Bukit Pandawa Godean, pesona alam yang indah dan dihiasi patung-patung unik di Sleman - WisataHits
wisatahits

Bukit Pandawa Godean, pesona alam yang indah dan dihiasi patung-patung unik di Sleman

Harga tiket: untuk membebaskan, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Area persawahan, Sidorejo, Kec. Godea, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pandawa Godean Hill merupakan tempat wisata baru di Sleman Jogja yang lagi hits akhir-akhir ini. Memang tidak begitu terkenal dibandingkan objek wisata lain yang sudah ada sebelumnya. Namun bukan berarti tanpa keindahan, setiap hari selalu saja ada pengunjung yang datang. Tujuannya tidak hanya untuk menikmati kecantikannya, tapi juga untuk mengisi waktu luangnya.

Meski namanya bukit, nyatanya tempat wisata ini tidak berupa perbukitan seperti yang dibayangkan. Obyek wisata ini masih berada di kawasan perumahan bersubsidi. Dikatakan bukit karena bentuknya memang mirip, tangganya tidak rata karena dulunya digunakan sebagai lokasi penambangan tanah liat.

Pihak terkait membangun beberapa objek berupa patung sebagai daya tarik. Patung ini sering dijadikan spot foto bagi wisatawan yang datang. Semakin banyak orang yang mempublikasikan keunikan dan keindahannya, tempat wisata seru di Jogja ini semakin ramai dikunjungi. Apalagi saat liburan, banyak pengunjung yang datang dari luar daerah.

Objek Wisata Bukit Pandawa Godean

Objek Wisata Bukit Pandawa Godean, SlemanKredit gambar: Google Maps Iwan Benjamin

Jika kita berbicara tentang daya tarik, semua objek wisata pasti memilikinya. Bukit Pandawa memang belum resmi menjadi objek wisata di Jogja, setidaknya hingga saat ini. Namun tetap memiliki daya tarik yang mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah.

1. Diorit Raksasa

Siapa sangka situs penggalian tanah liat ini pernah menemukan batu diorit raksasa. Menariknya, batu itu berusia sekitar 40 juta tahun. Hal ini terlihat dari hasil penelitian spesimen batu yang diteliti. Tak hanya itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa batu diorit ini sebenarnya adalah batu laut.

Dengan ditemukannya batu purba ini, dapat disimpulkan bahwa sebagian kecil wilayah Jogja dulunya adalah laut, namun karena proses alam, sebagian wilayah laut berubah menjadi daratan. Bagian laut yang menjadi daratan merupakan tempat wisata, tepatnya berada di kecamatan Godean.

Penelitian lain menunjukkan bahwa bebatuan Bukit Pandawa Godean berasal dari aktivitas Gunung Purna yang meletus jutaan tahun lalu. Karena sangat unik dan jarang ditemukan, batu ini tidak hanya menjadi daya tarik. Pihak terkait telah mengusulkan agar lokasi tersebut dijadikan kawasan cagar alam geologi.

2. Bukit Pandawa dihiasi patung-patung unik

Daya tarik selanjutnya adalah keunikan tempat wisata di Sleman ini. Seperti disebutkan sebelumnya, festival lokal menyediakan berbagai jenis patung untuk menarik wisatawan. Patung ini sering dijadikan spot foto, selain pemandangan alam yang mengelilinginya tentunya. Seperti namanya, disana terdapat patung Pandawa Lima dengan senjatanya.

Patung-patung itu antara lain Arjuna membawa anak panah, Bima dengan Gada Rujapala-nya, dan Yudistira memegang Jamus Kalimasada. Tentu saja ada Nakula dan Sadewa yang masing-masing membawa lembing dan pedang. Tak hanya itu, masih ada patung lain yang tak kalah unik.

Bukit Pandawa Godean bisa diartikan sebagai Bukit Panda, karena terdapat banyak patung panda yang tersebar di beberapa tempat. Bukan panda biasa tentunya, melainkan panda yang diambil dari tokoh kartun terkenal. Siapa lagi kalau bukan Kung Fu Panda yang imut dan menggemaskan dengan berbagai posenya.

3. Tempat wisata murah

Pergi berlibur bukan berarti Anda harus menghabiskan banyak uang untuk semua yang Anda butuhkan. Bagi yang tidak memiliki budget lebih namun tetap ingin mengisi waktu luangnya, silahkan datang ke sini kapan saja. Pasalnya, Bukit Pandawa Jogja tidak memungut biaya tiket apapun jika ingin masuk ke kawasan tersebut.

Kompleks perumahan ini bebas dimasuki siapa saja tanpa gerbang atau pintu masuk. Biasanya waktu tersibuk pengunjung adalah pada sore hari. Sedangkan saat berlibur, di pagi hari, Anda juga bisa bertemu dengan masyarakat setempat bersama keluarga dan anak-anaknya. Dari atas bukit terlihat deretan rumah dengan pola seragam dengan warna cat yang berbeda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamatnya Bukit Pandawa, Godean, SlemanKredit gambar: Google Maps Ersan Kurniawan

Secara administratif, Bukit Pandawa Godean terletak di Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota Sleman tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit berkendara sejauh 20 kilometer. Rute terbaik adalah mengambil arah Jalan Kaliurang.

Arahkan kendaraan menuju tugu Jogja Lagi lalu ke Jalan Siliwangi. Kemudian Anda harus menuju ke Jalan Godean dan kemudian ke Jalan Pare. Perjalanan dilanjutkan ke Jalan Jering, dari sana Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Jika ingin lebih mudah, sebaiknya gunakan aplikasi peta digital.

Bukit Pandawa masih minim papan penunjuk arah, namun jarang ada jalan yang berkelok-kelok sehingga mudah ditemukan. Saat Anda tiba di lokasi, harap cari tempat parkir yang nyaman. Seperti yang dikatakan sebelumnya, tempat wisata ini tidak memungut biaya apapun dari wisatawan yang berkunjung.

Namun, Anda perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir. Biaya tergantung kendaraan yang dibawa. Kalau tidak diganti, biaya parkir sepeda motor Rp 2.000, sedangkan mobil Rp 5.000. Silakan datang kapan saja karena lokasi ini buka setiap hari tanpa hari libur.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Pandawa

Kegiatan di Bukit Pandawa Godean SlemanKredit gambar: Google Maps Anggara Arif

Meski bukan tempat wisata yang menawarkan wahana permainan, namun ada banyak aktivitas yang bisa dinikmati di Bukit Pandawa. Semua kegiatan bisa dilakukan disini, namun akan lebih baik jika anda tidak sendirian yaitu berkelompok.

1. Piknik Santai

Pengunjung yang datang ke sini terutama bertujuan untuk piknik santai bersama keluarga. Piknik yang dimaksud bukan berarti harus menggelar tikar sambil membawa makanan. Sekedar duduk dan melakukan aktivitas sederhana juga bisa dianggap sebagai piknik. Intinya, kegiatan ini bertujuan untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

2. Nikmati pemandangan sekitarnya

Selain piknik, Anda juga bisa menikmati pemandangan sekitar. Bukit Pandawa Godean tidak hanya dihiasi perbukitan hijau yang asri. Selain itu, pemandangan yang unik dan tak kalah menarik adalah deretan rumah di perumahan tersebut. Tatanan yang begitu rapi menjadi daya tarik tersendiri.

Jika Anda kurang puas dengan kedua pemandangan tersebut, terdapat juga hamparan sawah yang luas. Hamparan sawah cukup jelas terlihat dari ketinggian. Warna hijau juga didapat dari padi yang baru ditanam. Ada juga warna kuning yang bisa Anda lihat saat panen.

3. Spot Foto Patung Unik

Aktivitas menarik selanjutnya di Bukit Pandawa adalah hunting spot foto. Bisa dibilang ini adalah kegiatan wajib selama berkunjung ke sini. Berbagai jenis patung dapat digunakan sebagai latar belakang yang unik. Yang diperlukan hanyalah eksposur singkat untuk mendapatkan bidikan yang indah.

Pastikan juga posenya sesuai dengan patung yang menjadi spot foto. Diantara patung-patung yang ada, kebanyakan wisatawan memilih patung panda karena dianggap lucu dan menggemaskan. Selain berfoto dengan patung, Anda juga bisa mengambil latar bukit atau sawah.

4. Lihat atraksi burung

Kemudian datanglah aktivitas yang mungkin tidak Anda temukan di objek wisata lainnya. Kegiatan yang dimaksud adalah melihat atraksi burung, lebih tepatnya melihat burung terbentuk. Silahkan datang pada sore hari jika ingin melihatnya, karena pada saat itulah pemilik melatih burung menggunakan peluit untuk kembali setelah diterbangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pandawa Hill Godean SlemanKredit Gambar: Google Maps Bagus Prabantoro

Fasilitas Pandawa Godean Hill masih belum lengkap. Bahkan bisa dibilang tanpa perlengkapan apapun karena memang bukan objek wisata resmi. Hanya ada fasilitas di lapangan yang digunakan untuk area parkir. Namun hal tersebut tidak menjadi kendala yang berarti, karena Anda bisa menyiapkan bekal dari rumah.

Liburan merupakan kebutuhan pelengkap yang sangat penting bagi sebagian orang. Meski tidak setiap saat, tapi setidaknya dilakukan untuk menyegarkan semangat. Pemilihan tempat berlibur sebaiknya disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika tidak memiliki banyak dana, maka Bukit Pandawa Godean bisa dijadikan alternatif utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button