Pantai Siung Gunung Kidul, Pantai Eksotis dan Spot Panjat Tebing Favorit - WisataHits
wisatahits

Pantai Siung Gunung Kidul, Pantai Eksotis dan Spot Panjat Tebing Favorit

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Siung merupakan salah satu objek wisata bahari di Gunung Kidul, tepatnya di Kecamatan Tepus, Desa Purwodadi. Menawarkan pesona lautan di balik tebing yang berkelok-kelok. Lautnya berwarna biru sehingga terlihat menarik. Sekitar 75 km dari pusat kota, destinasi ini ternyata memiliki jalur pendakian dengan 250 rute berstandar internasional.

Anda akan disuguhkan panorama pepohonan jati yang tumbuh di atas bukit kapur. Melintasi jalan berliku dan menanjak, membawa Anda pada perjalanan yang penuh tantangan. Sebelum akhirnya sampai di Pantai Siung, wisatawan harus bersabar di medan yang tidak terlalu mudah. Namun, semua penat itu akan terbayar lunas begitu menginjakkan kaki di tempat tujuan.

Hamparan pasir putih siap menyambut Anda, ditemani deburan ombak lembut yang bisa terdengar dari jauh. Rasakan setiap hembusan angin yang Anda rasakan membelai wajah Anda, bertiup di ujung pakaian Anda. Karena lokasinya yang cukup terpencil, tidak banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke sini. Meski begitu, keseruannya dijamin tidak akan berkurang sama sekali.

Atraksi Pantai Siung

Aktivitas Pantai SiungKredit Gambar: Twitter.com @ayiep_setiawan

1. Area perkemahan

Anda bisa mendirikan tenda di area camping yang disiapkan pengelola jika ingin menikmati panorama laut lepas dalam waktu lama, tepatnya ke arah timur. Saat matahari mulai terbenam di ufuk barat, Anda akan semakin menyadari betapa agungnya ciptaan Tuhan.

Belum lagi angin sepoi-sepoi yang berhembus membawa udara segar, aroma khas air laut dan deru ombak yang menyambut indera pendengaran. Saat cuaca mulai berubah menjadi malam, langit akan berubah menjadi atraksi terindah. Bintang-bintang bersinar terang di langit selama musim kemarau dan tidak ada tanda-tanda mendung.

Di sekitar area camping juga terdapat rumah panggung, tempat para wisatawan menyaksikan lautan biru yang luas. Namun, dalam satu sesi, spot ini hanya bisa menampung maksimal 15 orang. Karena itu, pastikan untuk menunggu dengan sabar atau datang lebih awal dari yang lain.

2. Daerah Perbukitan

Di sebelah timur Pantai Siung, Anda akan menemukan perbukitan yang sering dijadikan jalur pendakian oleh para wisatawan. Anda diperbolehkan melihat keseluruhan pemandangan pantai dari sudut yang tepat agar terlihat begitu artistik. Kabar baiknya adalah ada jalur pendakian bagi wisatawan untuk mencapai puncak bukit dengan mudah.

Namun, Anda tetap harus waspada karena di salah satu sisi bukit terdapat jurang yang terjal dan terjal. Pastikan untuk memperhatikan setiap detail jalan yang perlu Anda ambil, ikuti petunjuk dan petunjuk untuk membuatnya dengan aman ke atas dan kemudian kembali lagi. Gunakan sepatu dengan sol yang menghasilkan gesekan yang cukup untuk menghadapi kondisi tanah ini.

Kemudian lanjutkan aktivitas dengan berfoto-foto untuk mengabadikan momen seru tersebut. Pasalnya, pemandangan pantai secara umum sangat cocok untuk mengamati berbagai tempat indah dari satu titik yang sama. Setelah itu, Anda dapat mempostingnya di halaman media sosial jika Anda cukup aktif di internet.

Salah satu aktivitas favorit di pantai ilangan Gunung Kidul adalah fotografi. Anda dapat menemukan di sini berapa banyak turis yang tinggal dengan kamera selama kunjungan mereka. Bahkan, di akhir pekan atau hari libur masih ada wisatawan yang terus-menerus mencari foto di hampir semua kawasan objek wisata bahari ini.

Oleh karena itu, jika memungkinkan untuk datang di luar hari libur atau akhir pekan, akan lebih baik lagi karena akan menyelamatkan Anda dari antrian dan persaingan dengan wisatawan lain. Apalagi momen matahari akan terbit tepat di ufuk timur dan terbenam di ufuk barat, dua fenomena yang mutlak tidak boleh dilewatkan di bukit Pantai Siung.

3. Hamparan pasir yang menggoda

Pantai memang identik dengan hamparan pasir, apalagi pantai-pantai yang berada di kawasan bahari selatan ini. Mengingat banyaknya pohon di sini, Anda bisa memilih titik untuk bersantai. Bangun istana pasir, cari sisa-sisa kerang unik, atau cukup berjemur sambil menyerap suasana.

Atau, Anda dapat menggambar di hamparan pasir dan membuatnya begitu indah sehingga layak untuk diabadikan dalam lensa kamera. Mainkan bola voli atau sepak bola dengan kelompok jika Anda tidak datang sendiri. Sambil menikmati udara panas di siang hari, Anda bisa melengkapinya dengan minuman manis yang menyegarkan atau penghilang dahaga.

Dengarkan suara ombak yang menghantam bebatuan, cium aroma air laut yang menenangkan, dan biarkan ujung pakaian Anda tertiup angin darat. Jangan lupa untuk memakai tabir surya untuk melindungi kulit Anda, lalu lengkapi dengan seperangkat pemutar musik agar lebih seru dan tak terlupakan.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket Pantai Siung

Alamat Pantai SiungKredit Gambar: Twitter.com @ayiep_setiawan

Sekitar 75 km dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengunjungi Pantai Siung menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, ada juga jalur lain dari Solo atau Klaten. Tepatnya, destinasi Anda termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati setiap momen di Pantai Siung cukup murah, per orang dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000. Sedangkan jika membawa kendaraan, berlaku sewa parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Tarif ini sudah termasuk biaya untuk Pantai Jogan dan Pantai Nglambor yang berada di area yang sama.

Jika Anda mulai dari kota Yogyakarta, lintasi kawasan Piyungan ke Pathuk ke Wonosari, lalu masuk ke Baron. Setelah itu ambil jalan ke Mentel lalu Bintaos ke distrik Tepus. Ketika Anda melihat pertigaan Winangun, arahkan kendaraan Anda ke kiri dan segera tujuan Anda tampaknya menunggu Anda di sudut mata Anda.

Jika Anda memulai dari Klaten, Anda harus melewati jalan Semanu, Giripanggung, untuk memasuki kawasan Sumber Wungu. Setelah itu, ikuti arus menuju Klayu, Gude, hingga menemukan Blekonang bahkan Winangun. Lokasi pantai menanti Anda di kawasan ini.

Sebagai wisatawan berangkat dari Kota Solo, rute Sukoharjo, Wonogiri, ke Praci. Ketika Anda menemukan persimpangan di Praci, pilih belok kiri. Jalan terus sampai masuk pertigaan dekat Pasar Ngrancah. Ambil jalur kanan, lalu sampai di pasar Jepitu. Ikuti terus arus jalan sampai menemukan belokan di Winangun. Belok kiri dan pantai menunggu.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Siung

Aktivitas di Pantai SiungKredit Gambar: Instagram.com @novanurlia.gufron

1. Lihat monyet

Lebih dari sekadar kawasan yang dibanjiri beragam flora, Pantai Siung juga menawarkan pengalaman melihat kehidupan satwa liar dari dekat. Di tebing-tebing di sekitarnya, Anda mungkin melihat sekawanan monyet yang sering turun dari tebing menuju pantai saat suasana cukup tenang.

Menariknya, monyet tidak mengganggu manusia selama Anda tidak berperilaku buruk. Anda bahkan dapat memotretnya bahkan dari kejauhan. Jangan lupa juga untuk selalu mengamankan barang bawaan Anda jika ingin melihat kera dari dekat. Tindakan ini merupakan bentuk pencegahan agar harta benda Anda tidak dicuri oleh hewan liar tersebut.

2. Mendaki

Kegiatan panjat tebing di sini pertama kali dimulai oleh wisatawan Jepang pada tahun 1989. Medan yang dipilih adalah deretan bukit karang di sekitar pantai. Selama ini, pemerintah daerah terus mengembangkan kegiatan panjat tebing untuk menjaga minat masyarakat di Pantai Siung.

Fakta menarik lainnya, objek wisata bahari ini beberapa waktu lalu diberdayakan untuk menyelenggarakan lomba panjat tebing dalam agenda ASEAN Climbing Gathering. Ada sekitar 250 peserta dari berbagai belahan Asia dan Eropa. Tak heran kemudian dijuluki sebagai tempat panjat tebing terbaik di Yogyakarta.

3. Memancing

Untuk membuat pengalaman perjalanan Anda semakin lengkap, cobalah bertanya kepada penduduk setempat di mana tempat terbaik untuk memancing. Pasalnya, banyak wisatawan yang kerap memanfaatkan pantai eksotis ini sebagai cara untuk menangkap ikan.

Kabar baiknya memang banyak ikan yang berpotensi untuk ditangkap kemudian dijadikan makanan saat berkemah. Meski tanpa bumbu, rasanya tidak akan mengecewakan Anda karena kondisinya masih sangat segar. Juga, pada malam hari ketika suhu udara turun ke titik terendah, alangkah leganya jika Anda bisa menikmati ikan bakar.

4. Berenang

Ada tempat indah yang dibentuk oleh sekelompok karang yang terlihat seperti kolam alami. Kondisi air tenang karena turbulensi ombak berhasil diredam oleh bebatuan. Kedalamannya diperkirakan 1 meter, diikuti dengan air kehijauan karena banyak lumut di sekitar sini yang menempel di bebatuan.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi Dekat PantaiKredit gambar: Traveloka.com

1. Putra Dharma

Tarif per malam dibandrol dengan harga Rp 279.000 dengan fasilitas dan utilitas berupa parkir, restoran, resepsionis 24 jam, area bebas rokok dan teras. Properti ini mengizinkan tamu untuk membawa hewan peliharaan. Untuk kamar, fasilitasnya antara lain tempat tidur, meja, televisi, dan kamar mandi yang dilengkapi dengan shower.

2. Bambu Indrayanti

Seperti namanya, hostel ini menawarkan kesederhanaan dalam tempat menginap yang terbuat dari bambu. Per malam, tarif kamar adalah Rp 308.000 dengan resepsionis 24 jam. Tidak banyak fasilitas yang bisa didapatkan di sini, namun tetap cukup nyaman untuk ditinggali, terutama bagi para backpacker.

3. Limasan Mbah Darmo

Rumah transisi yang mengusung konsep sederhana dengan fasilitas yang memadai seperti lahan parkir, AC, area terpisah untuk perokok dan non perokok serta teras. Tarif per malamnya dibanderol dengan harga Rp 202.000, dimana kamar dilengkapi dengan meja, serta kamar mandi dan shower. Lokasinya dekat dengan beberapa pantai di kawasan Gunung Kidul.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Siung Gunung Kidul

Fasilitas Pantai SiungKredit gambar: Google Maps (Febrian Fadila Rizky)

Wisata pantai ini sudah terfasilitasi sepenuhnya meski letaknya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Anda bisa menemukan tempat parkir yang sangat luas, hostel sederhana, jalur pendakian, warung makan, pos SAR, pondok pendakian dan camping ground. Selain itu, akses transportasi menuju ke sana cukup mudah meski medannya sulit.

Kehadiran Pantai Siung menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, pantai ini mampu bersaing dengan objek wisata bahari di kawasan yang sama. Dengan kata lain, semakin tinggi minat wisatawan untuk berkunjung, maka semakin luas sumber pendapatan tambahan bagi penduduk setempat, dimana roda industri sektor pariwisata dapat terus berputar.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button