Di atas kereta inspeksi, KAI memastikan persiapan angkutan Lebaran 2023 - WisataHits
wisatahits

Di atas kereta inspeksi, KAI memastikan persiapan angkutan Lebaran 2023

Di atas kereta inspeksi, KAI memastikan persiapan angkutan Lebaran 2023

Piknikdong.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama pelaku perkeretaapian melakukan pemeriksaan di berbagai wilayah Pulau Jawa sejak Senin (6/3) hingga Rabu (8/3).

Kegiatan sidak ini bertujuan untuk memverifikasi kesiapan KAI dalam berbagai aspek jelang angkutan Lebaran 2023.

Menggunakan KA Inspeksi, KAI memastikan kesiapan angkutan Lebaran 2023 menitMenggunakan kereta inspeksi, KAI memastikan persiapan angkutan Lebaran 2023. foto: KAI.id

“Transportasi Idul Fitri merupakan puncak musim transportasi di Indonesia selain Natal dan Tahun Baru.

Verifikasi ini kami lakukan untuk memastikan perjalanan KA selama masa angkutan Lebaran 2023 aman, nyaman, selamat dan sehat sampai tujuan,”

kata Manajer Senior KAI Didiek Hartantyo.

Pemeriksaan meliputi kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek pendukung lainnya.

Lokomotif, kereta api dan kereta api harus dalam kondisi andal dan siap beroperasi.

Dalam kegiatan inspeksi tersebut, Jajaran KAI dan pemangku kepentingan juga menyampaikan pengarahan kepada seluruh jajaran KAI di seberang jalan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat menjelang angkutan Lebaran 2023.

“Saya berpesan utamakan keselamatan dan pelayanan, lima budaya keselamatan KAI yaitu kepatuhan terhadap prosedur kerja, pengarahan sebelum bekerja, penggunaan alat pelindung diri, penghormatan terhadap lingkungan kerja dan pelaporan potensi bahaya harus dilaksanakan, terutama menjelang Lebaran 2023 Angkutan .

Selain itu, dari sisi pelayanan juga perlu terus ditingkatkan agar pelanggan memiliki pengalaman kereta pulang pergi yang berkesan,” ujarnya.

kata Didik.

Perjalanan inspeksi dibagi menjadi dua perjalanan, yaitu lintas utara dan lintas selatan pulau Jawa.

Pemeriksaan jalur Jawa Utara dimulai dari Stasiun Gambir di Cirebon, Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Ketapang, di Surabaya Gubeng.

Sedangkan untuk jalur selatan, perjalanan dimulai dari stasiun Gambir, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Malang, Blitar, Kertosono, hingga Surabaya Gubeng.

Selain komisaris dan direksi KAI, sidak tersebut juga dihadiri oleh Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dan jajaran Ditjen Kementerian Perhubungan.

Selama perjalanan, kami juga mengidentifikasi titik-titik rawan yang perlu dipantau lebih lanjut.

KAI secara sistematis mengantisipasi potensi titik rawan yang terdiri dari banjir, tanah longsor, dan amblesan.

KAI menyiagakan inspektur jalur tambahan, penjaga penyeberangan tambahan dan petugas pos komando daerah yang lebih rentan.

“Selain itu, KAI sedang menyiapkan strategi manajemen krisis yang disebut AMUS (Tools, Materials, For Standby).

Strategi ini selain menyiagakan tim personel khusus di lapangan, juga menyediakan alat dan material yang tersebar di sepanjang rel kereta api.

Hal ini bertujuan agar dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan,”

tambah Didik.

KAI berupaya mempersiapkan pelayanannya dengan sebaik-baiknya, khususnya pada masa angkutan Lebaran 2023.

KAI memperkirakan peningkatan jumlah penumpang kereta api pada musim mudik Lebaran 2023 akan meningkat seiring dengan penanganan wabah Covid-19 yang lebih baik dan dibukanya berbagai pembatasan mobilitas yang diberlakukan pemerintah.

“KAI berkomitmen menjaga kebersihan di area stasiun dan di dalam kereta, memperindah stasiun dengan penghijauan sehingga ruang tunggu jauh lebih nyaman.

KAI juga konsisten memperkenalkan berbagai inovasi seperti pengenalan wajah dan integrasi layanan KAI Access dengan SatuSehat untuk memudahkan proses onboarding.

Masa angkutan lebaran merupakan momentum dimana seluruh jajaran KAI akan memberikan penampilan terbaiknya, hal ini kami upayakan agar kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat saat mudik lebaran”,

tutup Didik.

*Kondisi Monitoring Pemesanan Tiket Lebaran 2023* (Berdasarkan data per 8 Maret 2023, 08:30 WIB)

Berdasarkan pantauan 08 Maret 2023 pukul 08.30 WIB, tiket KA jarak menengah/jauh pada masa angkutan Lebaran 2023 yang terjual untuk keberangkatan KA periode 12 hingga 22 April 2023 sebanyak 299.782 tiket atau sekitar 26,5% dari total tiket yang terjual sebanyak 1.129.389 tiket telah didistribusikan.

Jumlah ini akan terus bertambah, karena penjualan masih berlangsung.

Hubungan yang diutamakan selama ini adalah dari arah Jakarta/Jawa Barat menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur atau lebih dikenal dengan arus mudik.

Perjalanan kereta api yang termasuk dalam 5 Besar dalam urutan hunian meliputi:
1. KA Airlangga = 87,40%

2. KA Kahuripan = 81,85%

3. KA Bengawan = 80,57%

4. Kereta Api Sritanjung = 57,69%

5. KA Fajar Utama Solo = 50,91%

KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena ketersediaan tiket kereta api periode Angkutan Lebaran masih cukup sedikit.

Sementara itu, tergantung kapan kereta berangkat, favorit yang dipesan antara lain:

1. 20 April 2023 = 50%

2. 21 April 2023 = 47%

3. 19 April 2023 = 43%

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button