Pantai Peyuyon, pantai eksotis dengan tebing mirip gua di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Peyuyon, pantai eksotis dengan tebing mirip gua di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Deretan pantai berpasir putih tidak akan pernah habis jika berbicara tentang pemandangan laut Gunung Kidul. Ke mana pun kaki Anda melangkah, momen wisata di kawasan indah ini akan selalu menawarkan keunikan baru. Kagumi lautan biru, panjat tebing curam atau bahkan hadapi ombak di pantai selatan.

Pantai Peyuyon juga ikut memeriahkan suasana semarak Kabupaten Gunung Kidul di bentang laut. Meski momentum operasionalnya baru berlangsung sekitar lima tahun, namun keberadaannya terpancang kuat di hati wisatawan. Setelah menempuh perjalanan panjang yang melelahkan di lingkungan yang panas, tentunya cukup mengasyikkan.

Kunjungi pantai-pantai eksotis ini jika Anda mengharapkan kedamaian. Pasirnya yang putih dan dikelilingi oleh tanjung memberikan kesan tersembunyi. Beristirahat di pantai yang indah ini kemungkinan akan menghadirkan pengalaman unik dengan petualangan gua.

Atraksi Penawaran Peyuyon Plage

Aktivitas di Pantai PeyuyonKredit gambar: Google Maps Satria Raka Siwi

1. Hamparan pasir pantai yang lembut

Butiran pasir halus sudah menjadi hal yang lumrah saat Anda berwisata ke pantai Gunung Kidul, tak terkecuali pantai Peyuyon. Kelembutan butiran pasir ini memberikan kenyamanan dengan sedikit sensasi kesemutan saat berjalan tanpa alas kaki.

Bahkan, alangkah baiknya jika Anda melepas sepatu di awal saat memasuki kawasan pantai yang indah ini. Lewati strip demi strip berupa hamparan pasir putih dengan kombinasi warna kuning.

Sambil mendengarkan suara deburan ombak, Anda juga memiliki pilihan untuk melakukan aktivitas lain daripada hanya berjalan tanpa tujuan. Misalnya membuat miniatur rumah yang mengesankan mengingat lingkungannya juga bebas sampah organik.

Pasir halus Pantai Peyuyon mungkin akan sedikit menyulitkan jika Anda memanfaatkannya untuk membuat miniatur. Namun, sebenarnya bisa menjadi tantangan demi pengalaman seru yang menanti di depan mata.

Juga, pastikan untuk melakukan ini jauh dari paparan air laut yang naik dan turun terbawa ombak. Sebaiknya pilih lokasi di dekat tebing yang relatif aman dan tidak terlalu panas karena sinar matahari terhalang oleh tebing.

2. Tebing membentuk gua

Menemukan gua di tepi laut bukanlah sesuatu yang unik dan Anda bisa menemukannya di Pantai Peyuyon. Namun, bentuknya tidak benar-benar terlihat seperti gua, melainkan dua tebing agak melengkung yang terlihat seperti benteng.

Adanya tebing-tebing tersebut membuat suasana pantai yang indah ini tenang meskipun ramai. Toh, destinasi alamnya cukup luas, dan tebingnya memanjang dari sisi barat. Anda bisa memilih untuk menginap di kawasan tersebut sambil menikmati suasana yang terkesan penuh privasi.

Tebing ini juga ditumbuhi rerumputan hijau yang menambah kesan asri. Mungkin agak sulit untuk berjalan di atasnya, tetapi bukan tidak mungkin jika Anda ingin mengerjakannya.

Tak hanya tebing, di sepanjang pantai Peyuyon juga bertebaran beberapa bebatuan berwarna abu-abu kehitaman yang bisa dijadikan tempat duduk. Anda bisa pergi ke sana untuk menikmati suasana yang lebih sejuk daripada tinggal di dekat tebing, bukan?

Meskipun ombak di pantai yang indah ini cukup kasar, berlama-lama di dalam air tidak disarankan, tetapi bebatuan di tepian tempat air pasang mungkin masih bisa ditoleransi. Batuan juga bisa kamu maksimalkan sebagai spot foto, apalagi saat matahari terbenam pasti hasilnya luar biasa.

3. Terletak di area Pantai Nice

Lokasi pantai Peyuyon cukup strategis bagi mereka yang mengharapkan tamasya wisata bahari dalam satu hari. Pantai indah ini bisa Anda jadikan sebagai bagian dari petualangan dengan pantai-pantai lain di kawasan yang sama, seperti pantai Ngrawah.

Pergi ke beberapa pantai sekaligus pasti akan memberikan petualangan yang lebih seru, jadi jangan takut bosan. Pasalnya, setiap pantai memiliki pesona yang unik dengan keunikan tersendiri yang sulit untuk ditolak.

Oleh karena itu, datanglah dengan perasaan nyaman dan nikmati momentum menjelajahi pantai-pantai di kawasan tertentu di Gunung Kidul. Memang akan sangat melelahkan, namun sekaligus menghadirkan pengalaman yang sulit untuk dilupakan meski waktu terus berjalan.

Alamat dan rute perjalanan menuju pantai

Alamat pantai PeyuyonKredit gambar: Google Maps Imam Ghozali

Perjalanan sulit dengan akses terbatas menanti Anda untuk menikmati Pantai Peyuyon di Kecamatan Saptosari. Melewati jalan yang belum beraspal menuju desa Kanigoro, kamu harus menggunakan roda dua untuk menyelesaikan tantangan seru ini.

Memang keindahan Kabupaten Gunung Kidul dan potensi wisatanya terus berkembang hingga saat ini. Namun, untuk urusan perjalanan, ada baiknya mengandalkan roda dua jika Anda pandai mengemudi, atau menyewa mobil travel yang sudah melakukan perjalanan lokal.

Mulai dari pusat Kabupaten Gunung Kidul, alasannya harus melewati jalan setengah bermusuhan. Selisih jaraknya mencapai 60 km dimana waktu minimum yang diperbolehkan untuk kesana adalah sekitar 1h30.

Medan berupa hutan, bebatuan kapur, jalan tak beraspal akan menjadi hal biasa seiring jarak yang semakin pendek. Artinya Anda akan segera tiba di tempat tujuan, jadi bersiaplah untuk menyambut pemandangan yang indah.

Biaya masuk ke Pantai Peyuyon

Biaya masuk ke Pantai PeyuyonKredit gambar: Google Maps Arkan Narendra

Abaikan masalah sewa parkir yang biasanya dimainkan oleh agen destinasi berbasis alam seperti ini. Anda cukup dengan Rp5. 000 saja untuk leluasa masuk ke kawasan Pantai Peyuyon selama 24 jam.

Jika Anda menginginkan sewa yang lebih murah, pertimbangkan untuk datang secara rombongan dengan bus. Biasanya ada diskon khusus untuk rombongan wisatawan dan tarifnya bisa lebih murah lagi.

Aktivitas Seru di Pantai Peyuyon

Aktivitas di pantai PeyuyonKredit gambar: Google Maps Nafis Hidayat

1. Masuk gua

Gua di pantai Peyuyon memang tidak terlalu dalam, namun cukup menarik rasa penasaran pengunjung tentang apa yang tersembunyi di baliknya. Dekati tebing yang terlihat seperti lengkungan dan periksa kondisi di bagian bawah.

Bagi kebanyakan orang, jenis tindakan ini bisa mengkhawatirkan. Namun, jika Anda memiliki keberanian yang besar, Anda harus berusaha untuk tidak menyimpan rasa ingin tahu Anda sendirian.

Jika perlu, ajak teman untuk mendekati goa atau setidaknya berfoto di depan mulut goa. Lagipula, gua itu tidak dalam dan hanya sebuah lengkungan yang muncul sebagai hasil dari pertemuan dengan tebing.

2. Bersantai di pasir

Bawalah tikar untuk melakukan aktivitas santai di atas pasir pantai Peyuyon. Jika Anda tidak ingin membawanya, berbaring dengan punggung menghadap pasir juga patut dicoba. Selain itu, bahannya bersih dan lembut, sehingga meminimalkan risiko cedera akibat gesekan dengan benda berbahaya.

Aktivitas santai juga bisa dilakukan sambil duduk terlentang, membiarkan ujung kaki Anda terkena tetesan air. Lihat ombak bergulung di kejauhan dan garis pantai naik saat air pasang.

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu menggunakan pasir pantai yang bersih dan bersantai, termasuk kegiatan yang paling populer disarankan. Suka atau tidak suka, namun terkadang kegiatan ini bisa menjadi pilihan yang tepat saat ingin beristirahat dan tidak menemukan gazebo dimanapun.

3. Panorama matahari terbenam

Hamparan pasir putih, tanjung yang melengkung lembut dan bebatuan yang bertebaran di laut membuat pemandangan di sini semakin memukau. Bayangkan jika pemandangan sunset melengkapi perpaduan tersebut, tentu akan membuat Pantai Peyuyon megah.

Menunggu sambil duduk di hamparan pasir sambil menyaksikan deburan ombak yang bergejolak pasti cukup menyenangkan. Biarkan udara malam menerpa wajah Anda saat Anda menunggu matahari menunjukkan kemegahannya. Warna oranye kemerahan yang menyebar di permukaan air disertai dengan udara yang lebih dingin akan sangat mengesankan.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas pantai PeyuyonKredit gambar: Google Maps Firgita Febriyani

Sesuai dengan nuansanya yang terpencil, Pantai Peyuyon menawarkan area berkemah bagi para petualang untuk menikmati waktu mereka. Membangun tenda di hamparan pasir dan semakin mendekati tebing menjadi alternatif utama jika ingin bermalam.

Keterbatasan fasilitas lain juga menjadi masalah yang harus diperhatikan oleh pihak yang mengaku sebagai pengelola. Seharusnya ada lebih banyak fasilitas di pantai yang indah ini, tetapi kenyataannya masih sangat terbatas.

Anda akan kesulitan untuk memenuhi bahkan kebutuhan dasar Anda seperti makan jika hanya mengandalkan fasilitas pantai yang indah ini. Namun karena lokasinya yang cukup strategis, ada alternatif menuju pantai terdekat yang tak kalah indahnya.

Pantai Peyuyon sudah ramai sejak tahun 2017, namun masih perlu pengembangan yang lebih intensif. Harapannya dapat tetap bersaing dengan destinasi laut lainnya dan juga memberikan kemudahan bagi para traveller.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button