Saung Manglid, wisata edukasi berbasis agro di Purwakarta - WisataHits
wisatahits

Saung Manglid, wisata edukasi berbasis agro di Purwakarta

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 09.00-21.00 WIB, Alamat: Parakanceuri, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Traveling sambil belajar saat ini sedang menjadi trend destinasi wisata di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke kota Purwakarta, Saung Manglid merupakan salah satu destinasi agrowisata yang bisa direkomendasikan jika Anda ingin merasakan liburan sambil belajar.

Objek wisata yang terletak di Kecamatan Klarapedes, Purwakarta ini merupakan destinasi wisata edukasi yang menerapkan konsep agrowisata. Konsep agrowisata ini memungkinkan pengunjung berwisata sambil belajar tentang pertanian atau perkebunan. Tak hanya itu, destinasi yang awalnya merupakan restoran dan kafe ini juga menawarkan beragam menu yang lezat.

Saung Manglid sendiri awalnya merupakan lahan pertanian yang dijadikan sebagai persemaian. Dengan luas sekitar tiga hektar, pembibitan ini sering dikunjungi tamu dari luar kota. Sebagai bentuk pelayanan, dibangunlah tempat menginap yang kemudian terus dikembangkan menjadi restoran dan kafe seperti sekarang ini.

Fasilitas dan Keunikan Agrowisata Saung Manglid

Fasilitas Saung ManglidKredit gambar: Google Maps oleh Setiawan

Ketika Anda akan mengunjungi suatu destinasi wisata, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah fasilitas yang disediakan. Nah, tidak perlu khawatir karena Saung Manglid menawarkan berbagai fasilitas penunjang wisata yang lengkap. Seperti beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan di Saung Manglid di bawah ini.

1. Restoran dan kafe dengan tema unik

Saung Manglid yang semula merupakan restoran dan kafe, menawarkan fasilitas bersantap yang unik dan berbeda dengan restoran dan kafe lainnya. Menu utama yang ditawarkan adalah menu makanan khas sunda dan berbagai jenis jajanan tradisional. Jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung ke destinasi ini.

Selain masakannya yang lezat, semua bahan yang digunakan di restoran dan kafe di kawasan Saung Manglid adalah bahan-bahan lokal. Sayur-sayuran, buah-buahan dan bahan-bahan lainnya diperoleh dari petani setempat. Selain itu, semua bahan yang digunakan adalah bahan organik dan sayuran.

Yang membuatnya lebih menarik adalah konsep yang digunakan pada restoran dan kafe yang ada di kawasan Saung Manglid. Restoran dan kafe di kawasan wisata Jawa Barat ini menggunakan berbagai konsep yang sangat menarik, mulai dari konsep rumah makan tradisional lesehan hingga konsep mewah dan romantis. Jadi Anda memiliki lebih banyak pilihan tempat makan.

2. Zona foto yang menarik dan artistik

Saung Manglid merupakan kawasan agrowisata yang lengkap. Di dalamnya terdapat taman bunga dari berbagai jenis yang bisa Anda foto. Tidak hanya taman atau taman bunga yang indah, di berbagai area juga terdapat area yang khusus digunakan untuk berfoto.

Area foto juga dirancang dengan cara ini menggunakan cangkang. Carangka ini sendiri merupakan anyaman bambu yang dibentuk sedemikian rupa menjadi berbagai bentuk yang unik dan artistik.

Spot foto yang tersedia di kawasan Saung Manglid sangat artistik, sehingga akan membuat foto yang Anda ambil lebih artistik. Oleh karena itu, tak heran jika selain ramai dikunjungi masyarakat untuk berwisata, banyak calon pengantin juga datang ke sini untuk berfoto prewedding.

3. Area pendidikan yang cocok untuk ditanam

Fasilitas yang dimiliki Saung ManglidKredit gambar: Google Maps oleh Setiawan

Berbicara tentang wisata edukasi agrowisata tidak lengkap jika tidak menyebutkan fasilitas edukasi yang disediakan. Di kawasan agrowisata Saung Manglid terdapat kawasan yang khusus digunakan untuk mempelajari segala hal tentang pertanian dan peternakan.

Di sini Anda dapat mempelajari cara menanam berbagai jenis tanaman, mulai dari menanam, merawat hingga memanen. Anda juga bisa mengikuti wisata petik buah atau sayur yang datang pada musim panen. Sehingga Anda bisa mencicipi nikmatnya buah-buahan segar yang baru saja dipanen dan bisa langsung Anda panen sendiri.

4. Ruang pertemuan

Saung Manglid bukan sekadar kawasan agrowisata yang menyediakan zona rekreasi dan belajar di satu tempat. Jika Anda berada di kawasan Saung Manglid dan membutuhkan ruangan khusus untuk mengadakan pertemuan atau gathering, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas ruang pertemuan di sini.

Kawasan agrowisata ini juga menawarkan ruang pertemuan berkapasitas 30 orang. Dengan suasana alam yang sejuk, terbuka dan artistik, Anda dapat mengadakan pertemuan dengan lebih nyaman.

5. Negara Oubond

Tidak hanya ruang pertemuan, Saung Manglid juga menyediakan fasilitas berupa area keluar jika diperlukan. Suasana pedesaan yang sejuk ditambah dengan lokasi yang asri dengan berbagai kawasan yang unik dan artistik menjadikan kegiatan menyambung silaturahmi di Saung Manglid menjadi pilihan banyak orang.

Area exit yang ada di kawasan agrowisata Saung Manglid juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas exit yang memadai. Oleh karena itu, banyak sekolah, kantor atau instansi yang menggunakan fasilitas agrowisata ini untuk menyelenggarakan kegiatan bonding.

Saung Manglid menjadi pilihan terbaik bagi warga Purwakarta atau pengunjung yang melewati kawasan Purwakarta untuk berlibur sambil bersantai sejenak. Dengan berbagai fasilitas yang disediakan seperti tersebut di atas, setiap pengunjung pasti bisa menikmati berbagai aktivitas menyenangkan di sini.

Aktivitas Seru Di Saung Manglid

Kegiatan Saung ManglidKredit gambar: Google Maps Mimin Arti

Fasilitas yang disediakan di Saung Manglid di atas memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas outdoor dan indoor yang menyenangkan. Seperti beberapa aktivitas seru dan seru berikut yang bisa kamu lakukan di Saung Manglid.

1. Selfie dan pengambilan foto

Area carangka yang merupakan dekorasi anyaman bambu menjadi daya tarik utama Saung Manglid. Di area ini Anda bisa berfoto selfie atau berfoto dengan hasil artistik yang terjamin.

Selain itu, ada juga taman bunga dengan berbagai jenis bunga yang ditanam. Saat musim bunga bermekaran, kamu bisa menjadikannya sebagai lokasi foto yang tak kalah indahnya. Tempat ini juga biasa dijadikan spot foto pasangan yang melakukan pemotretan prewedding.

2. Belajar bertani

Serunya Kegiatan Saung ManglidKredit gambar: Google Maps oleh Setiawan

Seperti namanya, kawasan agrowisata, aktivitas utama yang tidak boleh dilewatkan di Saung Manglid adalah bertani dan beternak. Anda dapat mempelajari cara menanam berbagai jenis buah dan sayuran di sini. Jangan khawatir karena akan ada pemandu yang akan membantu dan membimbing Anda selama kegiatan ini berlangsung.

Selain belajar bercocok tanam, jika datang saat musim panen juga bisa memetik buah. Anda bisa memetik buahnya dan memakannya di tempat. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengolah hasil panen Anda di tempat yang telah disediakan di area saung.

Saung Manglid bisa menjadi alternatif tujuan wisata yang tidak hanya menyenangkan tapi juga mendidik. Anda dapat mengunjungi kawasan agrowisata ini setiap hari yang buka dari pukul 08:00 hingga 18:00. Bahkan pada hari libur nasional, kawasan wisata ini selalu buka. Jadi, ketika musim liburan tiba, Anda bisa memiliki lebih banyak pilihan destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button