Waspada selama berwisata kuliner, kesehatan makanan perlu diperhatikan - WisataHits
Jawa Tengah

Waspada selama berwisata kuliner, kesehatan makanan perlu diperhatikan

Waspada selama berwisata kuliner, kesehatan makanan perlu diperhatikan

LANGIT7.ID, Jakarta – Masyarakat diimbau untuk tetap waspada selama berwisata kuliner. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kesehatan makanan yang dibawa pulang.

Cemilan sembarangan atau membeli bahan makanan saat berwisata kuliner berdampak pada kesehatan. Wisata kuliner tidak hanya tentang menjaga kebersihan makanan, tetapi juga tentang bahan-bahan yang sehat.

Da’i dan naturopath Ustadz Zaidul Akbar mengingatkan bahwa dengan berwisata kuliner, masyarakat bisa memastikan makanannya benar-benar sehat sebelum membeli dan memakannya.

“Pastikan dulu halal. Yang paling mudah adalah memperhatikan logo Halal yang tercetak pada kemasan produk,” ujarnya dalam penggalan kajiannya, Senin (1/2/2023).

Kedua, cari tahu produsen makanan tersebut. Produsen perlu memastikan bahwa mereka adalah Muslim sehingga mereka setidaknya memahami tips menjaga kehalalan makanan.

Baca Juga: 5 Pilihan Kuliner Lokal & Western Populer di Pasar Gede Solo

“Karena perut, bisnisnya bisa lama kalau ada yang tidak terdaftar halal. Bahkan bisa masuk neraka,” ujarnya.

Ketua Umum Persatuan Bekam Indonesia (PBI) itu menambahkan, makanan yang tidak halal bisa menjadi penyebab penyakit pada seseorang, baik itu penyakit ringan maupun penyakit berat.

“Jadi berhati-hatilah, terutama bagi perempuan yang memiliki kebiasaan ngemil. Pastikan makanan yang dikonsumsi halal karena makanan yang tidak baik dapat merusak perut secara fisik dan emosional,” imbuhnya.

Selain kehalalan makanan di wisata kuliner, tayib juga harus terjamin. Produk makanan yang lebih alami dan sedikit diproses, semakin baik.

Misalnya mengkonsumsi buah langsung tanpa diolah menjadi jus atau sebagainya. Dengan pengolahan yang minimal, dipastikan potensi pencemaran buah akan berkurang.

(bal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button