Umbul Ponggok Klaten - WisataHits
wisatahits

Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten

Simak ulasan √ Sejarah, √ Harga Tiket Masuk, √ Biaya Sewa Fasilitas dan Peralatan di tempat wisata di Umbul Ponggok Klaten berikut ini.

Umbul Ponggok Klaten

Ombul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata air di jawa tengah tepatnya di kota klaten. Tempat wisata ini terkenal dengan wahana bawah airnya yang begitu unik dan berbeda dengan tempat wisata air lainnya di Jawa Tengah bahkan Indonesia.

Jika anda sedang mencari tempat liburan yang aman dan nyaman untuk liburan keluarga, maka Umbul Ponggok menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang layak untuk dikunjungi.

Meski hanya kota kecil, namun dari segi pariwisata kota Klaten tidak kalah dengan kota lain di Jawa Tengah seperti Semarang atau Magelang.

Kota dengan luas sekitar 655,56 km2 ini memiliki puluhan tempat wisata berupa wisata alam, budaya, sejarah, edukasi bahkan taman bermain.

Anda mungkin pernah mendengar nama-nama tempat wisata seperti Candi Sewu, Taman Kamboja, Candi Prambanan, Mata Air Cokrotulung, Kali Pusur, Umbul Jolotundo dan Umbul Kapilaler.

Tempat wisata di atas semuanya berada di Kabupaten KlatenJawa Tengah.

foto-umbul-ponggok

Selain tempat atau objek wisata yang kami tuliskan di atas, di kota Klaten masih terdapat puluhan tempat wisata lainnya yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata yang paling menarik dan menjadi salah satu primadona adalah Umbul Ponggok, objek wisata bahari yang mengusung konsep wisata keluarga dan fotografi bawah air.

Ombul ponggok atau yang sering juga disebut dengan Umbul Ponggok Klaten menawarkan nuansa liburan yang benar-benar unik.

Selain untuk menikmati suasana kawasan yang terkesan masih alami, keberadaan wahana wisata berupa properti yang jarang atau bahkan tidak ada di tempat wisata lainnya.

Wahana-wahana tersebut juga menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung dan berlibur di tempat ini.

Bayangkan betapa serunya berenang bersama ikan air tawar, atau duduk santai di pinggir kolam sambil menikmati roti dan secangkir teh, atau berfoto di bawah air dengan sepeda motor. Semuanya bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok Klaten.

Sejarah Umbul Ponggok

Sebelum membahas lebih jauh tentang objek wisata Umbul Ponggok, tidak ada salahnya untuk membahas terlebih dahulu sejarah singkat dari objek wisata ini.

Jauh sebelum menjadi salah satu tempat wisata favorit Klaten seperti saat ini, ternyata tempat ini sangat vital bagi kelangsungan industri gula milik perusahaan saat menduduki Indonesia.

Ya. Umbul ponggok bagi warga sekitar merupakan tempat bersejarah. Di sinilah para pengelola pabrik biasa membangun rumah dan tinggal bersama keluarganya.

cerita-umbul-ponggok

Umbul Ponggok saat itu merupakan sumber air utama untuk mengairi perkebunan tebu sekaligus sumber utama pemenuhan kebutuhan air bagi pabrik gula yang memiliki tidak kurang dari 5 pabrik.

Namun, setelah krisis yang terjadi pada tahun 1930 dan tuntutan kemerdekaan yang semakin meningkat dari penduduk setempat, pabrik gula ditutup dan Umbul Ponggok berubah fungsi sebagai pemasok air untuk perkebunan dan areal pertanian milik penduduk setempat.

Atraksi Umbul Ponggok

Kebutuhan akan tempat wisata yang nyaman dan cocok untuk segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, nampaknya dapat dipenuhi dengan hadirnya objek wisata Umbul Ponggok.

Selain menawarkan wahana khusus dewasa, tempat ini juga menawarkan wahana untuk anak-anak.

Jadi jika anda datang bersama seluruh keluarga termasuk anak-anak tidak perlu khawatir karena tempat ini juga telah menyiapkan area khusus yang nyaman dan aman sebagai tempat bermain untuk anak-anak.

Kemudian, bagi kaum milenial yang tetap ingin eksis di media sosial dengan foto-foto unik, kawasan bawah laut yang dilengkapi berbagai macam aksesoris menjadi tempat yang sangat menarik untuk dijelajahi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin tampil beda saat teman-teman Anda stalking profil Facebook atau Instagram Anda, maka saat berkunjung ke Umbul Ponggok jangan lupa membawa kamera terbaik Anda.

Harga Tiket Masuk Obyek Bulat Ombul Ponggok

Untuk menikmati liburan seru di Umbul Ponggok, Anda hanya perlu membayar tiket masuk Rp.15.000 per orang.

Jika Anda datang hanya untuk melakukan tubaAnda dapat membeli tiket paket untuk Rp30.000 rupiah yang sudah termasuk biaya masuk, tuba dan mengapung.

Daftar Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok 2019

Tiket Harga
Tiket masuk umum Rp 15.000 per orang
Tiket masuk paket Rp 30.000 per orang

Namun seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk bisa menikmati semua wahana dan fasilitas yang ada, pengunjung harus siap membayar biaya sewa untuk setiap fasilitas yang akan digunakan.

Dengan demikian, biaya pembelian tiket masuk hanya berlaku untuk berenang atau berendam di kolam alam, taman bermain anak dan kolam renang anak.

Simak dan baca juga: Pemandangan & Tengara di Boyolali

Kegiatan Wisata di Umbul Ponggok

Dengan adanya jalan-jalan wisata yang cukup lengkap, aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok sangat beragam.

wisata-aktivitas-umbul-ponggok

Bagi Anda yang malas berenang, Anda bisa menikmati hari Anda dengan duduk di tepi kolam renang sambil menyantap makanan ringan dan teh atau kopi panas.

Jadi buat kamu yang suka petualangan air dalam, Umbul Ponggok juga tempat yang sangat keren dan menantang.

Di sini Anda bisa snorkeling atau menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut yang dihiasi berbagai jenis ikan.

Dan meskipun anda tidak tahu cara menyelam tetapi ingin mencobanya, pihak pengelola juga sudah menyiapkan tim khusus yang siap melatih anda untuk kegiatan ini.

Untuk mengikuti saran tuba dan menyelamAnda hanya perlu membayar untuk layanan ini Rp.250.000.

Dengan biaya tersebut, Anda akan dipandu untuk menguasai snorkeling, lengkap dengan peralatan yang diperlukan seperti tabung oksigen, sirip, baju renang, dan kacamata.

Selain itu, salah satu aktivitas atau hal unik yang bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok adalah melakukan pemotretan prewedding di dalam air.

Di tempat ini Anda bisa mendapatkan gambar sebelum pernikahan unik dan beda dari yang lain hanya dengan membayar royalti sebesar Rp3.000.000.

Tarif ini sudah termasuk fasilitas sehari penuh selama pemotretan. Detail terkait dengan penyewaan lokasi, biaya untuk merias wajah, teh hijau fotokostum dan dokumentasi dalam cetakan langsung maupun dalam video.

Selain kegiatan di atas, masih banyak kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan di Umbul Ponggok. Bagi Anda yang gemar berfoto, Anda bisa menjelajahi atau mencoba semua spot foto yang ada di tempat ini.

Untuk spot foto, Anda bisa memilih area di sekitar kolam atau spot foto bawah air. Di air jernih, pihak pengelola telah menyediakan berbagai khasiat unik untuk memenuhi kebutuhan fosfor Anda.

Anda bisa memilih untuk berfoto di lokasi yang dilengkapi dengan sepeda motor, sepeda, becak, laptop, taman, TV, dan jet ski.

Simak dan baca juga: Pemandangan & Tengara di Semarang

Fasilitas umum

Manajemen fasilitas yang tidak terpusat pada manajer senior membuat biaya untuk berlibur menjadi tidak maksimal Ombul Ponggok tampaknya agak mahal. Selain mushola, semua fasilitas tempat ini hanya bisa digunakan setelah membayar biaya sewa.

Setiap fasilitas, seperti loker, ban, tempat parkir, ruang bilas, alat peraga, kamera, masker, dan pelampung, memiliki pengelolanya masing-masing. Hanya tiket masuk yang dikelola oleh pengelola utama.

Jadi, selain membayar tiket masuk, Anda juga perlu menyiapkan biaya untuk membayar fasilitas yang ada jika ingin menggunakannya.

Namun percayalah, sistem ini diberlakukan hanya untuk memberikan ruang bagi masyarakat sekitar untuk ikut serta melestarikan Umbul Ponggok sambil menikmati keberadaannya.

Dengan keterlibatan masyarakat, Umbul Ponggok akan terus lestari dan diharapkan masyarakat semakin sejahtera secara ekonomi.

Baca juga : Wisata Foto Hutan Pinus Kragilan, Magelang

fasilitas-umbul-ponggok

Sebagai informasi tambahan, berikut beberapa fasilitas yang ada di Umbul Ponggok beserta biaya sewanya:

Meredakan Biaya sewa
Loker kargo Rp3.000
Masker atau snorkeling Rp 13.000
Pelampung Rp7.000
Pranikah di lokasi Rp300.000
Kamera bawah air 60 menit Rp60.000
Ban Rp5.000
Foto grup bawah air 7 orang per jam Rp 100.000
Properti foto Rp30.000 – Rp150.000
Tempat parkir mobil Rp 2.000 (roda 2) – Rp 4.000 (roda 4)
Kamar bilas Rp 1.000

Alamat dan petunjuk arah ke Umbul Ponggok

Umbul ponggok memiliki alamat lengkap di Jalan Raya Ponggok-Delanggu, Desa Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kode Pos 57474.

Untuk menuju ke sana dari pusat kota Klaten membutuhkan waktu sekitar 33 menit berkendara melalui jalan Ngaran-Sajen dengan jarak tempuh sekitar 20,5 kilometer.

Lalu untuk rute menuju objek wisata Umbul Ponggok tentunya tergantung dari arah kedatangan anda.

Akses jalan yang menghubungkan kota atau daerah lain menuju lokasi objek wisata ini sudah diaspal dengan baik. Sehingga sangat aman bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Di bawah ini adalah contoh rute menuju Umbul Ponggok yang bisa ditempuh bagi Anda yang berasal dari Jogja dan Solo.

Untuk area lain, Anda dapat dengan mudah menemukan rute menggunakan aplikasi Peta Google.

alamat-umbul-ponggok

Baca juga : Taman Lawu Tawangmangu

Petunjuk arah menuju Umbul Ponggok dari Jogja

Pengunjung Jogja bisa memulai perjalanan menuju Umbul Ponggok melalui jalan tol Jogja-Solo.

Setelah sampai di perempatan depan RS Suradji Tirtonegoro ambil jalan lurus yang menuju ke GOR Gelsena Klaten.

Jadi sesampainya di GOR Gelsena, lanjutkan perjalanan ke kiri menuju Polanharjo. Lurus terus hingga bertemu perempatan yang bersebelahan dengan markas Koramil.

Setelah sampai atau melihat markas Koramil lurus terus hingga menemukan objek wisata Umbul Ponggok.

Baca juga: Pesona Umbul Sidomukti Ungaran semarang

Jalan menuju Umbul Ponggok dari Solo

Pengunjung ke Solo dapat memulai perjalanan mereka ke Umbul Ponggok melalui jalan raya utama Solo-Jogja.

Berlayar menuju terminal penggung Klaten yang terletak di persimpangan jalan menuju desa Ponggok.

Dari situ belok kanan terus lurus ke Mako Koramil. Dari Mako Koramil, atau lebih tepatnya pertigaan dekat Mako Koramil, silahkan ambil kanan lagi dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di lokasi Umbul Ponggok.

tiket-masuk-umbul-ponggok

Simak dan baca juga: Pemandangan & Tengara di Magelang

Ada banyak hal seru dan unik yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburanmu di Umbul Ponggok Klaten. Oleh karena itu, jika Anda sedang berada di Klaten atau kota lain di Jawa Tengah, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Tengah ini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button