Pantai Hamadi Jayapura, pesona pantai indah yang kaya akan nilai sejarah - WisataHits
wisatahits

Pantai Hamadi Jayapura, pesona pantai indah yang kaya akan nilai sejarah

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tobati, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua; Kasus: Cek lokasi

Pantai Hamadi terletak di selatan Jayapura. Bukan rahasia lagi jika ibu kota Papua ini memiliki banyak tempat wisata dan destinasi wisata yang menarik bagi para wisatawan. Pantai ini salah satunya karena cukup unik dan jelas sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai ini tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, tetapi juga fasilitas umum yang lengkap. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi para wisatawan yang berlibur di Jayapura.

Banyak hal yang menarik dari pantai ini, terutama dari segi sejarahnya. Bagi yang penasaran dengan Pantai Hamadi, simak informasi selengkapnya di sini. Segala sesuatu tentang pantai ini akan dijelaskan, termasuk atraksi, rute menuju lokasi, dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana.

Atraksi Pantai Hamadi

Atraksi Pantai HamadiKredit gambar: Google Maps Gipson Wendikbo

Pantai yang indah ini memiliki banyak daya tarik yang menjadikannya unik di mata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Daya tarik ini dilihat dari banyak sisi termasuk dari segi keindahan alam dan juga dari sisi sejarah Pantai Hamadi. Berikut adalah daftar lengkapnya.

1. Pemandangannya indah

Salah satu daya tarik pantai ini tentunya adalah keindahan pemandangannya. Pemandangan air laut yang hijau kebiruan, berpadu dengan pemandangan hutan bakau dan pepohonan hijau di sekitar pantai membuat pemandangan pantai ini luar biasa indah.

2. Kaya akan peninggalan sejarah

Pantai Hamadi merupakan pantai yang kaya akan nilai sejarah. Di pantai inilah pasukan Sekutu pertama kali mendarat untuk melawan Jepang di penghujung zaman penjajahan, pada tahun 1944. Pasukan Sekutu membangun benteng dan juga meninggalkan banyak jejak sejarah di pantai ini. .

3. Pemecah gelombang

Pantai ini memiliki dinding pemecah gelombang dimana hal tersebut dilakukan agar ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi dan berbahaya. Karena dinding ini, gelombang atau ombak yang menabrak dinding disebut “gelombang terbang” karena seolah-olah kembali ke laut setelah menabrak dinding.

4. Matahari terbenam yang mempesona

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai HamadiKredit gambar: Google Maps Farenheit Lanet

Matahari terbenam memang menjadi salah satu momen yang paling dinanti saat Anda berada di pantai ini. Letak pantainya yang berada di ujung timur Indonesia memungkinkan untuk melihat matahari terbenam dengan cukup jelas. Pantai menjadi penuh dengan cahaya oranye yang mengubah pemandangan menjadi romantis dan sangat menyenangkan untuk dinikmati.

5. Fasilitas umum yang lengkap

Layaknya tempat wisata yang didedikasikan untuk wisatawan, Pantai Hamadi dikelola dengan mengutamakan kenyamanan pengunjung. Alhasil, banyak fasilitas umum di sini, antara lain toilet, tempat parkir yang cukup luas, dan juga pondok-pondok untuk beristirahat.

6. Wisata kuliner Can

Jangan khawatir tentang perut di sini. Pantai ini memungkinkan para pedagang kaki lima berjejer rapi di arena pantai dan menjajakan dagangannya. Banyak jajanan unik yang bisa kita cicipi di sini, termasuk yang berasal dari Papua.

7. Ada Tempat Selfie

Wisatawan jaman sekarang belum puas kalau belum selfie atau foto di tempat wisata. Hal ini disadari sepenuhnya oleh pengelola Pantai Hamadi. Mereka membangun spot selfie yang bisa dijadikan background saat mengambil foto. Salah satunya terdiri dari huruf agak besar yang membentuk kata “Aku mencintaimu”.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kredit gambar: Instagram Rilvy Afyatni Sofyan https://www.instagram.com/rilvyas/Kredit gambar: Instagram Rilvy Afyatni Sofyan

Lokasi Pantai Hamadi terletak di kawasan Tobati, selatan Jayapura, Papua. Jika kita berada di pusat kota Jayapura, maka untuk menuju pantai jaraknya tidak terlalu jauh yaitu hanya sekitar 5 kilometer. Untuk sampai ke sana, dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.

Lokasinya tidak sulit dijangkau, baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk rutenya, dari pusat kota Jayapura, kita bisa mengambil rute terdekat menuju Jl. Hamadi Pante. Di jalan ini merupakan lokasi pintu gerbang untuk memasuki kawasan pantai.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai HamadiKredit gambar: Google Maps A. Suryana BGT

Biaya masuk wisata pantai ini cukup terjangkau. Pengunjung yang datang ke tempat ini tidak perlu membayar tiket masuk. Ya, tiket masuknya gratis dan semua orang bisa masuk ke pantai untuk menikmati pemandangan dan melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Selain biaya masuk, biaya yang dikenakan kepada pengunjung biasanya adalah biaya parkir. Jika membawa kendaraan roda dua yaitu sepeda motor, pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 sebagai biaya parkir. Sedangkan biaya parkir kendaraan roda empat atau mobil ditetapkan sebesar Rp20.000.

Biaya lain yang mungkin dikenakan wisatawan adalah biaya sewa kabin di pantai. Jika Anda lelah dan ingin berjalan-jalan di pantai tanpa takut kepanasan, gubuk-gubuk yang tertata rapi ini bisa disewa. Harga sewanya berkisar Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Pantai Hamadi

Aktivitas Seru di Pantai HamadiKredit gambar: Iklan Google Maps Dhen

Apa yang bisa dilakukan saat mengunjungi pantai indah di Jayapura ini? Tenang, pantai ini menawarkan banyak kesempatan bagi wisatawan untuk melakukan banyak hal menarik. Berikut adalah daftar hal-hal yang dapat dilakukan ketika kita mengunjungi pantai ini.

1. Kunjungan

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Hamadi hanya untuk menikmati pemandangan. Ya, pemandangan di pantai ini memang indah, apalagi jika kita datang saat pantai tidak terlalu ramai. Suara deburan ombak dan juga angin di antara pepohonan bisa dinikmati dengan pemandangan pantai.

2. Berenang

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pantai ini memiliki dinding pemecah gelombang. Alhasil, ombak di pantai ini tidak terlalu berbahaya dan pengunjung bisa berenang di dalamnya. Tapi, hati-hati ya, karena toh pantai ini langsung mengarah ke lepas pantai.

3. Bermain voli pantai

Pantai ini memiliki area berpasir yang cukup luas dan biasanya digunakan oleh pengunjung untuk bermain voli pantai. Kadang-kadang jaring bola voli sudah dipasang di sini, tetapi jika tidak, pengunjung dapat membawa sendiri.

4. Berjalan melalui hutan bakau

Aktivitas di Pantai HamadiKredit gambar: Facebook Talakua Manu

Di sekitar pantai ini terdapat hutan mangrove yang sangat indah. Pengunjung Pantai Hamadi dapat mengunjungi hutan mangrove ini dan melihat langsung tumbuhan hijau terapung yang tumbuh di sini.

5. Kunjungan bersejarah

Apakah kamu suka sejarah? Pantai ini adalah tempat yang tepat untuk itu. Kita bisa mengunjungi benteng peninggalan tentara Sekutu saat berperang melawan Jepang pada Perang Dunia II.

6. Menikmati matahari terbenam

Sunset atau matahari terbenam bisa dinikmati di pantai ini dengan sangat mudah. Matahari terbenam terlihat jelas dan kita bisa melihat sendiri proses terbenamnya matahari dan bersembunyi seolah tersedot ke pulau-pulau di sekitar pantai.

Akomodasi murah dekat pantai Hamadi

Akomodasi di dekat Pantai HamadiKredit gambar: Google Maps Hôtel Le Première

Jayapura merupakan salah satu kota utama di Papua, maka tidak heran jika di sekitar pantai banyak terdapat hotel dan hostel. Berikut adalah beberapa akomodasi yang paling dekat dengan pantai.

1. RedDoorz Port Hotel Jayapura

Bagi yang mencari akomodasi dengan fasilitas cukup lengkap dan harga terjangkau, pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah RedDoorz Hotel Pelabuhan Jayapura. Kita bisa tinggal dengan aman dan nyaman di sini. Harganya bervariasi dari 200 hingga 300.000 rupee per malam.

2. Jayapura Pertama

Premiere Jayapura terletak tidak jauh dari Pantai Hamadi dan fasilitasnya juga cukup lengkap. Pengunjung pantai yang ingin menginap di hotel yang tidak jauh dari pantai dan juga murah bisa memilih Le Premier Jayapura sebagai salah satu pertimbangannya.

3. Hotel Jasmine

Hotel melati juga tidak jauh dari pantai dan memiliki fasilitas yang lengkap. Hotel bintang tiga ini cukup ekonomis untuk harga sewa dan lokasinya yang strategis. Dari hotel ini, Anda bisa langsung menuju pantai ini tanpa harus menempuh perjalanan jauh.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di area Pantai HamadiKredit gambar: Google Maps A. Suryana BGT

Sebagai salah satu wisata pantai yang menjadi andalan daerah Jayapura khususnya bagian selatan, Pantai Hamadi telah dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup lengkap. Pengelola pantai memastikan wisatawan dapat berwisata dengan aman dan nyaman di sini.

Fasilitasnya cukup lengkap, antara lain adanya toilet umum yang bersih, tempat parkir yang cukup luas, namun juga kafe dan tempat makan di sekitar pantai. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir jika lapar atau ingin berwisata kuliner di dekat pantai ini.

Di pantai yang indah ini juga bisa berfoto karena tergantung zamannya, petugas pantai sudah menyiapkan spot-spot selfie sebagai background saat berfoto, seperti yang sedikit dijelaskan di atas.

Demikian informasi lengkap tentang Pantai Hamadi di Jayapura. Jika ingin berwisata ke pantai-pantai indah Papua, salah satu tempat yang wajib banget dikunjungi adalah tempat ini. Fasilitasnya cukup lengkap dan harganya terjangkau. Hal ini membuat wisatawan semakin nyaman untuk mengunjungi Pantai Jayapura.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button