Pantai Sadranan Gunung Kidul, surganya para penyelam - WisataHits
wisatahits

Pantai Sadranan Gunung Kidul, surganya para penyelam

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pule Gundes II, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Sadranan akan memamerkan pesona baharinya dalam paduan terumbu karang dan pasir putih yang lembut. Ada juga pepohonan rindang yang akan membuat pengunjung betah dan ragu untuk pulang. Belum lagi suasana pantainya yang masih cukup tenang, sehingga cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Memiliki karakteristik ombak yang cenderung tenang karena terhalang secara alami oleh gugusan karang dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tempat ini sangat cocok terutama bagi para pecinta diving, dimana anda akan disuguhkan dengan berbagai macam karang tidak hanya di darat, tetapi juga di bawah laut.Pantai Sadranan bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan keinginan anda yang ingin menikmati daerah air asin segar.

Terletak di desa Sidoharjo, termasuk dalam kawasan administrasi pariwisata Gunung Kidul. Tidak terlalu sulit untuk menemukannya, meskipun butuh sedikit usaha karena posisinya belum terlalu populer. Berbagai aktivitas menanti Anda saat bermain di sini. Pastikan untuk mempersiapkan semua energi Anda sehingga Anda dapat memanfaatkannya sepenuhnya.

Atraksi Pantai Sadranan

Aktivitas di Pantai SadrananKredit gambar: Twitter.com @sarsatlinmas

1. Peluang Snorkeling

Anda berkesempatan untuk menyaksikan pesona ikan-ikan kecil yang lucu, berbagai biota laut yang mengesankan dan terumbu karang yang menakjubkan saat snorkeling di perairan Pantai Sadranan. Hanya dengan Rp 50.000, Anda sudah bisa menikmati fasilitas snorkeling yang dilengkapi dengan peralatan keselamatan berstandar internasional.

Rasanya belum cukup seru, pengelola juga sudah menyiapkan pemandu yang bisa membantu Anda menyelam di bawah air dan mengabadikan momen. Tugas pemandu adalah menunjukkan di mana jika pemandangan indah itu layak dijelajahi bagi pengunjung.

Kabar baiknya, Anda bisa meminta salinan foto tersebut melalui flash atau smartphone setelah Anda puas berenang kesana kemari. Pada prinsipnya pengunjung tidak akan kesulitan karena fasilitas dan pelayanan yang cukup memadai. Disarankan untuk memanfaatkan waktu air pasang jika ingin snorkeling.

Untuk itu, Anda harus pandai memilih waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata bahari ini. Jika berkunjung di sore hari, pilihannya adalah 4 hingga 6 jam, sedangkan di pagi hari, pilihannya adalah 8 hingga 10 jam, karena berbagai ikan lucu sangat aktif pada waktu-waktu tersebut.

2. Matahari terbit dan terbenam yang mewah

Hingga kapan, sunrise dan sunset akan selalu menjadi fenomena yang ditunggu-tunggu oleh jutaan manusia di muka bumi, khususnya para wisatawan. Selain itu, ketika mengunjungi objek wisata bahari, setiap orang cenderung berharap bisa menyaksikan kemewahan dua fenomena alam ini.

Saat sinar matahari menunjukkan perubahan saturasi warna dari kuning keemasan menjadi oranye kemerahan, itu adalah momen yang patut dikagumi. Selain itu, di daerah pesisir biasanya akan dilengkapi dengan semilir angin yang hangat namun perlahan menyejukkan, kemudian suara deburan ombak terdengar seperti nyanyian alam.

Kemewahan ini akan semakin sempurna dan mengundang decak kagum ketika bola merah raksasa itu perlahan tenggelam di balik lautan luas. Plus, pandangan Anda tidak akan terhalang oleh apapun seperti gedung tinggi, misalnya. Keberadaan gugusan pulau yang tidak jauh dari pesisir pantai juga melengkapi segala keindahan yang bisa diraih.

3. Pemandangan yang menakjubkan dari sudut yang berbeda

Jika Anda adalah orang yang menyukai fotografi dan cukup eksis di jejaring sosial, maka datang ke Pantai Sadranan adalah keputusan yang tepat. Pasalnya, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menawan di berbagai sudut. Tak pelak, situasi seperti itu bisa memuaskan semangat pengunjung untuk berfoto.

Tidak jauh dari kawasan pantai, Anda akan menemukan gugusan pulau yang tersebar secara acak di tengah lautan maupun di sekitar pantai. Menggabungkan pepohonan hijau di atas fondasi batu yang kokoh. Pulau-pulau kecil tersebut tidak berpenghuni, sehingga suasana terasa sejuk meski terkesan misterius.

Seolah itu belum cukup, di area pantainya sendiri, Anda akan berdiri di atas hamparan pasir putih. Butirannya yang lembut dan halus saat dijelajahi, bahkan memikat wisatawan untuk berlari kesana kemari. Tidak perlu khawatir melepas sepatu saat berjalan di sepanjang pasir karena lingkungan di sini masih cukup bersih.

Jika Anda datang bersama keluarga, membangun istana pasir mini bisa menjadi alternatif kegiatan yang menyenangkan, terutama bagi si kecil. Karena ukuran pantai ini cukup luas, Anda bisa mencari tempat yang sepi atau jarang dilalui wisatawan lain, demi kenyamanan dan ketenangan saat bermain.

Selain itu, ada daya tarik lain yang menggelitik hati pengunjung Pantai Sadranan yaitu deretan bebatuan di sekitar kawasan tersebut. Bebatuan tersebut terlihat kasar namun artistik sehingga mau tidak mau menarik perhatian publik. Meski sulit dan tidak disarankan untuk mendakinya, namun cukup menarik jika ingin bertarung di sekitar tebing.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sadranan

Alamat Pantai SadrananKredit gambar: Google Maps (Lukkyeos)

Berlokasi di Dusun Pulegundes II, desa Sidoarjo, Anda perlu menempuh jarak sekitar 66 km atau sekitar 1 jam 55 menit jika Anda berangkat dari stasiun Tugu Yogyakarta. Terletak di Kabupaten Gunung Kidul, jalur yang harus dilalui meliputi Piyungan ke Pathuk, dilanjutkan dari Lanud Sambipitu ke Gading.

Setelah itu, ikuti arus jalan lurus hingga ke bundaran Tugu BPD. Menyeberang Jalan Baron ke Tanjung Sari membawa Anda lebih dekat ke tujuan Anda. Lewati saja Krakal dan kemudian Pantai Sadranan sudah terlihat dan siap untuk dijelajahi. Anda dapat mengakses rute tersebut menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau empat.

Jika Anda mengalami masalah, andalkan Google Maps dan penduduk setempat yang mungkin Anda temui di sepanjang jalan. Walaupun jaraknya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun tidak akan terlalu membosankan karena pemandangannya yang indah dan jalurnya yang relatif aman. Pastikan untuk memilih waktu terbaik dari 24 jam selama seminggu penuh yang direncanakan oleh penyelenggara.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan

Harga Tiket Pantai SadrananKredit gambar: Google Maps (Wisata Jogja285)

Tidak membutuhkan biaya terlalu banyak untuk bisa menikmati pesona Pantai Sadranan. Anda cukup membayar tiket masuk Rp 10.000 kemudian ditambah sewa parkir Rp 2.000 jika Anda datang dengan sepeda motor dan Rp 5.000 untuk pengendara. Namun, ada sejumlah akomodasi lain jika Anda menginginkan pengalaman penuh.

Misalnya, untuk naik jetski dan memacu adrenalin di atas air, Anda akan dikenakan biaya sewa peralatan hingga nilai nominal Rp 250.000 dan sudah termasuk peralatan keselamatan berstandar internasional. Selain itu, ada sejumlah gazebo yang disediakan pengelola dengan harga sewa mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Sewa tikar dibanderol dengan harga Rp 20.000.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Sadranan

Aktivitas di Pantai SadrananKredit gambar: Instagram.com @daniratri85

1. Jelajahi laut menggunakan kano

Jika Anda tidak cukup berani untuk menyelam di bawah air, cobalah bepergian di atas permukaan air. Tersedia kano dengan harga sewa Rp 50.000 per jam. Sebuah kano dapat menampung hingga dua penumpang. Dengan cara ini biayanya akan lebih murah jika Anda mengajak teman.

Kondisi ini tentu menguntungkan bagi wisatawan kalangan pelajar atau mahasiswa. Apalagi bagi Anda yang sudah memiliki pasangan. Momen menyeberangi laut biru, bertahan dari deburan ombak dan mendekati perbukitan karang merupakan pengalaman tak terlupakan yang bisa menambah keharmonisan.

2. Nikmati Arena Berkemah

Ada sebidang tanah yang dimaksudkan untuk pendirian perkemahan. Pengunjung sering menggunakan arena untuk bermalam dan melakukan serangkaian aktivitas menyenangkan di Pantai Sadranan. Tenda-tenda yang berdiri kokoh dengan pemanas api unggun di mana-mana adalah pemandangan umum yang bisa ditemukan di sini.

Tidak hanya ketika malam tiba, tetapi itu sudah dimulai ketika matahari masih bersinar di atas kepala kami. Memang di antara rombongan wisatawan banyak yang berharap bisa melihat keindahan sunrise dan sunset sekaligus. Karena itu, jika Anda memiliki waktu luang, menjadi salah satu pekemah bukanlah pilihan yang buruk.

3. Berjemur

Memiliki garis pantai yang cukup panjang, objek wisata bahari ini cukup menggoda untuk dijadikan sarana penyamakan kulit. Anda bisa langsung memposisikan diri di hamparan pasir putih atau memanfaatkan persewaan karpet sebagai bantalan tubuh. Sambil menikmati udara hangat, alangkah baiknya juga mendengarkan musik ceria sesuai selera.

Selain itu, Anda akan ditemani oleh suara deburan ombak dan pemandangan naik turunnya air laut, ingatlah untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi diri, meski harus melengkapinya dengan kacamata hitam atau topi lebar. Agar semakin sempurna, siapkan minuman manis seperti es krim untuk menghilangkan dahaga yang mungkin muncul nanti.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi yang paling dekat dengan pantaiKredit gambar: Agoda.com

1. Akomodasi di BoB House

Akomodasi sederhana yang cocok untuk backpacker. Fasilitas umum yang disediakan berupa tempat parkir mobil dan tempat khusus merokok. Lokasinya sangat strategis karena berada di antara pantai favorit Gunung Kidul. Anda hanya perlu berjalan 100 meter ke pantai Sadranan jika Anda memilih untuk bermalam di sana. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 220.000.

2. Keluarga Omah Sundak

Tarif kamar per malam diperkirakan Rp 400.000. Kelebihan dari hostel ini adalah letaknya yang tepat di depan laut, yang memberikan pemandangan yang menyegarkan setiap kali Anda berdiri di teras. Lokasi tujuan Anda berjarak kurang lebih 350 meter. Meski bentuknya sederhana, namun cukup nyaman untuk ditinggali, apalagi karena bersih dan rapi.

3. Omah Sundak 2

Fasilitas umumnya mencakup bagian penerima tamu 24 jam, AC, dan tempat parkir. Kamar ini dilengkapi dengan meja, televisi, kamar mandi, dan shower. Tujuan Anda berjarak sekitar 326 meter, jadi menginap di sini adalah keputusan yang bijak. Harga sewa per malamnya Rp 400.000. Di sekitar sini, mudah untuk menemukan patung-patung suvenir.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sadranan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai SadrananKredit gambar: Google Maps (Jogja21 Tour)

Fasilitas kawasan wisata pantai juga lengkap. Kebutuhan dasar pengunjung telah diperhitungkan. Ada gazebo, warung makan, ruang ganti, kamar mandi, bahkan persewaan alat snorkeling. Jika Anda ingin mendapatkan foto terbaik namun tidak membawa perlengkapan yang memadai, ada juga jasa fotografi di sini.

Mengingat pesona unik Pantai Sadranan yang berhasil memikat hati, alangkah baiknya jika Anda turut melestarikan manfaat tersebut dalam perjalanan Anda ke sini. Mudah saja, pastikan Anda tidak membuang samba sesuka hati atau meninggalkannya di titik-titik tertentu. Toh pengelola sudah menyiapkan wastafel agar tidak salah jalan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button