Pantai Pasir Kencana, pantai indah dengan berbagai festival seni dan budaya di Pekalongan - WisataHits
wisatahits

Pantai Pasir Kencana, pantai indah dengan berbagai festival seni dan budaya di Pekalongan

Pantai Pasir Kencana, pantai indah dengan berbagai festival seni dan budaya di Pekalongan

Jika ingin menghabiskan liburan di pantai yang indah, datanglah ke Pantai Pasir Kencana. Sebuah pantai dengan pemandangan yang bisa memanjakan mata Anda di Pekalongan.

Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Pasir Kencana adalah tempat wisata pantai kekinian di kota Pekalongan. Tak hanya sebagai kota Batik, kota Pekalongan juga memiliki beragam wisata pantai yang menarik, salah satunya pantai indah ini. Letaknya yang berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara membuat pantai ini semakin menawan.

Pantai indah ini terletak di kota Pekalongan, bukan di kabupaten, jadi jangan salah paham. Pekalongan sendiri terbagi menjadi dua yaitu Kota dan Kabupaten. Kota Pekalongan memiliki keindahan pantai dan wisata bahari, sedangkan kabupaten ini identik dengan wisata alam seperti pegunungan dan air terjun.

Kebetulan, Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan ini letaknya dekat dengan pusat kota Pekalongan. Apalagi aksesnya yang mudah membuat pantai indah ini menjadi favorit pengunjung untuk menghabiskan liburannya. Karakteristik dan suasana yang berbeda membuat pengunjung suka menghabiskan liburan di pantai yang indah ini.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Pasir Kencana

Objek Wisata Pantai Pasir KencanaFoto: Google Maps/Buku Harian Delisha

Pasir Kencana merupakan salah satu pantai di kota Pekalongan yang memiliki berbagai daya tarik. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi pantai yang indah ini karena objek wisata berikut ini.

✦ Tempat berbagai festival seni dan budaya

Pantai indah ini menjadi tempat pertunjukan berbagai festival seni dan budaya seperti tradisi Nyadran. Selain itu juga digelar pentas seni seperti karawitan, sintren, lomba memancing, band melayu dan masih banyak lagi. Kadang-kadang banyak acara musik dangdut dan pop berlangsung di pantai yang indah ini.

✦ Panorama matahari terbenam dan matahari terbit yang menakjubkan

Pantai indah di Pekalongan ini menawarkan panorama matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan. Pemandangan indah ini bisa dilihat dari puncak menara observasi yang memiliki desain artistik. Oleh karena itu sangat cocok digunakan sebagai tempat bersantai sejenak setelah penat beraktivitas sehari-hari.

✦ Pantai Pasir Kencana dengan wahana air yang unik

Pengunjung juga bisa menikmati wahana air yang sangat menarik di pantai yang menawan. Ada becak air dan bungee jump yang asyik untuk menikmati pemandangan laut seutuhnya. Jika ingin berenang, pengunjung bisa menggunakan fasilitas kolam yang sudah tersedia.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat: Pantai Pasir KencanaFoto: Google Maps/Christian Andrianto

Pantai Pasir Kencana terletak di Wonokerto, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Karena letaknya di pusat kota, jadi tidak terlalu jauh dari stasiun kereta api besar. Oleh karena itu hanya membutuhkan jarak sekitar 5 km atau sekitar 15 menit.

Meski tidak jauh dari pusat kota, namun jalur menuju pantai Pasir Kencana Pekalongan cukup sulit dilalui kendaraan umum. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, atau bisa juga menyewa setelah stasiun utama. Rute menuju pantai cantik ini bisa dimulai dari alun-alun kota Pekalongan.

Dari alun-alun, mulailah dengan mengambil Jalan Hasanudin menuju Jl.WR. Supratman, lanjutkan perjalanan hingga tiba di Panjang Wetan. Selanjutnya anda tinggal mengikuti petunjuk yang sudah tersedia. Jika perlu, tanyakan pada warga sekitar yang tahu persis di mana letak pantai menawan ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Harga tiket masuk ke Pantai Pasir Kencana relatif murah untuk wisata pantai yang menawan, yaitu Rp15.000 hingga Rp25.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya berenang, menikmati jogging track hingga menikmati keindahan sunset dan sunrise di puncak Pandang Tower.

Sedangkan biaya parkir kendaraan seperti sepeda motor dan mobil sekitar Rp 2.000 hingga Rp 4.000. Itu saja yang Anda butuhkan untuk merencanakan menikmati keindahan Pantai Pekalongan yang menawan. Namun jika ingin membeli oleh-oleh dan menikmati kuliner yang tersedia sebaiknya membawa uang tunai lebih.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Kegiatan di Pantai Pasir KencanaFoto: Google Maps/Asti Pinarti

Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pasir Kencana. Apalagi dengan harga tiket masuk yang murah, Anda sudah bisa menikmati indahnya pantai. Beberapa kegiatan tersebut tentunya sama dengan kegiatan di pantai lainnya.

1. Berenang

Kegiatan seru yang pertama adalah berenang di kolam yang tersedia di Pantai Pasir Kencana. Pengunjung bisa bermain air, berenang atau sekedar bersantai di tepiannya. Tidak hanya itu, kolam ini juga bisa menjadi area bermain yang seru dengan ukuran kolam yang berbeda-beda.

2. Senam Bibir Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana Pekalongan terdekat juga memiliki lereng ski yang dapat digunakan untuk jogging pagi atau sore hari. Kegiatan ini akan menimbulkan perasaan berbeda karena berada di ketinggian dengan pantai yang menawan. Selain itu, ski walking juga bisa menjadi spot foto atau sekedar menikmati sunset dan sunrise.

3. Berjemur

Tidak hanya turis mancanegara, beberapa pengunjung lokal juga bisa menikmati kegiatan tanning. Kegiatan tanning dapat meningkatkan suplai alami vitamin D dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Ingatlah untuk terus menggunakan tabir surya agar banyak orang tetap terjaga dari paparan sinar UV.

4. Pembuatan foto dan video Vlog

Seperti ada yang kurang saat berlibur ke pantai, namun tidak mengabadikannya dalam foto atau video. Ada berbagai spot foto menarik yang bisa digunakan untuk kegiatan dokumentasi berupa foto atau video. Salah satu spot foto yang menarik di pantai menawan ini adalah Jembatan Cinta.

Konon, akan ada nuansa berbeda saat pemotretan bersama orang tersayang. Selain itu, landscape yang menarik juga membuat foto-foto tersebut cocok untuk dibagikan di media sosial. Buat juga video vlog Pantai Pasir Kencana yang menarik dan unik.

5. Wisata Kuliner

Tidak perlu takut lapar, karena Pantai Pasir Kencana menawarkan wisata kuliner yang beragam. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi pusing menyiapkan bekal di rumah. Pantai cantik ini telah menyediakan berbagai warung makan mulai dari kafe hingga restoran dengan pilihan makanan yang beragam.

Ada juga aneka olahan seafood seperti udang bakar, ikan dan kepiting saus tiram. Tidak hanya olahan seafood, tapi juga ayam goreng, rujak dan berbagai makanan berat lainnya. Adapun minuman yang dianjurkan, air kelapa muda diminum langsung dari buahnya.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Pasir KencanaFoto: Google Maps/Christian Andrianto

Pantai bertema bahari yang lebih modern dan indah ini tentunya menawarkan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman tentunya dapat membuat pengunjung betah. Berbagai fasilitas tersebut antara lain toko oleh-oleh, toilet, mushola, kolam ikan, tempat kuliner, dan lainnya.

Selain itu, tempat parkir yang luas juga membuat pantai Pasir Kencana selalu ramai pengunjung. Selain itu, tempat parkir mobil ini juga sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan acara. Salah satu acara yang sering diadakan adalah konser musik, baik musik dangdut maupun musik pop.

Kegiatan wisata bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder atau tambahan bagi sebagian orang. Banyak yang menjadikan traveling sebagai syarat wajib untuk menyegarkan otak. Salah satu tempat wisata yang cocok untuk liburan adalah Pantai Pasir Kencana di Pekalongan dengan pemandangan yang menawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button