Tim PKM FMIPA Unsrat melakukan pengabdian di Desa Wisata Palaes - WisataHits
Jawa Barat

Tim PKM FMIPA Unsrat melakukan pengabdian di Desa Wisata Palaes

MANADO Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado melakukan kegiatan PKM di Desa Wisata Palaes Likupang Barat pada 23 April 2022.

Kegiatan ini dikembangkan oleh tim PKM yang dipimpin oleh Prof. Dr. Feti Fatimah, MSi (FMIPA Unsrat) dengan anggota Dr. orang Irlandia Jane Sulinda Tambas, Dra. Wisje Fenny Wilar, MS serta seluruh dosen Departemen Kimia FMIPA UNSRAT bersama beberapa mahasiswa kimia.

Palaes adalah sebuah desa di Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Indonesia. Palaes adalah salah satu daerah paling eksotis di Likupang. Saat ini, Desa Palaes sedang dalam program untuk membangun Desa Wisata Hijau Indonesia. Beberapa tempat yang siap untuk wisata di Desa Palaes antara lain: Wisata Alam, Air Terjun Walangan, Wisata Bukit Paralayang, Outbound, Flying Fox, Pasir Putih Pulau Paniki dan beberapa tempat lainnya.

Masyarakat Desa Palaes memiliki keterampilan mengolah makanan, beberapa macam arti khusus dari Desa Palaes adalah: Sate Tusuk (Dari jantung pisang), Kue Cucur Kue, Onde Onde, Alkohol Tradisional, Gula Aren, Ikan Kua Santan Kuning, Nasi Jaha , Kue Panda dan Pisang Krepek. Dalam rangka meningkatkan kualitas produk makanan dan bakery yang dihasilkan oleh masyarakat terkait dengan pengembangan pariwisata di Desa Palaes, perlu adanya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang penggunaan bahan tambahan makanan.

Mitra kegiatan ini adalah masyarakat Desa Palaes Kecamatan Likupang Barat yang berprofesi sebagai pengusaha kuliner atau pengrajin kue. Kegiatan ini didukung oleh dana DIPA (Daftar Pelaksanaan Anggaran) UNSRAT TA 2022.

Pemimpin kegiatan, Prof. Dr. Feti Fatimah, MSi menyampaikan bahwa kegiatan PKM merupakan salah satu dharma dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Lebih lanjut dikatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah:
1. Memberikan pengetahuan tentang bahan tambahan makanan
2. Memberikan keterampilan/transfer teknologi penggunaan bahan tambahan pangan/bahan tambahan pangan
3. Meningkatkan motivasi ibu-ibu dari desa Palaes untuk menjadi pionir di bidang pengolahan kue yang profesional.

Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi solusi strategis untuk meningkatkan potensi masyarakat desa dan mendukung desa Palaes sebagai desa wisata.

Diketahui Prof.Dr.Feti Fatimah, M.Si, Dosen Departemen Kimia FMIPA adalah Unsrat. Lahir pada tanggal 29 Juli 1968 di Banyumas, Jawa Tengah, Akademik bekerja sebagai peneliti yang berfokus pada nilai tambah sumber daya alam daerah Sulawesi Utara, seperti turunan kelapa dan ikan, dan menghasilkan banyak paten. Suami Prof. Feti, Prof. Dr. Sanusi Gugule, MS, juga merupakan akademisi di Universitas Negeri Manado. (Editor)

Posting dilihat: 258

Source: sindomanado.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button