Pantai Ngandong, Pantai Pasir Putih dan Bukit Karang yang Eksotis di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Ngandong, Pantai Pasir Putih dan Bukit Karang yang Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Wisata Pantai Ngandong berada tepat di sebelah Pantai Sundak. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, termasuk snorkeling dan kano.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Ngandong adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Berbatasan langsung dengan Pantai Sundak dan menghadap ke Samudera Hindia, Ngandong memiliki pesona pantai yang indah dengan perairan yang jernih dan indah. Tentunya para pengunjung yang datang akan dibuat takjub.

Meski belum begitu terkenal keberadaannya dan namanya tidak sepopuler Sundak, dijamin Anda tidak akan menyesal memutuskan untuk berlibur ke sini. Deretan perahu nelayan yang berjejer rapi di bibir pantai membuat panorama khas Ngandong. Pemandangan ini ditemukan pada pagi hari saat para nelayan pulang ke rumah setelah melaut.

Selain itu, ada sebuah pulau yang terletak di tengah laut, jika keadaan perairan pantai tidak terlalu tinggi, bahkan saat air surut, pulau ini hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki. Kawasan sekitar Pantai Ngandong juga banyak dijumpai bebatuan yang biasanya dijadikan spot foto pengunjung atau sekedar merendam kaki sambil duduk-duduk di bebatuan.

Atraksi Pantai Ngandong

Objek wisata milik Pantai NgandongKredit gambar: Google Maps Adisya Lina

Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata tepi laut yang berada di Yogyakarta. Menghadirkan pemandangan air pantai yang kebiru-biruan dan jernih, serta berpadu dengan pasir pantai yang putih membuat Ngandong begitu diminati oleh para wisatawan. Tak heran jika saat musim perayaan, Ngandong dipadati pengunjung.

1. Ada bukit perbatasan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ngandong terletak di dekat atau bahkan berbatasan langsung dengan Pantai Sundak. Sebagai pembatas antara Ngandong dan Sundak, terdapat bukit yang terbentuk secara alami di tengah kedua pantai ini. Keberadaannya menjadi daya tarik Ngandong.

Tak jarang pengunjung menjadikan bukit ini sebagai spot foto yang menarik. Hal ini memungkinkan dua pantai ikonik Gunung Kidul dilihat dari atas bukit. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan berebut untuk bisa mengabadikan momen di bukit ini. Bahkan, banyak fotografer yang memilih bukit ini sebagai spot foto mereka.

2. Berfungsi sebagai pelabuhan bagi para nelayan

Daya tarik Pantai Ngandong selanjutnya adalah sebagai tempat berlabuhnya para nelayan. Mungkin terdengar biasa, tapi siapa sangka ternyata Ngandong dan Sundak adalah daerah pemancingan. Hal ini tentu saja terjadi di semua wisata pantai di Indonesia.

Namun karena padatnya pengunjung di Pantai Sundak, maka hanya menjadi tempat wisata saja. Akhirnya hampir semua nelayan Sundak memilih berlabuh di Ngandong. Dengan banyaknya nelayan yang berlabuh di Ngandong, pengelola mempersilahkan pengunjung yang ingin bergabung dengan para nelayan untuk berburu ikan.

3. Ada tebing karang

Spot foto menarik lainnya yang tak kalah indah dari bukit adalah tebing-tebing di sisi kanan dan kiri pantai. Kedua tebing ini tampak mengapit kawasan perairan pantai. Tebing ini cukup tinggi dengan banyak bebatuan yang berada di bawah tebing dan sangat indah dilihat dari atas tebing.

Biasanya area tebing ini sering dijadikan sebagai spot foto yang menarik, indah dan instagramable. Jika Anda mengambil foto dari sudut yang tepat, itu akan membuat tebing terlihat seperti mengambang di atas air. Untuk itu, selalu luangkan waktu untuk mengabadikan momen kekinian di Ngandong dengan membawa kamera yang sesuai.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Ngandong

Alamat Pantai NgandongKredit Gambar: Facebook.com @dana.nurhasim

Perairan Pantai Ngandong terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus. Untuk dapat mengunjungi Ngandong, ada beberapa rute yang biasa ditempuh oleh pengunjung. Kebanyakan juga memilih untuk memulai dari pusat kota Jogja karena lebih mudah.

Sesampainya di Jogja, Anda bisa langsung menuju Piyungan kemudian dilanjutkan menuju kawasan Patuk. Sesampainya di Patuk, arahkan kendaraan menuju Sambipitu hingga pertigaan Lanud TNI Gading dan belok kanan. Kemudian melalui Jalan Playen, Paliyan dan Saptosari lalu ikuti saja petunjuk arah yang tersedia.

Untuk mempersingkat waktu, Anda juga bisa memilih rute perjalanan yang lebih pendek yaitu jalur Imogiri. Anda akan berangkat dari Imogiri dan perlu melakukan perjalanan ke daerah Panggang. Setibanya di Panggang, perjalanan menuju Saptosari, dan Anda akan sampai di kawasan Pantai Baron. Anda tinggal memilih jalur yang menuju Ngandong.

Jalur yang biasanya dilalui wisatawan untuk menuju pantai ini dalam kondisi baik dan aman. Oleh karena itu, sepenuhnya diperbolehkan bagi Anda yang ingin membawa kendaraan pribadi. Selain itu, untuk menghindari kemacetan akibat padatnya pengunjung, Anda bisa mengunjungi Ngandong pada hari biasa atau berangkat lebih awal.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai NgandongKredit gambar: Google Maps Denny Iskandar

Liburan yang murah, tapi dengan pemandangan yang indah tentunya bisa ke pantai Ngandong. Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dengan harga lebih murah. Biaya masuk yang diolah di pantai ini cukup terjangkau yaitu Rp10.000 per orang.

Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir, karena tempat parkir juga disediakan oleh pengelola Ngandong. Biaya parkir keseluruhan juga cukup terjangkau yaitu Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Ngandong

Aktivitas di Pantai NgandongKredit gambar: Google Maps (Catur Mukha)

1. Berburu ikan bersama nelayan

Di pagi hari, banyak nelayan biasanya berlabuh di pantai Ngandong setelah malam memancing. Karena banyaknya nelayan yang sering mendarat di pantai ini, pengunjung juga bisa ikut berburu ikan dan naik perahu nelayan. Anda bisa menaiki perahu ini saat para nelayan hendak melaut.

Dengan perahu, Anda dapat menikmati keindahan Ngandong dengan berjalan-jalan di pantainya yang luas. Anda juga bisa melihat keindahan Pantai Sundak. Angin sepoi-sepoi dari pantai juga akan membuat Anda nyaman. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan.

2. Bermain snorkling

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah snorkeling. Pengunjung yang menyukai aktivitas ini juga bisa melakukannya di pantai yang satu ini. Anda dapat menikmati pemandangan indah kehidupan bawah laut Ngandong yang indah. Anda pasti akan menemukan berbagai jenis ikan yang hidup di perairan ini.

Pengelola pantai menawarkan layanan penyewaan peralatan snorkel. Biayanya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp50.000,00 per orang. Perlengkapan yang didapat cukup lengkap yaitu snorkel yang dilengkapi dengan masker, sepatu khusus yang digunakan untuk snorkeling.

3. Nikmati kano

Aktivitas di Pantai NgandongKredit gambar: Google Maps (Big Fish3)

Perairan pantai yang berbatasan dengan Sundak memiliki perairan yang tenang dan ombak yang kecil. Ombak seperti ini, memungkinkan pengunjung untuk bisa bermain kano. Anda bisa memainkannya di sekitar pantai atau di sekitar pantai karena Ngandong memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Tidak jauh berbeda dengan snorkeling, penyedia sewa kano juga mengenakan biaya sebesar Rp50.000,00 per sampan sepuasnya dan tidak ada minimal durasi sewa. Ini akan menjadi kegiatan yang sangat mendebarkan dan mendebarkan sambil menikmati Liburan Wisata Air Ngandong.

4. Nikmati panorama matahari terbenam

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menikmati panorama matahari terbenam di pantai pada sore hari. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan yang biasa dilakukan pada liburan pantai, khususnya di Ngandong. Sambil menikmati indahnya sunset, Anda bisa mencicipi masakan khas masyarakat sekitar.

Pemandangan Ngandong sendiri sangat indah berpadu dengan bebatuan dan tebing yang terbentuk secara alami. Ditambah dengan panorama sunset, pasti akan menambah keindahan Ngandong itu sendiri. Ini akan menjadi tempat foto yang sangat bagus. Jangan lupa untuk mengabadikan sunset Ngandong di sore hari.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantaiKredit Gambar: Google Maps Penginapan Pantai Kukup Barokah

1. Berkah Pantai Kukup

Barokah Pantai Kukup menawarkan fasilitas yang sangat lengkap. Ada tempat parkir mobil, Wifi 24 jam sehari, untuk persewaan alat snorkeling. Kondisi kamar sangat bersih dengan customer service yang baik dan sangat ramah yang pasti akan membuat anda betah.

2. Sundak Indraprastha dengan pemandangan laut

Hostel selanjutnya di sekitar pantai adalah Sundak Indraprastha. Hostel ini menawarkan akses langsung ke pantai indah yang menjadi daya tarik tersendiri. Pengelola juga menawarkan layanan kamar dan layanan 24 jam.

3. Istana Joglo

The Royal Joglo merupakan hostel yang memiliki rating cukup tinggi. Banyak fasilitas menarik memang tersedia di hostel ini. Staf pelayanan juga sangat ramah, yang membuat menginap nyaman dan betah.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Ngandong Gunung Kidul

Fasilitas Pantai NgandongKredit gambar: Twitter saya suka

Ada berbagai fasilitas yang disediakan oleh Pengelola Pantai Ngandong yang dapat digunakan oleh pengunjung. Berbagai penyewaan snorkling atau kano juga ditawarkan untuk kenyamanan pengunjung yang datang ke sini.

Fasilitas penunjang lainnya, seperti mushola, toilet, bahkan restoran, juga cukup banyak tersedia dan tersebar luas di hampir semua pantai. Dijamin, Anda tidak akan menyesal mengunjungi pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidal.

Berikut adalah beberapa informasi singkat tentang Pantai Ngandong di Gunung Kidul. Rangkuman informasi di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih Ngandong sebagai destinasi liburan Anda bersama keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button