Curug Maribaya, keindahan air terjun dengan suasana alam dan asri di Bandung Barat - WisataHits
wisatahits

Curug Maribaya, keindahan air terjun dengan suasana alam dan asri di Bandung Barat

Curug Maribaya, keindahan air terjun dengan suasana alam dan asri di Bandung Barat
Harga tiket: Rp35.000 Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Curug Maribaya merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat terkenal karena keindahan alamnya. Terletak di tengah hutan, udaranya begitu menyegarkan. Suasana begitu asri dari berbagai semak belukar yang menghuni kawasan wisata tersebut. Setiap harinya selalu banyak pengunjung yang sebagian besar adalah warga luar kota yang sedang berlibur.

Wisata sukses ini berlokasi di Bandung, tepatnya di kawasan Lembang. Tak bisa dipungkiri, kota kembang ini memiliki banyak destinasi wisata alam. Tidak hanya air terjunnya, tetapi juga perbukitan dan pegunungan dengan keindahannya masing-masing. Setiap objek wisata memiliki daya tarik yang menarik wisatawan.

Seperti yang Anda ketahui, air terjun atau curug ini bukanlah satu-satunya yang ada di Bandung. Masih banyak lagi yang bisa Anda temukan yang ditangani dengan baik oleh pihak-pihak tertentu. Namun, setiap tempat memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi meski sering mengunjungi air terjun, masih ada hal baru yang bisa ditemukan dan tidak pernah membosankan.

Objek wisata air terjun Maribaya

Air Terjun MaribayaFoto oleh D’zoro di Flickr

Sebelum mengunjungi Curug Maribaya, ada baiknya kita membahas tentang objek wisatanya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gambaran kecil tentang kondisi yang ada di kawasan wisata tersebut. Di antara banyak atraksi, inilah yang bisa kami katakan!

✦ Keindahan Air Terjun Maribaya

Daya tarik pertama adalah pesona dan keindahan air terjun itu sendiri. Dengan ketinggian sekitar 15 meter, air terjun ini memiliki debit air yang sangat besar. Tembok yang mirip tebing itu terlihat begitu eksotik dengan garis-garis bergelombangnya yang khas. Sedangkan permukaannya hampir tidak terlihat karena dipenuhi tumbuhan hijau berupa lumut.

Aliran Curug Maribaya diperoleh dari sungai Cigulung dan Cikawari. Uniknya, aliran air dari air terjun ini kemudian berlanjut ke tiga riam yang berbeda. Letaknya tidak terlalu jauh, bahkan bisa dibilang dekat satu sama lain. Ketiga air terjun yang dimaksud adalah Curug Cikawari, Curug Cigulung dan Curug Cikoleang.

Curug Cikawari biasanya dijadikan sebagai tempat pemandian bagi wisatawan yang datang. Sedangkan dua air terjun lainnya tidak diperbolehkan untuk aktivitas mandi atau berenang karena terlalu berbahaya. Meski begitu, Anda tetap bisa menikmati keindahannya yang mempesona, tidak jauh berbeda dengan air terjun utama yang sudah kita bahas.

✦ Suasana hutan alam yang asri

Curug Maribaya berada di kawasan Taman Hutan Raya Juanda, jadi bisa dipastikan suasananya sangat alami dan selalu asri. Kawasan ini merupakan cagar alam yang terletak di Kota Bandung yang didominasi pepohonan rindang dan hijau. Anda akan merasakan udara pegunungan yang segar dan dikelilingi oleh alam yang indah.

Anda bisa menyusuri jalan setapak yang telah ditata untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar, seperti air terjun dan sungai yang mengalir. Selain itu, Anda juga dapat melakukan aktivitas olahraga seperti hiking, bersepeda, dan lari di taman ini. Perjalanan menuju air terjun harus melewati kawasan ini.

Jadi bisa dipastikan selama perjalanan menuju Curug Maribaya anda akan ditemani oleh keindahan alam yang mempesona. Perjalanan yang seharusnya cukup berat dengan medan yang berliku tidak terasa. Apalagi ada beberapa objek yang akan Anda temukan selama perjalanan, misalnya gua Jepang dan gua Belanda.

✦ Menara permainan

Tak cukup hanya keindahan alam dan suasana asri yang menjadi daya tarik utama, Anda juga bisa mencoba permainan yang ditawarkan di sini. Tidak terlalu banyak orang dewasa, Anda dapat mengunjungi jembatan udara Tapak Halimun. Ini adalah jembatan yang memanjang di atas ketinggian. Ini bukan permainan yang Anda dapatkan, tetapi tempat foto.

Salah satu spot di Curug Maribaya menjadi salah satu yang paling populer karena memiliki keindahan alam yang luar biasa. Di atas ketinggian, Anda bisa melihat rindangnya pepohonan yang tertata rapi dan sejuk. Sedangkan untuk permainan anak-anak terdapat area bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit dan perosotan.

✦ Pemandian air panas Maribaya

Mata air panas adalah tempat di mana mata air panas alami digunakan untuk tujuan rekreasi atau kesehatan. Air panas dari pegunungan mengandung mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, membantu meredakan nyeri otot dan persendian, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi stres.

Pemandian air panas ini juga bisa Anda temukan di kawasan Curug Maribaya. Karena aliran airnya berasal dari pegunungan, maka terdapat sedikit belerang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Di sini Anda dapat memilih dari berbagai kolam yang disediakan. Kolam umum ada yang harganya cukup murah, ada juga yang VIP dengan harga lebih mahal.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun MaribayaKredit gambar: Google Maps Erwin Ardian

Penduduk asli Bandung pasti tahu di mana Taman Hutan Raya Juanda berada. Namun, mereka belum tentu tahu di mana letak air terjun cantik ini. Bukan tanpa alasan, kawasan hutan yang luas tentu tidak mudah ditemukan lokasinya. Tapi jangan khawatir, ada banyak tanda yang akan memandu Anda.

Secara administratif, Curug Maribaya terletak di Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Kecamatan Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota diperkirakan 12 kilometer, biasanya bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Dari Alun-alun Lembang arahkan kendaraan menuju Jalan Cijeruk.

Kemudian menuju ke arah Jalan Pagermaneuh dan kemudian ikuti jalan utama. Ikuti jalan menuju Jalan Punclut, Jalan Citra Green, hingga sampai di Jalan Pakar Bar. Sekitar 2 kilometer Anda akan sampai di pintu Taman Hutan Raya Juanda. Silakan cari tempat parkir yang nyaman, lalu lanjutkan dengan berjalan kaki menuju air terjun.

Harga tiket masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Curug Maribaya memang tidak bisa dikatakan murah dibandingkan air terjun di tempat lain. Anda harus membayar 35.000 rupee pada hari kerja atau 45.000 pada akhir pekan. Jauh berbeda dengan tempat lain yang biasanya hanya 5.000 atau 10.000 rupiah per orang.

Namun dengan harga tersebut, Anda memiliki akses ke taman hutan secara keseluruhan. Hanya saja untuk tempat wisata lain seperti Gua Belanda dan Gua Jepang harus membayar lebih. Selain itu, biaya tambahan juga diperlukan jika Anda ingin berendam atau mandi air panas.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik Curug MaribayaKredit gambar: Google Maps Ari Sobari

Selain memiliki daya tarik, Curug Maribaya juga menawarkan berbagai aktivitas seru. Setiap tempat wisata berbeda dalam hal ini, namun sebagian besar cukup seru dan menyenangkan. Cari inspirasi, berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama berada di air terjun cantik ini!

1. Nikmati pemandangan alam yang indah

Keindahan alam yang ada disini sungguh menakjubkan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Rindangnya pepohonan selalu menyegarkan pandangan, gemericik air dari sungai menenangkan pikiran. Pemandangan alam yang wajib Anda kagumi saat berkunjung ke sini adalah rangkaian air terjun dengan ciri khasnya masing-masing.

2. Berenang dan bermain air

Meski bukan kegiatan wajib di Curug Maribaya, tidak ada salahnya mencoba berenang. Dari sederet air terjun, hanya ada satu yang bisa digunakan untuk aktivitas mandi. Jika Anda kurang mahir dalam olahraga air ini, sebaiknya bermain air di tepi kolam atau sungai karena lebih aman.

3. Berburu spot foto

Aktivitas selanjutnya yang dijamin seru adalah hunting spot foto. Ada banyak spot yang bisa Anda pilih tergantung selera dan kebutuhan fotografi Anda. Misalnya air terjun dengan segala pesona yang dimilikinya dan debit air yang cukup besar. Selain itu, Anda bisa mencoba mengunjungi Tapak Halimun Skybridge dengan latar belakang alam yang menakjubkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun MaribayaKredit gambar: Google Maps Erdison. Sony Bloom Jaya

Meski berada jauh di dalam hutan, fasilitas di Curug Maribaya cukup memadai. Anda diuntungkan dengan area parkir yang cukup luas, kondisi aman dan terkendali. Ada juga musholla tempat ibadah, warung yang menjual aneka makanan dan minuman, serta toilet dan ruang ganti.

Demikian sedikit informasi dari kami mengenai salah satu objek wisata unggulan Lembang. Seperti yang Anda ketahui, ini bukan satu-satunya tujuan wisata yang bisa Anda tuju. Namun karena pesona dan keindahan alamnya, sepertinya Curug Maribaya bisa masuk daftar utama saat liburan tiba.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button