Top 10 Tempat Wisata Paling Seru Di Malang Dan Kota Batu - WisataHits
Jawa Timur

Top 10 Tempat Wisata Paling Seru Di Malang Dan Kota Batu

TEMPO.CO, jakartamiskin merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah. Semua tempat bisa dikunjungi dengan harga terjangkau.

Tempat Wisata di Malang dan Batu

Kota Malang memiliki banyak julukan, salah satunya adalah kota bersejarah. Pada masa kolonial, kota ini diduduki oleh Jepang dan Belanda. Selain itu, Malang juga merupakan kota pelajar karena terdapat lebih dari 40 universitas.

Tidak hanya itu, Malang juga memiliki banyak tempat wisata yang sangat populer. Tempat wisata tersebut tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan nasional dan mancanegara. Bagi yang ingin berkunjung, lihat tempat wisata apa saja yang menarik di Malang.

1. Jawa Timur Park 1 (Jatim Park 1)

Jawa Timur Park 1 atau lebih dikenal dengan Jatim Park 1 merupakan tempat wisata paling populer di Malang. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Di dalamnya ada berbagai wahana untuk dimainkan. Jatim Park 1 mengusung konsep rekreasi dan edukasi. Konsep ini sangat cocok untuk anak-anak karena mereka bisa bermain sambil belajar.

Lokasi: Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 8.30 pagi hingga 4.30 sore

Tiket masuk: Rp75.000 – Rp120.000

2. Jawa Timur Park 2 (Jatim Park 2)

Sama seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2 mengusung konsep rekreasi dan edukasi. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mengajak anak bermain dan belajar dengan hewan. Jatim Park terdiri dari 3 area yaitu Wildlife Museum, Secret Zoo dan Eco Green Park. Di kawasan ini Anda akan melihat berbagai jenis hewan atau hewan unik seperti harimau, reptil dll. Di kawasan ini juga terdapat banyak wahana yang bisa Anda coba.

Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 8.30 pagi hingga 17.30 sore

Tiket masuk: Rp 110.000 – Rp 130.000

Museum Margasatwa Kota Batu merupakan anak perusahaan dari Jatim Park Group yang berada bersama dengan Batu Screet Zoo di Jatim Park 2. TEMPO/Abdi Purnomo

3. Batu Night Spectacular (BNS)

Apakah Anda sedang mencari tempat wisata yang cocok untuk kunjungan malam hari? Ya, Anda bisa mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS). Tempat ini menawarkan banyak atraksi seperti lampion taman, trampolin, dan bioskop 4D. Tempat ini menyerupai pasar malam karena terdapat berbagai wahana dan pilihan kuliner. Lokasi tempat ini berada di dataran tinggi, sehingga sangat cocok jika Anda ingin menikmati gemerlap lampu kota bersama pasangan atau keluarga.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316

Jam buka: Buka setiap hari dari jam 3 sore hingga 11 malam

Tiket masuk: Rp 35.000 – Rp 120.000

4. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur. Gunung ini terletak di antara 4 wilayah yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini terkenal dengan keindahan kawahnya serta pemandangan matahari terbit dan terbenamnya. Untuk menikmati keindahan alam Gunung Bromo, Anda bisa membawa kendaraan pribadi atau menyewa jeep yang sudah disediakan.

Lokasi: Gunung Bromo, Podokoyo, Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur

Jam Operasional: Buka 24 jam sehari

Tiket masuk: Rp 29.000 – Rp 320.000

5. Selecta Park Malang

Rekomendasi wisata di Malang selanjutnya adalah Selecta Park. Taman ini adalah sejenis taman bunga. Area seluas sekitar 10 hektar ini dipenuhi dengan berbagai jenis tanaman berbunga. Anda dapat menikmati keindahan, bau, bentuk dan warna bunga. Selain taman bunga, taman ini juga menawarkan berbagai jenis wahana seperti sky bike, swing boat, flying fox, bioskop 4D, aktivitas menunggang kuda dan taman bermain untuk anak-anak.

Lokasi: Jl. Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336

Jam buka: Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore

Tiket masuk: Rp 40.000

6. Air Terjun Coban Rais

Coban Rais merupakan salah satu tempat wisata air terjun atau air terjun yang sering dikunjungi wisatawan. Air terjun ini terletak sekitar 16 km dari pusat kota Malang. Air Terjun Coban Rais menawarkan gambar air terjun yang indah disertai dengan lingkungan yang hijau dan menenangkan. Ada banyak spot foto dan wahana yang bisa kamu coba.

Lokasi : Kecamatan Bar No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316

Jam buka: Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore

Tiket masuk: Rp 12.500

Air Terjun Coban Jahe mulai menarik minat wisatawan di Malang. Tempo/Abdi Purnomo

7. Pantai Tiga Warna

Seperti namanya, Pantai Tiga Varna merupakan pantai dengan pemandangan three tone. Warnanya biru, hijau dan coklat kemerahan. Ketiga warna tersebut disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari dan vegetasi plankton di pantai ini. Pantai ini juga merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Mangrove dan Terumbu Karang. Anda wajib mengunjungi pantai ini karena pantai ini tidak hanya unik tetapi juga bersih dan masih sangat alami.

Lokasi: Jl. Sendang Biru, Area persawahan/kebun, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65176

Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore

Tiket masuk: Rp 10.000

8. Pulau Sempu

Pulau Sempu merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling populer di Jawa Timur. Tempat ini terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang. Pulau ini memiliki danau yang sangat luas di tengah pulau yang disebut Segara Anakan. Selain itu, pulau ini juga memiliki cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Pulau Sempu sangat direkomendasikan bagi pecinta alam.

Lokasi: Hutan, Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Jam Operasional: Buka 24 jam sehari

Tiket masuk: Rp 12.000

9. Rumah kayu

Tempat wisata rekomendasi selanjutnya adalah Omah Kayu. Seperti namanya, Omah Kayu merupakan kawasan yang penuh dengan bangunan kayu. Tempat ini terletak di dataran tinggi, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi jika ingin menikmati pemandangan Kota Batu dari atas. Tempat ini juga sangat instagramable karena memiliki banyak spot foto yang menarik.

Lokasi: Jl. Gunung Banyak, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65312

Jam Buka: Buka setiap hari 09.00 – 17.00

Tiket masuk: Rp 5.000

10. Museum Transportasi

Museum Angkut merupakan tempat wisata yang memiliki konsep transportasi dan otomotif. Tempat ini melayani berbagai jenis transportasi dari tradisional hingga modern. Selain angkutan dalam negeri, ada juga berbagai jenis angkutan dari luar negeri. Selain melihat transportasi secara langsung, Anda juga dapat mempelajari sejarah dan asal-usulnya.

Lokasi: Jl. Saluran Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 12.00 hingga 20.00

Tiket masuk: Rp100.000 – Rp120.000

Itulah daftar tempat wisata di Malang dan Kota Batu yang wajib anda kunjungi. Ingatlah bahwa kebersihan adalah suatu keharusan ke mana pun Anda pergi. Selamat berlibur!

LALA DITA PANGSTU

Baca Juga: 4 Destinasi Menarik untuk Liburan Bersama Anak di Malang

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita Tempo.co terbaru dan berita unggulan di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button