

Pada puncak ini, Banyuwangi Rebound Award 2022 diserahkan kepada sejumlah individu dan institusi berprestasi dan berdedikasi di ujung timur Jawa ini.

“Banyuwangi Rebound Award 2022 merupakan bentuk pengakuan kepada individu dan lembaga yang telah mewujudkan Banyuwangi Rebound di tengah pandemi Covid-19,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Banyuwangi Rebound Award sendiri dibagi menjadi tiga kategori yang merupakan pilar dari slogan yang dicanangkan pada era kepemimpinan Bupati Ipuk. Yakni mengelola pandemi, memulihkan ekonomi dan membangun kerukunan.

Pada kategori Penanganan Pandemi, salah satunya diberikan kepada Forum Pimpinan Daerah Banyuwangi. Mulai dari Polres Banyuwangi, Kodim 0825 Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, DPRD Banyuwangi, Pengadilan Negeri Banyuwangi dan Kejaksaan Negeri Banyuwangi.

“Dalam menghadapi pandemi, kekompakan teman-teman Forpimda sangat membantu percepatan penyelesaian,” kata Ipuk.

Selain lembaga-lembaga tersebut, ada juga sejumlah tokoh inspiratif lainnya yang turut membantu mengatasi pandemi. Diantaranya adalah Sumiyati, seorang tenaga kesehatan yang tidak sempat memberikan pelayanan di desa-desa terpencil. Ada pula Agus Wahyudi dan kawan-kawan yang mempertaruhkan nyawa demi menutupi jenazah korban Covid-19.

Selain itu, penghargaan ini juga diberikan kepada koordinator Tagana Banyuwangi Dedy Utomo, guru Muhammad Mahmud yang telah mengajar di daerah terpencil selama lebih dari 20 tahun dan aktivis yang peduli terhadap pemurtadan EcoRangers Siti Muyasaroh.

“Untuk menghadapi pandemi ini, bukan hanya mereka yang berada di garda terdepan. Tapi ada juga tanggung jawab untuk mengatasi dampak turunan lainnya,” jelas Ipuk.

Sedangkan untuk kategori pemulihan ekonomi, diberikan kepada Warung Dewi Santika Plengsengan, Kampung Mandar, Banyuwangi, yang konsisten membayar pajak penghasilan di tengah lesunya pandemi. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Bumdes Ijen Lestari yang berhasil mengembangkan homestay yang menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi.

Ada pula yang menjadi pendorong bagi petani buah naga, Rukiyan, yang berhasil mengekspornya ke pasar dunia. Juga Muhammad Muhyi, penggerak Wisata Pantai Cemara Banyuwangi, yang telah menerapkan normal baru dengan baik di masa pandemi.

“Merekalah penggerak perekonomian yang terpuruk yang terus bekerja keras menghidupkan kembali usahanya di tengah keterpurukan ekonomi di masa pandemi,” kata Ipuk.

Mount Ijen Jazz Performance 2019, Sabtu (21/9/2019), di Infatuated Terracotta Park (TGT), Banyuwangi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button