Tiket LAVA TOUR MERAPI dan Tempat Menarik - WisataHits
wisatahits

Tiket LAVA TOUR MERAPI dan Tempat Menarik

Harga Tiket Masuk Merapi Lava Tour : Rp 350,00-Rp. 650.000 Jam Operasional: 04.30 – 18.00 Nomor Telepon: 081 333 330 810 Alamat: Kaliurang, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55582

menara lava merapi bisa menjadi pilihan kegiatan wisata saat berlibur di Yogyakarta. Lava Tour Merapi adalah sebutan untuk wisata daerah yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Wisata yang dimaksud saat ini adalah wisata menggunakan jenis mobil. jip. Kegiatan wisata meliputi kunjungan ke sejumlah titik yang terkena dampak langsung erupsi.

Ya, wisata lava merapi adalah alternatif liburan yang tidak biasa. Nama saja mungkin telah menimbulkan tanda tanya. Sudahkah Anda mengumpulkan keberanian untuk mencobanya?

Harga Paket Merapi Lava Tour

Wisata lava merapi ditawarkan dalam berbagai pilihan paket wisata. Paket-paket ini ditawarkan dengan harga yang berbeda. Setiap paket sudah termasuk tiket masuk untuk sejumlah titik pemberhentian. Trip yang terorganisir ini bisa menampung rombongan, sehingga cocok untuk dicoba saat liburan bersama keluarga atau teman.

Harga Paket Merapi Lava Tour
Jenis kemasan Durasi Harga
Perjalanan matahari terbit (4 orang) 3 jam Rp450.000 /Jeep
Perjalanan panjang matahari terbit (4 orang) 3 jam Rp 550.000/Jeep
Perjalanan Singkat (4 Orang) 1-1,5 jam Rp 350.000 /Jeep
Perjalanan sedang (4 orang) 2 jam Rp450.000 /Jeep
Perjalanan Jauh (4 Orang) 2-2,5 jam Rp550.000 /Jeep
Perjalanan super panjang (4 orang) 3-3,5 jam Rp 650.000/Jeep

Baca: Tiket Masuk dan Tiket Aktivitas Taman Wisata Kaliurang Sleman

Jam operasional

Paket wisata lava merapi dimulai dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk melihat pemandangan ini adalah saat musim kemarau. Wisata buka setiap hari dan selalu ramai dengan pemesanan selama masa liburan. Namun perlu diperhatikan bahwa paket wisata ini juga tergantung pada kondisi dan status Gunung Merapi. Jika Merapi aktif, wisata umumnya akan ditutup sementara hingga kondisi aman.

Jam operasional
Setiap hari 04.30 – 18.00 WIB

Menara Lava Eksotis Merapi

Lava Tour Merapi jeep tourMerapi Lava Tour menawarkan pengalaman berkendara jeep di dekat kaki Gunung Merapi – Foto: Google Maps/Hafiz Lokman

Awalnya, tur dilakukan dengan menggunakan kendaraan jenis trail. Namun, erupsi 2010 mengubah wajah kawasan di sekitar lereng Gunung Merapi. Banyak kawasan wisata yang hancur dan tenggelam oleh lahar. Dengan demikian, penggunaan jip yang lebih bertenaga menjadi populer.

Sebenarnya apa saja yang ditawarkan dalam paket Merapi Lava Tour? Apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin mencobanya? Lihat artikel berikut.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Merapi World Landmarks Park

Hal-hal penting sebelum memulai Merapi Lava Tour

Pos Pengunjung Lava MerapiAda banyak komunitas wisata lahar Merapi yang bisa dipilih – Foto: Google Maps/Agung Haryanto

Sebelum memilih dan memutuskan grup wisata mana yang akan diikuti, pelajari beberapa hal terlebih dahulu. Ada sejumlah komunitas dan penyedia paket wisata ini. Selain harga, fasilitas dan aktor keamanan juga harus diperhatikan.

Pertama, pastikan jenis mobilnya. Ada berbagai jenis jip yang digunakan, masing-masing dengan performa yang berbeda. Cari tahu sendiri atau mintalah penjelasan dari pemandu. Tipe mana yang paling aman dan nyaman? Apakah itu Land Cruiser, Hardtop atau Willys?

Pastikan juga kondisi mobil bekas dalam kondisi baik. Pengemudi atau pemandu juga harus memiliki izin resmi dari asosiasi Merapi Lava Tour. Jangan sampai kecelakaan terjadi karena kelalaian pengemudi yang menarik atau pengemudi yang tidak berpengalaman.

Kedua, cari tahu tentang fasilitas keamanan. Mengemudi jip melalui jalan-jalan berbatu yang penuh lubang akan menyebabkan banyak guncangan. Wisatawan berhak atas helm pengaman dan masker pelindung. Helmnya juga harus dalam kondisi bagus ya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Agrowisata Bhumi Merapi

Penuh kejutan!

Jeep melintasi tepi sungaiTur jeep akan membawa wisatawan melewati rute menantang yang sebelumnya tidak terbayangkan – Foto: Google Maps/Driver Jogja

Penting juga untuk memeriksa cuaca sebelum memulai tur. Waktu terbaik adalah saat musim kemarau. Bahkan jika lebih berdebu, itu lebih baik daripada hujan, kan? Siapkan juga jas hujan untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba hujan.

Faktor cuaca ini harus diperhitungkan mengingat aspek trek yang akan dicakup. Lava tour Merapi akan membawa wisatawan di jalan berkerikil. Jika baru saja hujan, akan ada genangan air yang juga akan menghiasi. Perjalanan ke Merapi akan penuh ketegangan tapi juga kejutan seru!

Baca: 16 Tempat Wisata Terbaik Di Sleman Yogyakarta

tur jipJeep track yang seru dan mendebarkan – Foto: Google Maps/KAS #2 adventure

Jip akan melaju di trek yang berliku dan bergelombang. Di sepanjang jalan, gemerisik kerikil di roda dan suara mesin. Dari waktu ke waktu, pengemudi melewati genangan air dan memercikkan “sedikit” air. Jadi, bersiaplah untuk kotor dan terlempar kesana kemari, oke?

Wisatawan akan lebih dekat dengan Gunung Merapi. Dengan jarak sekitar 2 kilometer, kemegahan panorama akan terlihat jelas. Wisatawan dapat melihat jalur sungai lahar hingga kepulan asap yang membubung dari kawah.

Baca: STONEHENGE MERAPI Jogja Stone Garden Unik

batu asing

Atraksi Batu AlienObjek wisata batu menyerupai “wajah asing” di kaki Gunung Merapi – Foto: Google Maps/Thivashinni Subramaniam

Selain menikmati Merapi dari dekat, wisatawan juga akan diajak mengunjungi beberapa destinasi. Destinasi ini masih terkait dengan dampak erupsi Gunung Merapi. Salah satu yang paling populer adalah Batu Alien di Desa Kepuharjo, Cangkringan.

Batu ini sama sekali tidak berasal dari luar angkasa. Aliran lahar dari Kali Gendol membawa batu besar ini ke atas lereng. Dilihat dari sudut tertentu, terdapat lekukan-lekukan yang jika disatukan menyerupai wajah. Karena bentuknya yang aneh, penduduk setempat kemudian menjulukinya sebagai “batu asing”.

Baca: Tiket Masuk Museum Merapi dan Kegiatannya

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem dengan latar MerapiBunker perlindungan Kaliadem dapat dikunjungi selama tur lava Merapi – Foto: Google Maps/Nawawie _

Titik pemberhentian lainnya adalah Bunker Kaliadem. Bunker bersejarah ini menyimpan kisah tragis kematian dua relawan. Saat ini bunker tersebut dibuka untuk umum sebagai media pendidikan. Jika langit cerah, wisatawan akan melihat pemandangan Gunung Merapi dari sini.

Museum Harta Karunku

Museum peninggalan sejarah harta karun sayaMuseum Rest of Hartaku menyajikan puing-puing yang terkena dampak langsung letusan Gunung Merapi – Foto: Google Maps/Bayu hendarto

Destinasi selanjutnya adalah museum yang menyimpan barang-barang bekas erupsi. Museum Sisa Hartaku adalah sebuah rumah tua dan sanggar seni yang diterjang awan panas Merapi. Wisatawan dapat melihat secara langsung kekuatan efek letusan pada berbagai jenis barang. Mulai dari furnitur kecil hingga rangka kendaraan dan ternak bisa Anda lihat di sini.

Destinasi Lain Lava Tour Merapi

Selain ketiga destinasi di atas, masih banyak spot lainnya yang tak kalah menarik. Beberapa di antaranya adalah rumah almarhum Mbah Maridjan yang merupakan penjaga Gunung Merapi. Selain itu, ada The Lost World Castle yang menampilkan replika kastil. Tempat wisata ini biasanya banyak diminati oleh anak-anak dan pemburu selfie karena memiliki banyak spot unik.

Meredakan

Kunjungan ke lahar Merapi dilakukan dengan jasa pemandu dari komunitas jeep. Ada banyak komunitas di lereng Merapi yang bisa dipilih. Ada berbagai jenis jip. Ada Land Rover, Land Cruiser, Willys, Hardtop. Rata-rata jeep dapat menampung hingga 4 penumpang dewasa.

Fasilitas umum di kawasan kunjungan lahar Merapi sendiri sudah selesai dibangun. Area parkir, toilet, serta mushola atau mushola terletak di sini. Ada juga kios-kios yang menjual makanan dan suvenir.

Lokasi Wisata Lava Merapi

Komunitas jeep yang menyelenggarakan wisata lava merapi tersebar di lereng Merapi. Wisatawan bisa menemukannya di kawasan Kaliurang, Kalikuning dan Kaliadem di Kecamatan Pakem dan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Tidak sulit untuk sampai ke sana karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta. Dari pusat kota, berkendara ke utara di sepanjang Jalan Kaliurang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button