Pemerintah Kabupaten Bandung menjadi tuan rumah inkubasi untuk mengembangkan dan memperkuat potensi usaha koperasi - WisataHits
Jawa Barat

Pemerintah Kabupaten Bandung menjadi tuan rumah inkubasi untuk mengembangkan dan memperkuat potensi usaha koperasi

Pemerintah Kabupaten Bandung menjadi tuan rumah inkubasi untuk mengembangkan dan memperkuat potensi usaha koperasi

WILAYAH. BANDING | BBCOM | Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DiskopUKM) melakukan evaluasi kegiatan start up pengembangan dan penguatan potensi usaha koperasi dengan mengikutsertakan 12 koperasi potensial yang ada di Kabupaten. bandung

“Pembentukan koperasi ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh dinas koperasi untuk meningkatkan kapasitas koperasi. Ada 12 peserta (koperasi) dalam kegiatan inkubasi koperasi yang diadakan di Grand Sunshine Resort Soreang kemarin Selasa (22/11),” kata Bupati Bandung HM Dadang Supriatna melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM H. Dindin Syahidin di Soreang, Rabu (11/ 23/22).

Dindin mengatakan, kegiatan inkubasi koperasi ini berbeda dengan kegiatan pendampingan teknis pada umumnya karena dilakukan selama tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni 2022.

“Selama tiga bulan ini, kami bekerja sama dengan salah satu lembaga untuk mengidentifikasi permasalahan dan potensi dari 12 koperasi tersebut,” kata Dindin.

Kemudian, lanjutnya, para peserta mengadakan pertemuan tatap muka di kelas sebanyak empat kali selama tiga bulan. “Biasanya mereka (peserta/koperasi) discreening oleh tim lapangan dan dimonitor perkembangannya,” ujarnya.

Hal yang paling membanggakan, tambah Dindin, ke-12 koperasi tersebut telah terjalin kerjasama antar koperasi tersebut. “Jadi koperasi yang membutuhkan dana atau modal didukung oleh koperasi lain yang tergabung dalam 12 koperasi tersebut,” ujarnya.

Dindin mengungkapkan, melalui kegiatan inkubasi koperasi ini akan muncul inovasi pengembangan usaha di koperasi. “Misalnya koperasi bekerjasama dengan koperasi lain dengan memberikan modal untuk pengembangan usaha koperasi. Kemudian kerjasama antar koperasi dalam rangka pengembangan kawasan wisata yang dikelola oleh koperasi. Ini contohnya, tujuh koperasi terlibat dalam koperasi. Nilai kerjasama sebesar Rp 3,48 miliar. Selain dukungan anggaran, kami juga melakukan pengadaan bibit dan sebagainya,” ujarnya.

Satu hal, kata Dindin, terkait kondisi ekonomi masyarakat, dan Bupati Bandung HM Dadang Supriatna kerap menyampaikan adanya dukungan dari APBD terkait inflasi.
“Nah, kegiatan yang kami lakukan ini insya Allah membantu mengatasi inflasi daerah. Karena kerjasama antar koperasi akan memutus rantai pasok pemasaran produk,” ujarnya.
Karena itu, harga bisa lebih rendah, kata Dindin.

Dindin mengatakan, 12 koperasi yang terlibat dalam kegiatan pendirian merupakan koperasi yang sehat dan baik. “Mereka sudah melakukan RAT (rapat anggota tahunan) minimal dua tahun berturut-turut. Dan itu yang dipilih oleh tim, semua penempatan juga kita serahkan kepada tim yang dipilih,” ujarnya.

Dindin mengungkapkan, kegiatan ini tentunya mendukung program Bupati Bandung. “Terutama dalam hal mengatasi inflasi. Ini juga merupakan program prioritas,” katanya.

Selama ini, kata Dindin, Pemkab Bandung khususnya Dinas Koperasi UKM mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan dana bergulir. “Ternyata koperasi berperan memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi, seperti bank emok dan lain-lain,” katanya.

Dindin mengatakan, dari 12 koperasi tersebut sebagian besar merupakan koperasi produsen. “Ini adalah koperasi yang utamanya melakukan kegiatan usaha, misalnya bercocok tanam seperti yang dilakukan oleh koperasi Tricipta di bidang budidaya bawang merah, dan koperasi lain yang mengelola hasil palawija dan banyak produknya,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, muncul inovasi-inovasi di koperasi, seperti koperasi Tricipta, salah satu koperasi yang diusung Bank Indonesia terkait penanganan inflasi. “Banyak sekali orang dari luar kota datang ke sana (Tricipta). Nah, ini juga inovasi, bagaimana pendatang dari luar kota bisa berkontribusi di koperasi (uden)?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button