Pantai Lumangan, pantai pasir putih yang dikelilingi bukit karang eksotis di Nusa Penida - WisataHits
wisatahits

Pantai Lumangan, pantai pasir putih yang dikelilingi bukit karang eksotis di Nusa Penida

Pantai Lumangan, pantai pasir putih yang dikelilingi bukit karang eksotis di Nusa Penida

Pantai Lumangan, ikon baru wisata pantai di Nusa Penida Bali. Ada banyak atraksi tersendiri, berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berlibur disana.

Harga tiket: Rp 25.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Ternyata masih banyak tempat wisata di nusa penida yang belum di explore salah satunya yang baru di temukan oleh para pecinta wisata pantai adalah Lumangan. Pantai yang memiliki daya tarik tersendiri yaitu terumbu karang dengan arsitektur alami Tidak unik. Sepertinya ke depannya akan menjadi salah satu ikon pariwisata Bali yang viral.

Kekhasan pantai perawan ini adalah memiliki banyak bebatuan, tidak seperti kebanyakan pantai yang “menjual” keindahannya melihat laut biru dengan pemandangan bawah laut. Maka dari itu, bagi yang ingin merasakan sensasi lain dari wisata di kawasan pantai harus datang ke sini untuk merasakan ketenangan dan kenyamanan.

Mengapa nama Pantai Lumangan tiba-tiba muncul? Ternyata itu bukan kebetulan, melainkan sudah diprogramkan oleh pemerintah setempat melalui promosi pariwisata di jejaring sosial. Dimana unggahan tentang eksotisme pantai banyak dilakukan oleh pimpinan daerah dan jajarannya. Hasil? Para turis mulai berdatangan!

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Lumangan

Objek Wisata Pantai LumanganKredit gambar: Google Maps GA

Kelima objek wisata inilah yang menjadi alasan wisatawan harus datang ke Lumangan Pantai. Pilih waktu terbaik untuk berkunjung, yaitu pagi atau sore hari selama air laut surut. Sehingga segala keindahannya tersaji dengan sempurna dan memanjakan mata para wisatawan yang datang.

✦ Bukit berbatu

Ada sejumlah bukit berbatu di pantai yang indah ini, beberapa berbentuk batu karang di salah satu sisi pantai. Terdapat pula relief panjang berupa relief panjang di permukaan pantai, membentuk satu jalur yang dapat dilalui arus utama air laut.

✦ Pasir putih bersih

Pasir pantai yang baru viral ini juga sangat bersih karena belum banyak dijamah tangan manusia. Meski jumlahnya lebih rendah dari bentang alam berbatu, namun tetap melengkapi keindahan panorama pantai yang membedakannya dari sebagian besar pantai di Nusa Penida.

✦ Terowongan Film Hollywood

Jika wisatawan datang ke pantai Lumangan saat air surut, Anda akan melihat banyak terowongan di pantai pribadi Ini. Setiap terowongan memiliki kedalamannya sendiri, dengan arsitektur alam yang menakjubkan. Ada yang berupa cekungan dan cekungan, yang dapat ditembus ke dalam dimana air laut merupakan salah satu keindahan alamnya.

Sejumlah tempat terowongan ini juga mirip dengan tempat Film-film Hollywood syuting di luar negeri. Sehingga desakan untuk berwisata ke pantai lambang negara tetangga setidaknya bisa terpuaskan dengan mengunjungi pantai baru di Nusa Penida ini.

✦ Air jernih

Air laut yang mengalir ke berbagai arah di kawasan pantai ini masih sangat jernih, sehingga wisatawan bisa langsung melihat aktivitas flora dan fauna di bawah jika beruntung. Kejernihan airnya berpadu dengan keindahan alam akan menjadi suguhan pemandangan yang menyejukkan mata dan pikiran.

✦ Matahari terbenam yang indah

Sore harinya, wisatawan juga bisa datang dan mendaki salah satu bukit di atas terowongan. Dimana kawasan tersebut merupakan tempat yang strategis untuk menikmati sunset, sambil bercengkrama dengan orang tersayang. Menjadi momen liburan spesial yang tidak akan terlupakan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai LumanganKredit gambar: Google Maps Agus Bagus

Penasaran ingin datang ke Lumangan Pantai? terletak di Desa Bunga Mekar, Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Jika Anda memulai dari Pantai Kelingking yang sudah terkenal, jaraknya hanya sekitar 3 km dengan sepeda motor atau mobil.

Untuk menuju pantai karang ini, Anda harus menempuh jalur laut dari pelabuhan Denpasar dan sekitarnya. Kemudian menyeberang dengan ferry dengan waktu tempuh tergantung pelabuhan keberangkatan, namun biasanya hanya beberapa jam saja.

Selain itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan darat dengan menggunakan mobil sewaan yang direkomendasikan karena perjalanan darat cukup ekstrim. Dengan jalanan berbatu dan banyak semak belukar di kiri dan kanan jalan. Tetapi jika Anda terbiasa bepergian off road tidak akan menjadi masalah.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Sejak kawasan wisata ikonik baru Nusa Penida ini masih dalam tahap renovasi, nilai tiket masuk pantai masih belum pasti. Pemerintah daerah masih dalam proses koordinasi untuk menentukan tarif masuk. Tapi itu ide yang baik untuk menyimpan uang tunai, jika biaya masuk diperlukan untuk sampai ke sana.

Biaya yang harus dibayar adalah biaya masuk ke Nusa Penida sebelum melanjutkan ke Lumangan Pantai. Harganya kurang lebih Rp 25.000/orang dan akan ditagih setibanya di pelabuhan Nusa Penida. Sepadan dengan menunggu update informasi tentang harga tiket, sehingga Anda dapat menyiapkan dana yang diperlukan di sana.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai LumanganKredit gambar: Google Maps Leo Arnama

Seperti halnya pantai pada umumnya, banyak sekali aktivitas yang bisa anda lakukan di tour nusa penida baru ini. Beberapa di antaranya bahkan sudah ditawarkan langsung oleh pemerintah setempat, sebagai bagian dari kampanye wisata baru yang sedang diperbaiki dan disempurnakan demi kenyamanan wisatawan.

1. Kegiatan menyelam

Dengan air laut yang jernih, pengunjung bisa beraktivitas menyelam di beberapa pantai. Tentu saja selama periode ini disarankan untuk membawa peralatan menyelam sendiri, sudah mahir menyelam hingga kedalaman tertentu sehingga bisa lebih leluasa mengeksplorasi keindahan bawah laut dan melihat langsung kehidupan flora dan fauna.

2. Berenang di Pantai Lumangan

Bagi pecinta olahraga renang, Anda juga bisa menguji kemampuan menaklukkan air laut dengan berenang di kawasan pantai terbaik. Dengan ombak yang kecil dan stabil memungkinkan wisatawan untuk bisa berenang hingga ke tengah laut tanpa harus khawatir menjumpai ombak besar.

Namun jika Anda baru belajar berenang, sebaiknya coba ujung pantai yang dangkal terlebih dahulu.

3. Selfie dan Wefie

bundel tempat foto menarik bagi wisatawan yang suka selfie dengan latar belakang Panorama. Misalnya pada relief permukaan pantai berbatu, terowongan dengan desain alam yang unik, atau dari atas bukit dengan melihat laut yang tenang.

4. Relaksasi

Jika ingin bersantai di wisata pantai berbatu ini, wisatawan juga bisa memilih tempat yang tepat untuk beristirahat kemudian menikmati keindahan alam dalam proses relaksasi. Tidak perlu mahal, cukup bawa kursi geladak sendiri, kacamata hitam, payung dan bersantai sambil mendengarkan suara ombak dan angin sepoi-sepoi yang indah.

5. Mendaki

Beberapa bukit di sekitar pantai, juga bisa dijadikan lokasi lintas alam bagi mereka yang menyukai petualangan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai LumanganKredit gambar: Google Maps Nils

Selama ini fasilitas yang tersedia di Pantai Lumangan yang dihiasi terumbu karang masih sangat minim, bahkan bisa dikatakan belum ada. Namun, pemerintah sedang membangun fasilitas pendukung, mulai dari tempat parkir, rest area, toilet dan lain-lain.

Diharapkan ke depannya tersedia fasilitas yang lengkap, untuk memudahkan tugas para wisatawan yang datang untuk melakukan berbagai aktivitas wisata disana. Pasalnya, pantai menawan ini menjanjikan beragam aktivitas wisata, jika dikelola dengan baik akan menjadi salah satu ikon wisata Nusa Penida masa depan.

Tidak akan kecewa menghabiskan waktu di Lumangan Pantai, sebagai tempat wisata baru yang direkomendasikan oleh pemerintah Kabupaten Klungkung. Banyak keindahan untuk dilihat langsung dan dikagumi!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button