Pantai Salonsa, Pantai Eksotis dan Tempat Terbaik Menikmati Sunset di Luwu Timur - WisataHits
wisatahits

Pantai Salonsa, Pantai Eksotis dan Tempat Terbaik Menikmati Sunset di Luwu Timur

Pantai Salonsa, Pantai Eksotis dan Tempat Terbaik Menikmati Sunset di Luwu Timur

Pantai Salonsa bisa dijadikan alternatif tempat wisata di Luwu Timur. Daya tariknya tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal di Bali. Penasaran ingin melihat betapa indahnya pantai tersebut?

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Anggrek No.54, Magani, Kec. Nuha, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika Pulau Bali memiliki Pantai Sanur dengan ombak yang tenang, Kabupaten Luwu Timur di Provinsi Sulawesi Selatan juga memiliki Pantai Salonsa. Sebuah pantai dengan pemandangan yang tak kalah indah, yang menyuguhkan lukisan alam berupa pemandangan Danau Matano dan pegunungan hijau di sekitarnya.

Kondisi pantai ini selalu sangat asri, tanpa sampah dan dianggap sebagai pantai yang eksklusif. Pasalnya, letaknya yang dekat dengan pemukiman para pengurus PT INCO, sehingga wajar jika pengelolaannya sangat optimal.

Bagi yang membutuhkan tempat berlibur yang nyaman, sepi dari keramaian dan tentunya murah, Anda bisa memilih pantai dengan ombak yang landai di atasnya.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Salonsa

Atraksi Pantai SalonsaKredit Gambar: Instagram Yuni ‘ian’ Yuliawan

Tempat wisata terkenal di Luwu Timur ini memiliki berbagai daya tarik mulai dari ombak yang tenang hingga pohon buah dengen yang merupakan buah khas Sulawesi Selatan. Ingin tahu sejauh mana daya pikat menakjubkan dari pantai pasir putih ini?

1. Gelombang Tenang

Jika umumnya pantai memiliki ombak yang cukup tinggi menerjang pantai setiap beberapa menit, maka di pantai Salonsa tidak akan ada ombak yang besar. Hanya ada ombak kecil seperti riak air yang mengeluarkan suara unik setiap pecah di pantai.

Bagi sebagian orang, pantai dengan ombak yang tenang lebih disukai karena bisa beraktivitas lebih leluasa tanpa harus waspada dengan datangnya ombak tinggi.

2. Pemandangan Danau Matano

Pengunjung yang datang ke wisata menawan yang dipenuhi pepohonan rindang ini juga akan terpukau dengan pesona Danau Matano. Danau Luwu Timur yang ikonik memiliki panjang 28 km, lebar 8 km, dan luas 164 kilometer persegi.

Danau ini merupakan danau purba yang telah ada selama jutaan tahun, terbentuk akibat gempa tektonik pada masa Pleosan. Oleh karena itu, danau ini dilestarikan dan dijaga dengan baik sebagai kawasan alami sekaligus objek wisata yang dilindungi.

3. Sunset dan sunrise di pantai Salonsa

Menikmati sunrise dan sunset juga bagus dilakukan di Pantai Salonsa, hangatnya mentari pagi mulai muncul pertanda hari semakin cerah.

Begitu juga saat matahari terbenam, jika Anda berhasil menemukannya tempat saat itu juga dapat mengabadikan momen langka kehilangan matahari menjelang malam.

4. Musim Kupu-Kupu

Pantai yang merupakan tempat rekreasi keluarga ini juga sering disebut pantai kupu-kupu karena pada waktu-waktu tertentu menjadi habitat metamorfosis kepompong yang muncul menjadi kupu-kupu yang indah.

Jika beruntung, Anda yang berwisata ke sana bisa melihat gerombolan kupu-kupu yang baru menetas beterbangan di langit Pantai Salonsa dengan warnanya. Tidak cantik.

5. Makan buah Dengen

Buah dengen merupakan buah khas luwu timur yang hanya terdapat di daerah ini dengan ciri khas perpaduan antara jeruk dan salak. Warna buah yang masak berwarna jingga-kuning dengan kelopak terbuka mirip bunga mekar.

Bulan-bulan tertentu merupakan masa panen buah dengen, dimana pohon dengen akan menguning dengan buah yang menggantung. Pengunjung juga bisa mencoba rasa asam aslinya, namun biasanya diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Ada yang dijadikan manisan, sirup dan aneka racikan lainnya yang juga menjadi oleh-oleh khas Luwu Timur dan sekitarnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SalosaKredit gambar: Twitter Pemandu Makassar

Pantai Salonsa terletak di Kawasan Magani, Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Bagi yang belum pernah berkunjung, bisa mencari alamat serta rute terbaik menuju destinasi wisata tersebut melalui internet dan dijamin akurat.

Rute dari pusat Kabupaten Luwu Timur yang terletak di Malili membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menempuh jarak 67,4 km.

Dari pusat Malili, Anda bisa melewati Jalan Dr Sam Ratulangi atau Jalan Poros Tomoni-Malili lalu masuk ke jalan utama Tabarano-Malili-Sorawako melalui Jalan Anggrek yang berada di kawasan Magani.

Pengunjung bisa datang dengan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil, karena akses jalan menuju wisata indah ini cukup bagus dan tidak sulit.

Bagi yang berdomisili di kota Makassar dan ingin menikmati keindahan pantai ini membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai kawasan pantai Salonsa, sekitar 13 jam perjalanan. Salah satu rute tercepat adalah melalui Jalan Poros Palopo Makassar.

Harga tiket masuk wisata pantai

Berapa harga tiket masuk ke Pantai Salonsa? Sama seperti pantai-pantai lain di kawasan Luwu Timur yang harganya sekitar Rp 10.000 untuk satu orang, anak-anak dan dewasa. Kemudian, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya dari pagi hingga matahari terbenam.

Untuk menghindari ramainya wisatawan yang datang, Anda bisa memilih datang selain akhir pekan Seperti pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, pengunjung umumnya akan lebih ramai, terutama saat musim liburan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Salonsa

Aktivitas menarik di Pantai SalonsaKredit gambar: Twitter Pemandu Makassar

Saat berkunjung ke suatu tempat wisata, tentunya orang ingin melakukan berbagai aktivitas seru. Di Pantai Salonsa, beberapa aktivitas wisata bisa dilakukan sendiri, bersama keluarga atau bersama rombongan masyarakat.

1. Berenang

Ini adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh pengunjung, anak-anak dan orang dewasa. Karena pantai ini memiliki ombak yang kecil, maka cukup aman untuk mandi layaknya di kolam renang.

Tetap hanya menemukan area dengan kedalaman yang tepat, kemudian tinggal mengeksplorasi kemampuan berenang sampai puas. Ingin mengajari anak berenang, juga sangat tepat dilakukan di sini.

2. Kamp

Tersedianya dataran menjorok ke pantai dengan tekstur tanah yang cukup padat, memudahkan pengunjung untuk mendirikan tenda berkemah di sana. Bahkan pada periode-periode tertentu sering dijadikan sebagai tempat berkemah oleh berbagai kalangan masyarakat tentunya dengan membawa peralatan sendiri.

3. Piknik

Di bawah rindangnya pepohonan yang banyak terdapat di Pantai Salonsa, juga bisa dijadikan tempat piknik yang strategis bersama keluarga.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membawa perlengkapan piknik seperti tikar, perbekalan secukupnya dan lainnya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dengan memungut sampah piknik di tempat sampah yang telah disediakan atau Anda bisa membawanya sendiri.

4. Berkano

Ada juga kano atau perahu kecil yang bisa disewa untuk menjelajahi pantai. Sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar kegiatan menikmati pemandangan alam di tengah laut semakin berkesan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai SalonsaKredit Gambar: Instagram Jumiati Marjudi

Empat fasilitas utama yang tersedia di tempat wisata ini membuat pengunjung lebih betah tanpa harus melakukan berbagai aktivitas.

1. Parkir

Bagi yang datang dengan kendaraan pribadi disediakan tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua dan empat. Bahkan jika Anda datang dengan rombongan bus wisata, parkir aman juga tersedia.

2. Masjid

Ada juga mushola bagi pengunjung muslim yang ingin salat, dengan tempat wudhu dan perlengkapan salat.

3. Akomodasi

Di sekitar pantai Salonsa juga terdapat sejumlah penginapan dengan harga yang berbeda-beda yang bisa dipilih, bila wisatawan ingin melanjutkan penjelajahan pantai keesokan harinya.

4. Toilet

Fasilitas ini juga tersedia di beberapa tempat, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan pengunjung tinggal memanfaatkannya dengan baik.

Daripada harus jauh-jauh ke Bali untuk melihat Pantai Sanur, kunjungi saja Pantai Salonsa dengan ombaknya yang landai dan atraksi unggulannya. Wisatawan pasti akan puas menghabiskan waktu di sana dan akan selalu ingin kembali pada liburan berikutnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button