Pantai Kerandangan, pantai indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Lombok - WisataHits
wisatahits

Pantai Kerandangan, pantai indah dengan panorama alam yang menakjubkan di Lombok

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Raya Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Beberapa orang suka berlibur ke Pantai Kerandangan di Lombok Barat. Pantai di Lombok Barat ini menawarkan berbagai keindahan yang berbeda dari wisata alam lainnya. Daerah sekitar sangat asri karena terdapat tumbuhan hijau. Selain itu, destinasi ini juga masih alami karena terdapat banyak tempat wisata.

Pengunjung bisa menjadikan Pantai Kerandangan sebagai tempat bersantai. Angin sepoi-sepoi dan suara ombak akan menyenangkan Anda. Selain itu, pantai ini dilengkapi dengan kursi-kursi yang nyaman.

Saat liburan, pantai ini dipenuhi wisatawan dari berbagai daerah yang berbondong-bondong bersama keluarga. Jernihnya air laut dan pasir putih yang terdapat di sini membuat para pelancong betah bermain.

Daya tarik pantai Kerandangan

Objek Wisata Pantai KarandanganFoto oleh Google Maps Radar NTB

1. Ombak lumayan tinggi

Pantai Kerandangan terkenal memiliki ombak yang tinggi. Ombak ini memiliki ketinggian sekitar 3,5 meter yang menggulung. Namun, ombak ini memiliki tampilan yang unik karena berwarna putih bersih seperti kapas. Di area laut Anda juga bisa melihat beberapa batu besar yang melengkapi keindahan pantai saat dihantam ombak besar.

Wisatawan mancanegara yang datang sering memanfaatkan ombak tersebut untuk berselancar. Namun olahraga ini tidak disarankan bagi pengunjung yang belum terlalu mahir. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan selama liburan di kawasan pantai. Jadi Anda bisa bermain air dan menjauhi ombak yang terlihat sangat deras.

2. Panorama alam

Kawasan pantai Kerandangan dikelilingi oleh pemandangan alam yang terlihat begitu indah. Ada pohon kelapa dan bakau yang sengaja ditanam untuk menambah keindahan destinasi pantai. Selain itu tanaman ini juga bermanfaat untuk mencegah abrasi akibat erosi air laut, pengelola selalu menjaga dan melestarikan tanaman yang ada di sana.

Anda bisa duduk-duduk di sekitar pantai untuk menikmati pemandangan. Banyak traveler yang menjadikan tempat rekreasi ini sebagai tempat bersantai di tengah padatnya aktivitas. Apalagi udara di sekitarnya juga begitu segar sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi pantai cantik di Lombok ini.

3. Hamparan pasir putih

Wisata alam Pantai Kerandangan memiliki hamparan pasir putih yang indah. Selain itu, para agen selalu memastikan kebersihan pantai karena tidak ada sampah yang berserakan di sana. Pasir pantai juga sering digunakan untuk bermain atau bersantai. Untuk disentuh, pasir ini lembut karena tidak ada batu-batu kecil di sekitarnya.

Traveler bisa menjadikan kawasan berpasir itu sebagai spot foto. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunrise atau sunset dengan duduk di atas pasir pantai. Yang paling penting adalah tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah plastik agar pasir tetap bersih.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pantai KarandanganFoto dari Google Maps Ivan Lin

Destinasi Pantai Kerandangan ada di Jalan Raya Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang berbeda dengan rangkaian lainnya. Selain itu, lokasi pantai mudah ditemukan karena dekat dengan jalan raya dan tidak memakan banyak waktu dari pusat kota. Anda bisa membawa kendaraan sendiri atau menyewa trip ke sana.

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota, bisa naik pesawat dengan rute yang berhenti di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Terus menuju ring road selatan, terus lurus sampai Jalan Raya Meninting. Dari jalan raya, lokasi wisata tidak jauh, hanya beberapa meter saja. Anda akan menemukan tanda selamat datang di pintu.

Di sepanjang jalan disediakan rambu-rambu agar wisatawan dapat dengan mudah menemukan lokasi pantai. Anda juga dapat mengakses rute melalui peta Google atau bertanya kepada penduduk setempat. Bagi pengunjung yang menyewa trip, tidak perlu khawatir karena akan diantar ke destinasi alam ini. Nikmati liburan seru melihat hiruk pikuk Lombok yang indah.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai KarandanganFoto oleh Google Maps Tekad Jaladara

Di pintu masuk Pantai Kerandangan tidak dipungut biaya masuk. Anda bisa melihat keindahan destinasi tersebut dari pagi hingga malam hari. Sirkuit ini sering dijadikan tempat rekreasi keluarga karena tidak membutuhkan budget yang besar. Selain itu, banyak juga wisatawan mancanegara yang mengunjungi sirkuit ini.

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa meletakkannya di area parkir. Harga tiket parkir masih murah, hanya Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk roda empat. Ini juga menawarkan layanan penyewaan kendaraan untuk berkeliling. Harga sewa berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 60.000 tergantung jam sewa.

Biasanya pantai indah ini nampak ramai saat liburan. Namun, kawasan wisata tersebut tidak menyediakan persewaan peralatan untuk bermain air, sehingga wisatawan sebaiknya membawa sendiri dari rumah. Anda bisa berkunjung mengundang kerabat dekat agar liburan semakin seru. Selain itu, biaya masuk gratis dijamin menyenangkan para pelancong.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Kerandangan

Aktivitas wisata di pantai KarandanganFoto oleh Google Maps Nyonya Nulla

1. Lihat matahari terbenam

Kursi pantai di kawasan Pantai Kerandangan sering digunakan sebagai tempat duduk untuk menyaksikan sunset. Di penghujung sore, langit di sekitar pantai berwarna jingga yang indah. Wisatawan bisa melihat sunset ditemani suara debur ombak. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memotret keindahan langit sore hari.

2. Berenang

Berenang adalah kegiatan yang harus dilakukan selama liburan pantai. Namun destinasi di Lombok ini memiliki ombak yang cukup kencang. Dianjurkan untuk berenang hanya di tepian agar tidak terbawa ombak. Yang paling penting ingat untuk membawa pakaian, kaca mata renang dan jaket pelampung karena di sana tidak disediakan.

3. Bermain bola voli

Area pasir putih bersih banyak digunakan untuk bermain. Traveler bisa membawa bola voli dan jaring agar liburannya semakin seru. Anda bahkan tidak perlu memakai sepatu untuk bermain karena pasirnya sangat lembut. Nikmati liburan seru dengan beraktifitas bersama keluarga atau teman menghabiskan waktu disana.

4. Nikmati memasak

Pada hari-hari tertentu, beberapa warung buka. Toko ini menjual berbagai makanan khas Lombok yang rasanya enak. Anda bisa menikmati olahan seafood mulai dari ikan bakar hingga cumi hingga lobster yang akan memanjakan perut Anda. Mereka juga menjual es krim kelapa muda yang bisa dinikmati di siang hari saat cuaca sedang hangat.

5. Mainkan air

Pelanggan tidak hanya bisa berenang saat liburan, tapi juga sekedar bermain air. Pada siang hari, ombak pantai tidak begitu deras karena masih surut. Anda dapat melihat kerang dan spesies laut lainnya di pantai saat air surut. Keindahan ini pasti akan membuat wisatawan betah saat berlibur dan tidak merasa bosan.

6. Ambil gambar

Kegiatan lain yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Kerandangan di Lombok adalah berfoto. Wisatawan dapat memanfaatkan air laut dan pasir untuk menciptakan latar belakang yang estetis. Tak hanya itu, Anda juga bisa memotret keindahan sekitar untuk dijadikan kenang-kenangan. Jangan lupa membawa kamera atau handphone.

7. Berselancar

Ombak pantai yang lumayan deras sering digunakan pengunjung untuk berselancar. Beberapa bulan ombak akan semakin kuat. Biasanya orang yang melakukan olahraga ini membawa papan selancar dari rumah atau menyewanya di kota. Selancar juga harus dipraktekkan oleh orang yang sudah berbakat agar tidak terbawa ombak.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Wisata Pantai KarandanganFoto oleh Google Maps Harry Subagyo

Pantai Kerandangan menawarkan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh semua pengunjung. Di setiap sudut pantai terdapat kursi-kursi pantai untuk bersantai sambil memandangi air laut, terdapat tempat sampah di area tersebut untuk menjaga kebersihan. Petugas juga mengimbau pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Di sisi lain ada kamar mandi untuk mandi setelah bermain air. Yang terpenting jangan sampai kotor agar kamar mandi terlihat bersih. Bagi wisatawan yang ingin bermain air bisa membawa peralatan dari rumah karena tidak tersedia persewaan lengkap. Namun, pengelola akan berusaha menyelesaikan masa sewa tersebut.

Kawasan pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa warung makan. Namun toko tersebut hanya buka pada hari libur karena pada hari biasa kunjungan ini sepi. Kalian yang datang bisa membawa makanan dari rumah. Fasilitas yang ada diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak rusak sehingga dapat dipelihara.

Inilah hal menarik dari pantai Kerandangan yang begitu indah Lombok Barat. Wisatawan di sekitar Lombok dapat mengunjungi destinasi tersebut. Jangan lupa siapkan kendaraan, budget, dan perlengkapan bermain air selama berada di sekitar pantai. Ajak juga orang tersayang atau keluarga agar liburan semakin menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button