Pantai Pasir Kencana, Wisata Pantai Modern di Pekalongan - WisataHits
Jawa Tengah

Pantai Pasir Kencana, Wisata Pantai Modern di Pekalongan

Pantai Pasir Kencana adalah tempat wisata pantai modern di Kota Pekalongan. Hati-hati jangan sampai salah, Anda harus tahu bahwa Pekalongan memiliki kabupaten dan kota.

Ya, semacam Bandung yang wilayahnya dibagi menjadi kabupaten dan komune. Tempat wisata yang akan disuguhkan tentunya akan berbeda, misalnya Kabupaten Pekalongan identik dengan wisata alam seperti gunung, bukit, air terjun atau air terjun.

Baca juga: Tempat Wisata di Pekalongan

Sedangkan Kota Pekalongan memiliki kawasan wisata di sekitar pantai dan laut, karena berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara. Selain itu, juga merupakan pelabuhan utama di Jawa Tengah.

VolksbühneVolksbühne. Google Maps. Sumber: Yovan Faraitody

Pantai Pasir Kencana dibuka kembali kemarin pada bulan Maret 2022 dengan tema wisata buatan kontemporer, menempati area seluas sekitar 1,5 hektar. Berikut ulasan untuk disajikan!

Lokasi dan alamat Pantai Pasir Kencana

Alamat Pantai Pasir Kencana berada di Jalan Pantai, Wonokerto, Desa Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Rute menuju Pantai Pasir Kencana cukup dekat dengan Alun-alun Kota Pekalongan, dengan perkiraan waktu sekitar 14 menit dan jarak tempuh kurang dari 5 km.

Yaitu dengan mengambil arah ke Jalan Hasanudin untuk sampai ke Jl. WR Supratman hingga tiba di Panjang Wetan. Selanjutnya tinggal cari lokasi dari Pantai Pasir Kencana, akses jalannya sudah beraspal dan bisa dilalui kendaraan apapun.

Lihat juga: Taman Mangrove Pekalongan

Jam buka Pantai Pasir Kencana

  • Jam buka Pantai Pasir Kencana adalah dari pukul 14:00 hingga 20:00
  • Setiap Selasa hingga Minggu
  • Karena tutup untuk hari Senin

situs air mancursitus air mancur. Google Maps. Sumber: M.Agung Ramadhani

Tiket Masuk Pantai Pasir Kencana

  • HTM Pantai Pasir Kencana adalah Rp 15.000 per orang untuk hari biasa
  • Setiap Jumat s/d Minggu Rp 20.000,-
  • Untuk hari raya dan hari besar lainnya Rp 25.000,-

Anak-anak dengan tinggi di atas 80 cm harus membeli tiket

lihat juga: Air Terjun Muncar

Fasilitas Pantai Sandy Kencana

Fasilitas di Pantai Pasir Kencana Pekalongan antara lain:

  • parkir yang luas,
  • Toilet,
  • menara observasi,
  • Masjid,
  • panggung hiburan,
  • panggung budaya,
  • lintasan Joging,
  • ruang cuci piring,
  • pembilasan eksternal,
  • air mancur,
  • stand makanan dan minuman,
  • tempat duduk,
  • Toko cendera mata,

Atraksi Pantai Pasir Kencana

lihat juga: Wisata Petungkriyono

1. Wisata Pantai Modern

menara observasimenara observasi. Google Maps. Sumber: Ridwan Muhammad

Menara pandang di Pantai Pasir Kencana sangat berbeda dengan menara pandang pada umumnya, desainnya sangat artistik dan tidak panas sama sekali selama perjalanan menuju puncak.

Dari atas menara observasi, Anda bisa melihat beberapa spot di Pantai Pasir Kencana, dan serunya spot ini menjadi spot populer bagi pengunjung untuk menikmati sunset sore hari.

Bentuk menara observasi ini sangat unik dan terlihat berbeda dibandingkan dengan bangunan di sekitarnya. Plus, menara observasi bercorak warna-warni ini, oh ya, hanya buka sampai jam 6 sore.

2. Nikmati indahnya matahari terbenam

Pantai Pasir Kencana terkenal dengan keajaiban sunsetnya yang indah, inilah yang menjadi daya tarik dari pantai hits di Pekalongan ini.

Pengunjung bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam sambil mengobrol dan tentunya mengabadikannya dalam sebuah foto atau video. Saat cuaca cerah, keindahan sunset akan terlihat secara nyata.

lihat juga: air terjun madu resmi

3. Jalur pendakian

Untuk menikmati keindahan pantai dari dekat, Anda bisa berjalan-jalan di jalur pendakian. Yaitu sebuah jembatan memanjang yang terletak tepat di depan pantai.

Pantai Pasir Kencana tidak memiliki pasir, hanya bebatuan dengan ombak yang memecah di sisinya. Ombaknya tidak terlalu besar, sebenarnya jalur ini merupakan lokasi yang baik untuk menikmati keindahan pantai lebih dekat.

Spot ini juga sering digunakan pengunjung sebagai spot foto, saat ini kegiatan selfie atau wefie menjadi kebutuhan wajib saat traveling.

Matahari terbenam di pantai berpasir emasMatahari terbenam di pantai berpasir emas. Google Maps. Sumber: Ulil Albab

4. Atraksi Keluarga

Pantai Pasir Kencana sangat cocok dikunjungi bersama anggota keluarga, terdapat beberapa tempat bermain anak-anak. Dimana mereka bisa bermain pasir di beberapa spot yang tersedia. Selain itu, ada wahana lain, misalnya bermain bebek.

Ada juga kolam renang, meski tidak bisa bermain air di area pantai, Anda tetap bisa bermain air bahkan berenang di beberapa kolam renang yang tersedia. Ada beberapa kolam dengan kedalaman yang berbeda-beda, dari anak-anak hingga dewasa.

Pada sore hingga malam hari, pengunjung disuguhi air mancur yang terletak di area tengah.

baca juga: Curug Tupai

5. Spot foto instagramable

Sebagai tempat wisata modern, Pantai Pasir Kencana memiliki cukup banyak tempat atau spot untuk berfoto, beberapa di antaranya adalah:

  • Objek Wisata Pekalongan,
  • tepi yang unik,
  • Berfoto dengan latar belakang Volksbühne,
  • Berfoto dengan air mancur dan banyak lainnya.

Semakin sore, pemandangan semakin indah, disandingkan dengan warna-warni air mancur yang cerah.

Kolam renangKolam renang. Google Maps. Sumber: Ridwan Muhammad

Menyimpulkan

Pantai Pasir Kencana masih pendatang baru, melihat yang dibuka sekitar 3 bulan yang lalu, pemandangannya masih sangat rapi dan bersih. Semoga kebersihannya tetap terjaga sampai nanti.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button