Pantai Lembar Cemare, perpaduan keindahan pantai dan hutan bakau di Lombok Barat - WisataHits
wisatahits

Pantai Lembar Cemare, perpaduan keindahan pantai dan hutan bakau di Lombok Barat

Pantai Lembar Cemare, perpaduan keindahan pantai dan hutan bakau di Lombok Barat

Pantai Lembar Cemare Lombok Barat bisa menjadi alternatif liburan saat berkunjung ke Pulau Lombok. Wisatawan dapat menikmati matahari terbenam yang indah di sini.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 06.00-18.00 WITA, Alamat: Pelabuhan, Kec. Daun, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Lembar Cemare adalah tempat wisata pantai yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pantai indah ini menawarkan keindahan alam yang memukau mulai dari pasir putih yang bersih hingga air laut yang jernih. Pantai yang indah ini juga menawarkan suasana yang tenang dan nyaman sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai.

Selain itu, wisata bahari di Lombok juga menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti tuba, menyelam, memancing atau sekedar jalan-jalan di pantai. Keindahan pantai Lombok tentunya sudah terkenal hingga mancanegara. Tidak ada ruginya jika wisatawan memilih berlibur ke pantai-pantai Lombok.

Selain memiliki keindahan yang terjaga, pantai-pantai di Lombok juga memberikan rasa rileks kepada para wisatawan. Hal itu tentu membuat wisatawan merasa lebih biaya setelah menghabiskan waktu di pantai. Salah satu pantai yang bisa dikunjungi adalah pantai Cemare yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Lombok.

Objek Wisata Pantai Cemare Lembar

Atraksi Pantai Lembar CemareKredit gambar: Google Maps Listyo Ady Prabowo

Sebagai jalur alternatif wisatawan saat berkunjung ke Lombok, pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya ini tentunya memiliki banyak atraksi menarik. Wisatawan yang berkunjung ke Lombok tidak boleh melewatkan kesempatan untuk singgah di Pantai Cemare Lombok.

✦ Kecantikan Alami

Pantai Cemare terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami, dengan pasir putih yang halus, air laut yang jernih dan ombak yang tenang. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan melihat matahari terbit atau terbenam yang sangat indah. Pantai sepanjang tujuh kilometer ini bisa dinikmati wisatawan sepanjang hari.

Tak hanya pantai, wisatawan juga bisa menikmati keindahan mangrove di pantai indah dengan luas 70 hektar ini. Keindahan alam yang masih asri dan jauh dari hiruk pikuk kota membuat tempat ini layak dikunjungi, terutama untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

✦ Hutan bakau

Hutan mangrove menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik di kawasan pantai yang indah ini. Hutan mangrove sendiri merupakan ekosistem hutan di zona muara yang terbentuk dari tumbuhan mangrove yang tumbuh di sepanjang tepi pantai atau muara sungai yang terpengaruh oleh pasang surut air laut.

Hutan mangrove terletak di sepanjang muara sungai yang bermuara ke pantai. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan keanekaragaman hayati hutan mangrove seperti berbagai jenis burung, ikan dan hewan lainnya yang hidup di dalam dan sekitar hutan mangrove.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar hutan mangrove dengan berjalan kaki di atas jembatan kayu yang dibangun di atas permukaan air. Jembatan kayu tersebut memungkinkan wisatawan menjelajahi hutan bakau dan melihat keanekaragaman hayati di sekitar muara sungai.

✦ Wisata Religi

Wisata bahari ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga memiliki potensi besar untuk wisata religi. Salah satu destinasi wisata religi yang terdapat di pantai Lombok adalah makam suci Syekh Alwi Baghdadi. Ini adalah salah satu wisata religi paling populer di Lombok Barat.

Makam ini merupakan tempat ziarah yang banyak dikunjungi orang, terutama pada hari besar Maulid Nabi. Syek Alwi Bagdadi adalah seorang ulama dan pemuka agama terkenal di Lombok pada masanya. Makam keramatnya yang terletak di dekat pantai Cemare dianggap sebagai tempat suci dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Selain makam Syekh Alwi Baghdadi, di sekitar kawasan wisata bahari ini juga terdapat beberapa masjid, seperti Masjid Raya Lembar dan Masjid Al-Fathurrahman. Kedua masjid ini sering dijadikan tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan masyarakat sekitar.

✦ Tempat Instagramable

Pantai estetik ini menjadi destinasi wisata yang berpotensi untuk mengabadikan spot-spot Instagram yang menarik. Liburan pasti gagal jika tidak berfoto di berbagai tempat menarik. Oleh karena itu, ada beberapa tempat menarik di pantai yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah.

Diantaranya, wisatawan bisa berfoto saat sunset. Pantai Cemare menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Hal ini tentunya tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan. Bagi wisatawan yang berkunjung di sore hari, berfoto dengan latar belakang matahari terbenam adalah suatu keharusan.

Selain itu, wisatawan juga bisa berfoto di kawasan hutan mangrove yang memiliki luas 70 hektar. Sembari berkano, wisatawan bisa berfoto sambil menyusuri hutan bakau. Selain bisa menikmati pemandangan dan mengenal mangrove lebih jauh, wisatawan juga bisa mendapatkan foto yang instagramable.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Jika Anda tertarik dengan pesona pantai ini, Anda bisa mengunjungi pulau Lombok, lebih tepatnya di pelabuhan Kec. Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Wisatawan yang ingin berkunjung dapat menempuh jalan dari Mataram menuju pelabuhan Lembar yang dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. Di perempatan sebelum pertigaan Lembar – Sekotong, belok kanan terus lurus sampai Jembatan Pantai Cemare.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Lembar CemaraKredit gambar: Google Maps Faisal RM (Faisal R)

Dengan banyaknya objek wisata di Pantai Cemare Lembar Lombok Barat ini tentunya banyak juga kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Wisata bahari ini menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama kunjungan Anda.

1. Kegiatan bahari

Ombak yang tenang dan air yang bersih bisa digunakan untuk berenang. Wisatawan yang menyukai aktivitas bawah air juga bisa melakukannya tuba Dan menyelam. Wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak membawa perlengkapan menyelam dengan topeng dan snorkeling Atau menyelam. Karena di pantai yang indah ini banyak terdapat penjual atau persewaan alat selam.

2. Jelajahi hutan bakau

Di sekitar pantai Cemare Lembar terdapat hutan bakau yang indah dan menarik untuk dijelajahi. Wisatawan dapat menjelajahi hutan bakau dengan berjalan kaki atau menggunakan perahu. Menjelajahi hutan seluas 70 hektar pasti akan memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung.

3. Berziarah

Bagi wisatawan yang tertarik dengan wisata religi, tidak perlu khawatir karena wisata ini juga menawarkan kunjungan ke makam suci Syekh Alwi Baghdadi yang berada di sekitar pantai. Tentu tidak semua wisatawan bisa berkunjung dan berziarah. Hanya wisatawan yang menganut kepercayaan tertentu yang bisa berziarah ke makam ini.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Pantai Lembar CemaraKredit gambar: Google Maps baiqvera susanti

Fasilitas yang tersedia di Pantai Cemare antara lain toilet umum dan kamar mandi. Wisatawan bisa bersih-bersih setelah berenang dan membayar Rp 3.000 per orang. Selain itu, terdapat pula mushola yang dapat digunakan wisatawan muslim untuk beribadah ketika waktu sholat telah tiba.

Berwisata ke Lombok pasti menjadi hal yang menyenangkan. Jika bosan berwisata ke destinasi populer di Lombok, wisatawan bisa berkunjung ke Pantai Cemare Lembar. Pantai indah ini memiliki banyak atraksi yang pastinya tidak akan mengecewakan wisatawan. Tidak hanya menawarkan keindahan alam, wisata alam ini juga menawarkan wisata religi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button