Lawangwangi Creative Space, melihat pesona galeri seni rupa kontemporer di Bandung - WisataHits
wisatahits

Lawangwangi Creative Space, melihat pesona galeri seni rupa kontemporer di Bandung

Lawangwangi Creative Space, melihat pesona galeri seni rupa kontemporer di Bandung
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 11.00-22.00 WITA, Alamat: Jl. Dago Giri No.99, Mekarwangi, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Lawangwangi Creative Space atau dikenal juga dengan LCS adalah sebuah galeri seni dan pusat kreativitas anak muda yang berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat. Tempat ini memiliki desain bangunan bergaya modern dengan luas mencapai 2.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat ruang pamer seni, ruang pertunjukan, galeri jual beli seni, toko buku dan kafe.

Sejak didirikan, LCS telah menjadi wadah bagi seniman lokal dan internasional untuk mempresentasikan karya mereka. Galeri ini juga sering menyelenggarakan acara-acara seni, seperti pameran, konser musik, pementasan teater, dan workshop. Beberapa seniman ternama yang telah memamerkan karyanya antara lain Eko Nugroho, Ugo Untoro dan Ivan Sagita.

Selain itu, Lawangwangi Creative Space juga menjadi pusat pengembangan seni dan kreativitas di Bandung, khususnya bagi anak muda. Tempat yang merupakan destinasi wisata seni ini menyelenggarakan program pelatihan dan pendidikan bagi masyarakat. Contohnya termasuk lokakarya seni, kelas fotografi, dan program bimbingan untuk seniman muda.

Atraksi Ruang Kreatif Lawangwangi

Ruang Kreatif Daya Tarik Wisata LawangwangiFoto Vj di Google Maps

Meski bukan wisata alam, Lawangwangi Creative Space dibangun di atas ketinggian dengan pemandangan yang sangat bagus. Ada beberapa atraksi yang ada di tempat ini. Inilah alasan mengapa banyak wisatawan meluangkan waktu untuk berkunjung, bahkan ketika mereka tidak terbiasa dengan seni.

✦ Pemandangan alam yang indah

Atraksi pertama adalah keindahan alam yang mempesona, hampir seperti ketika Anda mengunjungi tempat wisata alam. Tempat ini dibangun di atas ketinggian, tepatnya di kawasan Dago Giri. Salah satu titik lokasi menawarkan pemandangan hijau dari berbagai vegetasi yang tumbuh subur di sekitar lokasi, suasananya sejuk dan menyegarkan.

Lawangwangi Creative Space juga menawarkan bangunan berbentuk balkon. Anda bisa menggunakan balkon untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan mempesona. Pengunjung biasanya menggunakan fasilitas ini sebagai spot foto. Tidak salah, karena background yang Anda dapatkan benar-benar hijau dan menakjubkan.

✦ Galeri Seni Lawangwangi

Sebagian besar daya tarik wisata galeri seni di Bandung berasal dari tempat yang dituju. Selain keindahan alamnya, ada juga tempat yang dikenal sebagai Galeri Seni Lawangwangi. Tempat ini biasanya digunakan untuk memajang atau memamerkan karya seni. Sebagian besar karya yang dipamerkan adalah lukisan.

Beberapa tahun lalu, Lawangwangi Creative Space menggelar pameran bertajuk A Decade Encounters with Eddy Susanto. Salah satu lukisan yang dipamerkan adalah The Renaissance of Panji, karya Eddy Susanto sendiri. Lukisan ini menggambarkan sosok Panji Asmarabangun bersama Galuh Candrakirana.

Tidak hanya digunakan sebagai tempat pameran, tempat ini juga memamerkan karya seni lainnya setiap hari. Pengunjung dapat melihat lukisan indah karya pelukis terkenal. Misalnya saja lukisan dewi Venus yang sangat unik karena lukisan ini bisa berubah wujud menjadi Marilyn Monroe saat terkena sinar ultraviolet.

✦ Berkolaborasi dalam Masakan & Budaya

Daya tarik Lawangwangi Creative Space selanjutnya adalah spot Colaborea Food & Culture. Tempat ini tidak lain adalah sebuah kafe yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Tidak hanya masakan tradisional seperti masakan khas Bandung, tetapi juga berbagai kuliner modern dari mancanegara.

Tidak sulit menemukan resto berkonsep kafe di Bandung, tapi kali ini dijamin beda. Bangunannya berada di lantai dua dengan pemandangan alam yang luar biasa. Kafe ini menggunakan jendela kaca yang besar agar lebih mudah menikmati pemandangan, tentunya sambil mencicipi makanan yang dipesan.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Lawangwangi Creative SpaceFoto oleh Lawangwangi Creative Space di Google Maps

Secara administratif, Lawangwangi Creative Space berlokasi di Jalan Dago Giri No.99, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Menemukan galeri seni ini tidaklah sulit, karena lokasinya cukup strategis. Jarak dari pusat kota diperkirakan hanya 9 kilometer, yang biasanya memakan waktu sekitar 20 menit.

Anda tidak diharuskan menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mengunjungi wisata ini dengan kendaraan umum. Namun tentunya yang lebih disarankan adalah menggunakan kendaraan pribadi. Alasannya bisa menghemat waktu dan biaya, selain itu juga bisa mampir ke tempat wisata di Bandung lainnya.

Untuk menuju Lawangwangi Creative Space dari pusat kota Bandung, silahkan berjalan melewati Jalan Cilamaya terlebih dahulu. Selanjutnya, arahkan kendaraan ke Kebun Binatang Bandung. Referensi berikutnya adalah Taman Hutan Raya yang berjarak sekitar 4 kilometer dari kebun binatang, Anda tinggal mengikuti jalan utama.

Jadi silahkan menuju Jalan Dago Giri, dan objek tujuan wisata sudah di depan mata. Di jalan utama, galeri seni ini berada di sebelah kanan. Anda bisa memanfaatkan rambu-rambu yang disediakan, atau bisa juga bertanya kepada penduduk setempat. Jika masih ragu, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi pemetaan digital seperti Google Maps.

Mengunjungi Lawangwangi Creative Space tidak memerlukan biaya masuk atau gratis. Tempat ini lebih mengandalkan kopi sebagai penghasilan utama. Oleh karena itu, Anda wajib memesan makanan atau minuman saat berkunjung. Harganya bervariasi, yang paling murah sekitar Rp10.000, sedangkan yang paling mahal Rp100.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik di Lawangwangi Creative SpaceFoto oleh Darwin Soesanto di Google Maps

Mengunjungi tempat wisata bukan hanya soal daya tarik. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kegiatan yang dapat Anda lakukan. Sekilas penjelasan di atas, Anda pasti tahu bahwa konsep wisata ini adalah galeri seni dan kafe. Tidak banyak kegiatan yang harus dilakukan, tetapi semuanya menarik.

1. Nikmati pemandangan alam

Aktivitas menarik pertama di Lawangwangi Creative Space adalah menikmati keindahan alam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tempat ini berada di atas ketinggian dengan beberapa pemandangan yang cukup menakjubkan. Berbagai jenis pohon tumbuh subur di sekitar lokasi, nuansa hijau tercipta dan menyegarkan pandangan.

Juga, Anda dapat dengan jelas melihat garis besar perbukitan dari atas. Di satu sisi, pemandangan sebagian kota Bandung juga sangat indah. Udaranya yang segar, sangat terasa perbedaannya dibandingkan dengan perkotaan. Sambil menikmati alam, tak ada salahnya menyiapkan kamera dan mengabadikan momen liburan.

2. Lihat karya seni di Lawangwangi Creative Space

Karena Ruang Kreatif Lawangwangi adalah galeri seni, Anda dapat melihat karya seni yang dipamerkan di sini. Ada banyak hal yang Anda dapatkan secara gratis. Sebagian besar berupa lukisan, kami telah menjelaskan beberapa karya yang dimaksud. Selain itu, ada juga patung-patung penuh makna yang bisa Anda lihat di halaman terakhir galeri seni ini.

3. Pergi ke Kafe

Selain berkonsep galeri seni, terdapat juga kafe yang menawarkan berbagai macam menu makanan dan minuman. Anda bisa nongkrong di kafe ini sambil melakukan aktivitas lainnya. Banyak pengunjung berhenti dan memesan makanan atau minuman setelah melihat karya seni yang dipamerkan. Anda juga bisa pergi ke kafe sambil melihat lukisan terdekat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Ruang Kreatif LawangwangiFoto oleh Feila Tan di Google Maps

Fasilitas Ruang Kreatif Lawangwangi cukup lengkap bahkan jika Anda tidak memerlukan biaya masuk. Parkir tersedia di sini, Anda harus membayar biaya tergantung kendaraan yang Anda kendarai.

Selain itu, ada juga toilet bagi yang ingin buang air atau sejenisnya. Fasilitas lain juga disediakan oleh pihak pengelola yaitu mushola, spot foto, ruangan ber-AC dan charging station.

Tak bisa dipungkiri, Bandung merupakan daerah yang warganya memiliki kreativitas yang tinggi. Berkunjung ke daerah Jawa Barat ini tidak akan membosankan, karena banyak tempat wisata yang bisa Anda datangi. Lawangwangi Creative Space hanyalah salah satunya yang layak menjadi tujuan utama jika Anda menyukai seni sekaligus ingin menekuni kuliner.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button