Pesona Budaya Nusantara 2022, Kebangkitan Wisata Budaya Yogyakarta Yogya - WisataHits
Yogyakarta

Pesona Budaya Nusantara 2022, Kebangkitan Wisata Budaya Yogyakarta Yogya

Pesona Budaya Nusantara 2022, Kebangkitan Wisata Budaya Yogyakarta

Pesona Budaya Nusantara 2022

Gudeg.net – Setelah lama rehat akibat pandemi Covid-19, Pesona Budaya Nusantara 2022 kembali digelar. Tema kali ini adalah Glorious Jogja, acara tersebut merupakan awal dari kebangkitan kembali event-event budaya di Yogyakarta dan Indonesia.
Pesona Budaya Nusantara 2022 yang digelar pada 29 September hingga 1 Oktober 2022 juga menjadi penanda kejayaan budaya kota Yogyakarta.
Acara ini diselenggarakan di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII), bekerja sama dengan Badan Penghubung Daerah, Pemerintah Daerah DIY dan TMII.


“Berbagai acara dalam pesona budaya Yogyakarta mulai dari festival kuliner, kerajinan tangan, travel fair Jogja bisa menjadi ungkapan kerinduan terhadap kota Jogja,” kata Yetti Martanti, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.
Rangkaian acara yang menampilkan pesona budaya Yogyakarta antara lain Table Top, Travel Dialogue and Travel Fair, Craft Exhibition dan Demo bekerjasama dengan pengrajin Kota Yogyakarta, Festival Kuliner bekerjasama dengan PPJI, Aspeg Kota Yogyakarta dan UMKM di Kota Yogyakarta.
Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan budaya seperti kethoprak, balet, teater boneka, peragaan busana batik lurik hingga permainan tradisional.
Sebagai puncak Pesona Budaya Nusantara 2022 di Jakarta, diresmikan pula Logo Dies Natalis Kota Yogyakarta ke-266 pada Sabtu (10/01/2022). Pada saat yang sama, logo HUT Kota Yogyakarta ke-266 dipasang di Jembatan Kleringan.
Pesona Budaya Nusantara merupakan event yang menjadi spirit dan tanda kebangkitan pariwisata budaya di DIY. Yogyakarta merupakan kota dengan beragam potensi seni dan budaya, baik tradisional maupun kontemporer, yang terus berkembang seiring dengan perkembangan kehidupan masyarakat.
“Kesenian bukan hanya bagian dari masyarakat Yogyakarta sendiri, tetapi juga perlu diperkenalkan ke dunia luar agar produk seni ini dapat dijadikan sebagai penghubung dan media pemersatu antar daerah di Indonesia,” kata Sumadi, Pj Walikota Yogyakarta.
Sumadi menambahkan, Yogyakarta bukan hanya milik rakyat. Namun Yogyakarta juga merupakan salah satu mutiara budaya nusantara yang menjadi kebanggaan Indonesia dengan keunikan ragam seni rupa dan budayanya.
“Kegiatan ini juga sangat istimewa bagi kami karena setelah 7 tahun sejak tahun 2015, kota Yogyakarta kembali ditunjuk sebagai penyelenggara pesona budaya Nusantara, yang bertepatan dengan hari peringatan pertama HUT ke-266 kota Yogyakarta, ” kata Sumadi.


Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Alam X mengatakan kegiatan Pesona Budaya Nusantara mengandung tiga nilai penting. Pertama, kegiatan ini merupakan upaya untuk mempromosikan potensi daerah kepada masyarakat luas yang dapat mendukung dan memperkuat posisi Yogyakarta sebagai pusat seni dan budaya, kota pendidikan dan kota pariwisata.
Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk membudayakan, membudayakan dan mengembangkan, serta menghasilkan nilai-nilai budaya yang berkembang dalam kehidupan masyarakat, serta mendorong kreativitas seniman untuk terus berkreasi.
“Nilai lainnya adalah dapat menjadi alternatif media hiburan yang sehat dan mendidik tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya dari budaya tanah air sendiri. Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya (Kundha Kakulturn) kepada Partai Politik dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Biro Kebudayaan Kota Yogyakarta (Kundha Kakulturn) dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Bahubda DIY atas inisiatif dan kerjasama yang baik sehingga kegiatan ini dapat terlaksana, ” kata Sri Paduka Paku Alam X (ADV)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button