Dengan masuknya kuliner legendaris tersebut, Pemkab Salatiga tengah mendorong menjadi kota wisata - WisataHits
Jawa Tengah

Dengan masuknya kuliner legendaris tersebut, Pemkab Salatiga tengah mendorong menjadi kota wisata

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Salatiga memasyarakatkan dan mendukung 80 pelaku kuliner untuk mendukung Kota Salatiga sebagai kota pariwisata dan kota gastronomi.

Kepala Dinas Pariwisata Disbudpar Salatiga Nugroho Prasetyaningsih mengatakan, pihaknya membuat aplikasi website Salatigatourism.com sebagai media informasi untuk meningkatkan sektor pariwisata dan memudahkan wisatawan mengenal Salatiga.

“Kami juga membuat aplikasi Salatigatourism.com agar Salatiga menarik wisatawan. Aplikasi ini berisi informasi tentang Salatiga beserta kuliner dan sejarahnya. Sehingga ke depan akan membuat Salatiga semakin dikenal sebagai kota wisata,” jelasnya, Senin, 5 Desember 2022.

Aplikasi ini menjelaskan tempat-tempat wisata di Salatiga, kuliner dan penginapan, menu gastronomi dengan sembilan kuliner warisan Salatiga serta tempat wisata budaya di Salatiga.

Di sisi lain, 80 pelaku kuliner yang didukung dimampukan bekerja sama dengan bank nasional, dalam hal ini BNI 1946 untuk permodalan.

“Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung pelaku kuliner dan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) untuk diprioritaskan dalam mengajukan pinjaman modal ke perbankan,” jelasnya.

Kerjasama ini akan memberikan kemudahan pendanaan bagi puluhan pelaku kuliner yang terdaftar di Disbudpar. Pelaku kuliner juga mengikuti kursus pelatihan untuk inovasi dan merek serta pemasaran produk.

Puluhan pelaku kuliner tersebar di empat kecamatan, yakni kecamatan Sidorejo, Sidomukti, Tingkir dan Argomulyo. Mereka mencoba bidang kuliner yang berbeda di perusahaan yang berbeda.

“Pelaku kuliner ini akan mendukung pergerakan ekonomi dan kemajuan Salatiga sebagai kota wisata di Jawa Tengah,” ujar Nugroho Prasetyaningsih.

Diketahui, ke depan sabuk tempat wisata di Salatiga ini akan berada di kawasan Salatiga Utara. Di kawasan ini terdapat tempat wisata yang dibangun mulai dari wisata sejarah, kuliner dan wisata religi di Salatiga. (Jaringan Lingkaran | Superior Priambodo – Koran Lingkar)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button