Pantai Mandala Ria, Pesona Pantai Indah Kaya Nilai Sejarah di Bulukumba - WisataHits
wisatahits

Pantai Mandala Ria, Pesona Pantai Indah Kaya Nilai Sejarah di Bulukumba

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pantai Mandala Ria merupakan salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan. Panti asuhan ini terletak di Teluk Bone yang merupakan pusat pariwisata internasional yang berkualitas. Nama Mandala merupakan nama besar yang erat kaitannya dengan pantai eksotis ini. Pada masa ini, Panglima Mandala mampu mengalahkan Belanda melawan penjajah.

Bagi yang ingin sampai ke pantai ini, ada perjuangan karena jalannya sempit. Namun ketika anda datang ke tempat wisata tersebut, anda akan menemukan beberapa destinasi yang sangat indah dan pemandangan pantai yang alami yang akan membuat mata anda terkesima melihatnya. Tak hanya itu, pantai ini juga cocok bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari padatnya dunia perkotaan.

Saat liburan, jadikan Pantai Mandala Ria sebagai referensi wisata. Jika Anda ke pantai hit ini, jangan lupa ajak keluarga Anda untuk menikmati panorama alam yang disuguhkan. Selain itu, akan banyak kegiatan atau kegiatan yang bisa dilakukan. Jadi sangat menyenangkan berada di tempat wisata ini bersama keluarga tercinta.

Atraksi yang Ditawarkan Pantai Mandala Ria

Pantai Mandala RiaKredit gambar: Google Maps Hardianti

1. Penyajian panorama alam

Bagi yang ingin pergi ke pantai Mandala Ria, tempat wisata dengan panorama alam akan disajikan untuk anda. Meski masih baru, namun di sini pengunjung bisa melihat suasana alam pantai yang benar-benar terjaga. Pantai ini memiliki pasir putih yang terbentang begitu indah kemudian berpadu dengan langit biru.

Yang menarik dari objek wisata tepi laut ini adalah lokasinya yang diapit oleh lembah dan laut, sehingga panas pada siang hari dan dingin pada malam hari. Laut Sulawesi Selatan adalah rumah bagi terumbu karang serta kelelawar laut. Dengan demikian, wisatawan tidak hanya akan melihat terumbu karang, tetapi juga banyak ikan berenang yang keindahannya dapat diapresiasi oleh wisatawan.

2. Memiliki nilai sejarah yang tinggi

Selain itu, wisatawan juga akan menemukan tempat wisata yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dinamakan Pantai Mandala Ria karena ceritanya sendiri bahwa Panglima Mandala memerintahkan 24 kapal untuk mengunjungi para penjajah di desa ini.

Banyak yang mengatakan pasukan Panglama Mandala adalah armada semut karena memiliki kapal kecil. Upaya Panglima itu kemudian membuahkan kemenangan dan mampu membebaskan Irian Barat dari penjajah.

3. Dekat Situs Pembuatan Kapal Phinisi

Atraksi di Pantai Mandala RiaKredit Gambar: Google Maps The Ultimate Light

Pantai Mandala Ria terletak di desa Ara dimana tempat ini merupakan tempat pembuatan perahu phinisi. Kapal ini merupakan kapal andalan yang sangat terkenal akan kekuatannya hingga saat ini. Jadi, kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan pemandangan alamnya saja, tapi kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru dengan mengunjungi kawasan ini.

Pengrajin biasanya mendapat banyak pertanyaan dari pengunjung wisata. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan senang hati. Anda mungkin memiliki kesempatan untuk naik kapal di sini. Menikmati panorama alam yang luar biasa dari atas pantai merupakan aktivitas yang sayang untuk dilewatkan.

4. Dekat dengan sirkuit lain

Dan terakhir, Anda akan menemukan destinasi wisata yang dekat dengan tempat-tempat menarik lainnya. Jadi hati-hati, Bulukumba adalah daerah yang banyak terdapat pantai. Keindahan ini tidak dapat disangkal. Karena lokasinya, ada banyak pantai hits lainnya seperti Pantai Tanjung Bira, Kaluku, Pusahelu, dll.

Apalagi ada gua yang juga sayang untuk dilewatkan. Ada dua goa yang terletak dekat dengan tempat wisata, yaitu Goa Passea dan Goa Passohara. Di gua ini Anda akan menemukan mata air yang diperkirakan berusia ribuan tahun. Sedangkan di Gua Passea, digunakan sebagai tempat pemakaman buah ara purba.

Alamat dan rute perjalanan menuju pantai

Alamat Pantai Mandala Ria PantaiKredit gambar: Google Maps Abd Gaffar

Banyak wisatawan dari luar provinsi Sulawesi Selatan yang tertarik untuk mengunjungi pantai populer ini. Tapi jangan khawatir, Pantai Mandala Ria bisa dengan mudah dikunjungi wisatawan. Pantai ini terletak di Desa Ara, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Jarak dari Bulukumba adalah 35 km dan dari pantai Tanjung Bira adalah 10 km.

Jika Anda berada di kota Makassar, maka waktu tempuh untuk sampai ke tempat wisata tersebut adalah 4-5 jam. Petunjuk arah ke lokasi wisata dicantumkan. Dengan demikian, wisatawan pasti akan menemukannya dengan mudah. Jika Anda berada di kota Makassar, pergilah ke kabupaten Bulukumba yang memakan waktu lebih dari 4 jam.

Setelah menemukan Kabupaten Bulukumba, pengunjung wisata hanya perlu mengikuti poros jalan. Setelah 45 menit perjalanan, Anda akan melihat plang. Ikuti penunjuk sampai Anda berada di lokasi wisata. Ketika Anda pergi berlibur nanti, Anda harus berhati-hati karena jalan menuju tempat wisata itu tidak mudah.

Harga Tiket Masuk Pantai Mandala Ria

Harga Tiket Masuk Pantai Mandala RiaKredit Gambar: Google Maps Muh Reza Hardiansyah

Jika Anda datang dari luar kota, tentunya Anda ingin mencari tempat menginap di pantai Mandala Ria bukan? Cobalah untuk pergi ke sana di pagi hari karena jalannya agak gelap dan ada sedikit cahaya di malam hari.

Jika ingin memasuki kawasan wisata pantai Bonto Bahari, pengunjung wisata akan dikenakan tiket masuk sebesar Rs 5.000. Sedangkan bagi yang ingin berkemah atau camping, harus merogoh kocek Rp 10.000. Pantai ini akan selalu buka bahkan 24 jam sehari.

Aktivitas Seru di Pantai Mandala Ria

Aktivitas Seru di Pantai Mandala RiaKredit Gambar: Google Maps stuff zaichi uwu

1. Santai

Ada banyak aktivitas menyenangkan bagi wisatawan di Pantai Mandala Ria. Kegiatan pertama adalah bersantai. Bagi kebanyakan orang, suasana nyaman dan tenang adalah hal yang sangat berharga. Karena mereka tidak bisa mendapatkannya setiap hari.

Oleh karena itu, bersantai di pantai tubing sangat cocok jika Anda ingin memanjakan hati dan pikiran Anda. Jangan lupa membawa snack dan kopi untuk menemani aktivitas yang akan dilakukan. Sendirian di tengah pantai dengan panorama indah seperti ini akan membantu Anda pulang dengan energi baru.

2. Permainan air

Kemudian pengunjung wisata juga dapat menikmati aktivitas kedua yaitu bermain air. Ini adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Jika Anda ingin bermain air, maka Pantai Mandala Ria bisa menjadi jawabannya. Karena pantai ini masih alami dan membuat semua lelah dan penat pengunjung hilang seketika.

Anda bisa bermain air laut di tempat wisata ini. Bermain air di pantai sangat berbeda, sehingga sangat disayangkan aktivitas atau aktivitas yang dilakukan hanya duduk-duduk saja. Jika ingin bermain air, pastikan bukan hanya kaki yang merasakan dinginnya air laut di pantai favorit yang dikunjungi ini.

3. Ambil gambar

Kegiatan ketiga bagi Anda yang ingin berlibur di Pantai Mandala Ria adalah berfoto-foto. Saat traveling, belum lengkap rasanya jika sedang berlibur tapi tidak mengambil potret atau foto. Lingkungan sekitar pantai harus diabadikan.

Pengelola yang memahami kebutuhan pengunjung telah menyediakan banyak fasilitas untuk menambah keindahan foto yang diambil, seperti ayunan di tepi pantai. Jadi sembari bermain ayunan, cobalah minta teman atau keluarga Anda untuk memotret aktivitas tersebut.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Mandala Ria Pantai BeachKredit gambar: Google Maps Indra Kurniawan

Banyak fasilitas yang akan wisatawan temukan di Pantai Mandala Ria. Instalasi pertama adalah gazebo yang banyak dan sejajar dengan pantai. Fungsi gazebo ini adalah sebagai tempat relaksasi dan istirahat bagi wisatawan yang datang berlibur di pantai ini.

Selain gazebo, Anda juga akan menemukan fasilitas lain seperti warung makan dan minum. Jadi selama liburan di sini Anda tidak perlu khawatir akan lapar dan haus. Akan ada banyak pilihan menu yang bisa wisatawan dapatkan di pantai hits ini.

Pengelola juga sudah menyiapkan spot-spot foto yang bisa digunakan pengunjung wisata seperti ayunan kayu yang diletakkan di pinggir pantai. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka. Ada juga tempat parkir bagi mereka yang datang dengan kendaraan pribadi.

Pantai Mandala Ria merupakan salah satu objek wisata yang menarik banyak wisatawan untuk datang dan berkunjung. Apalagi bagi yang ingin merasakan kedamaian dan ketenangan, disinilah tempatnya. Panorama yang indah ditambah dengan suasana alamnya membuat pantai Sulawesi Selatan ini sangat layak untuk masuk dalam daftar wisata yang akan dikunjungi nantinya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button