Temukan keindahan Pantai Sayang Heulang di Garut - WisataHits
wisatahits

Temukan keindahan Pantai Sayang Heulang di Garut

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cijambe, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Pantai Sayang Heulang merupakan destinasi wisata alam di Garut yang sangat digemari oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan luar kota. Pantai ini memiliki pesona keindahan pantai yang masih alami dan terjaga. Air lautnya selalu jernih dengan warna biru cerah yang membuat pantai ini semakin indah untuk dipandang.

Pantai ini memiliki panjang sekitar 3,5 kilometer. Pasir di Pantai Sayang Heulang berwarna putih kecoklatan. Di sini Anda juga bisa melihat karang yang indah secara langsung karena air lautnya yang jernih. Di tepi pantai terdapat banyak pepohonan yang rimbun. Dengan pepohonan di sekitar pantai, pengunjung betah karena suasananya yang sejuk dan rindang.

Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan dibuat takjub dengan kebersihan di sekitar pantai ini. Tidak ada sampah yang berserakan dan kondisi di pantai sangat bersih. Tak heran jika pengunjung betah berlama-lama di sini.

Pesona keindahan dan keunikan Pantai Sayang Heulang

Pesona Pantai Sayang HeulangFoto oleh Google Maps Dadi Mulyana

Keunikan lain dari pantai ini adalah adanya hamparan karang yang menjorok ke laut di sepanjang pantai. Saat air surut, terumbu karang naik ke permukaan dan pengunjung dapat berjalan di atas terumbu karang di sepanjang pantai.

Di pantai ini juga terdapat ikan-ikan cantik berwarna-warni yang berenang di sekitar karang. Karena permukaan pantai ini ditumbuhi karang. Dengan demikian, pengunjung tidak bisa berenang bebas di sini. Perawatan harus diambil untuk tidak merusak karang.

Pantai ini terbagi menjadi dua area, yaitu area berbatu dan area tidak berbatu. Di sebelah barat pantai ini terdapat Bukit Teletubies. Pengunjung bisa sampai di sana dengan berjalan kaki. Dari atas Bukit Teletubies, Anda bisa melihat Pantai Sayang Heulang yang indah dan mempesona.

Selain keindahan pantai dan karangnya yang memiliki begitu banyak pesona. Pantai Sayang Heulang juga memiliki kekhasan lain yang tak kalah penting untuk diketahui. Dari fasilitas yang disediakan, beredar mitos dan informasi lain terkait Pantai Sayang Heulang. Berikut penjelasannya.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sayang Heulang

Lokasi Pantai Sayang HeulangFoto oleh Google Maps Dadi Mulyana

Pantai ini terletak di Garut, dengan jarak sekitar 87 km dari pusat kota. Tepatnya di wilayah Macangahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Jika ingin mengunjungi Pantai Sayang Heulang, dari pusat kota bisa menuju Cikajang. Setelah itu dilanjutkan ke desa Mancangahar. Jalur ini adalah salah satu yang termudah. Namun, jika masih bingung, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar atau menggunakan aplikasi Google Maps.

Mitos tentang Pantai Sayang Heulang

Mitos Pantai Sayang HeulangFoto dari Google Maps Tukangulin Motoris

Di pantai ini ada mitos yang dipercaya warga sekitar. Mereka percaya tempat ini memiliki penjaga laut, ketika laut surut, mereka percaya ada seekor kuda putih berjalan di tengah lautan. Dia mengatakan seseorang di sekitarnya melihatnya.

Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai arti dari visi orang-orang tersebut. Penduduk setempat percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja jika manusia tidak merusak dan mengganggu alam. Mereka tidak memiliki ritual tertentu. Selama semua aktivitas di pantai wajar, yaitu tidak merusak fasilitas atau terumbu karang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sayang Heulang

Fasilitas Pantai Sayang HeulangFoto dari Google Maps kontraktor taman air Indonesia

Pantai ini memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Pengelola pantai ini menyediakan fasilitas yang modern dan tentunya lengkap. Di kawasan ini terdapat fasilitas seperti kamar mandi yang bersih, tempat parkir yang cukup luas dan berbagai restoran. Di sini juga tersedia fasilitas akomodasi bagi pengunjung yang ingin bermalam di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sayang Heulang

Tiket Pantai Sayang HeulangFoto oleh Google Maps Dadi Mulyana

Untuk masuk ke kawasan Pantai Sayang Heulang cukup membayar tiket seharga 10.000. Sangat terjangkau bukan, untuk ukuran pantai dengan fasilitas yang memadai dan pemandangan yang menakjubkan. Kapan Anda bisa berlibur di tempat yang indah tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Selain tiket masuk, Anda juga harus membayar sekitar 2.000 tempat parkir hanya untuk sepeda motor, 5.000 untuk mobil, dan 25.000 untuk bus besar.

Kegiatan yang menarik untuk dicoba

Aktivitas di Pantai Sayang HeulangFoto oleh Google Maps Eka Suci

Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu coba di pantai cantik ini. Berikut 5 hal keren yang bisa kamu coba saat berkunjung ke tempat ini.

1. Snorkeling dan Berenang

Kedua kegiatan ini merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan saat berkunjung ke pantai. Apalagi jika pantai tersebut memiliki kondisi alam yang selalu asri dan alami, serta bebatuan karang yang indah dan air laut yang jernih. Tentunya hal ini menambah keinginan untuk menyelam atau berenang. Pasti sangat menyenangkan bukan?

Pantai Sayang Heulang sudah memenuhi syarat sebagai pantai yang bisa digunakan untuk snorkeling. Dengan kondisi pantai yang landai dan kondisi alam yang masih alami. Sehingga ekosistem bawah laut selalu terjaga. Bagi anda yang ingin menyelam disini harus membawa peralatan sendiri dari rumah, karena disini tidak dipermudah.

Bagi Anda yang suka berenang, pantai ini juga menjadi salah satu rekomendasi yang bagus. Karena Anda bisa melihat keindahan karang saat air laut surut. Berenang di dekat pantai tak kalah asyiknya, namun yang terpenting Anda harus berhati-hati.

2. Menikmati matahari terbenam

Panta adalah tempat yang identik dengan matahari terbit atau terbenam. Dimana di pantai ini, kita bisa menikmati pemandangan dengan sangat jelas dan terlihat lebih indah. Anda bisa menikmati dua kali ini di Pantai Sayang Heulang bersama teman atau pasangan sambil menikmati secangkir kopi.

Menikmati sunset merupakan salah satu aktivitas pantai favorit. Melihat gradasi warna dari biru ke jingga dan terkadang bahkan merah muda ke ungu, semua hal ini tidak pernah pudar dari ingatan.

3. Bermain voli pantai

Bola voli pantai merupakan salah satu olahraga khas pantai yang wajib kamu coba. Di Pantai Sayang Heulang terdapat lapangan kecil yang didesain khusus untuk bermain bola voli. Jika Anda sedang mengunjungi teman, Anda bisa menggunakan fasilitas yang satu ini. Dijamin liburan Anda akan semakin seru dan menyenangkan.

4. Bersantai di bawah pohon yang rindang

Dengan rimbunnya pepohonan di pinggir pantai, Anda juga bisa piknik di bawah rindangnya pohon sambil menikmati deburan ombak pantai. Piknik bersama teman atau keluarga membawa makanan sendiri dari rumah pasti akan menambah rasa nyaman selama liburan. Sebarkan tikar dan nikmati makanan sambil menikmati keindahan pantai bersama keluarga. Pastinya akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan.

Itulah beberapa ulasan terkait Pantai Sayang Heulang di Garut. Pantai ini sudah pasti menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Garut. Di sini Anda bisa menikmati keindahan pantai dan terumbu karang yang indah dan menawan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button