Pantai Sedari, perpaduan eksotisme pantai dengan hijaunya hutan bakau di Karawang - WisataHits
wisatahits

Pantai Sedari, perpaduan eksotisme pantai dengan hijaunya hutan bakau di Karawang

Pantai Sedari, perpaduan eksotisme pantai dengan hijaunya hutan bakau di Karawang
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 06.30-00.00 WIB, Alamat: Pahamilah, Kec. Cibuaya, Kab. Karawang, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Sedari bisa dijadikan sebagai tempat berlibur saat Anda berada di Karawang. Letaknya yang strategis, dekat dengan kota membuat tempat wisata ini layak untuk dikunjungi. Terkadang pantai ini begitu ramai dan ramai pengunjung. Alam yang masih asri menjadi salah satu alasannya, tentu masih banyak lagi yang perlu dibahas.

Karawang memang bukan daerah yang memiliki segudang keindahan seperti Bandung dan Jogja. Namun untuk kategori objek wisata, kabupaten di Jawa Barat ini terbilang cukup lengkap. Sebut saja dengan kategori wisata religi, wahana permainan, wisata alam dan masih banyak lagi. Pantai juga ada di sini, dan merupakan pemandangan yang paling menarik untuk dikunjungi.

Dengan pasir berwarna coklat, Pantai Sedari menawarkan keindahan alam yang begitu eksotis. Disebelah pantai terdapat hutan bakau, meskipun pada awalnya dirancang untuk menahan abrasi, keberadaan bakau ini menambah pesonanya. Suasananya yang selalu alami, sejuk dan asri membuatnya semakin diminati oleh para wisatawan.

Daya tarik pantai Sedari

Objek Wisata Pantai SedariKredit gambar: Google Maps Kaya Sultan

Setiap kunjungan pasti memiliki daya tarik yang menarik pengunjung. Dalam hal ini, pantai biasanya tertarik dengan birunya air laut, pasir dan pemandangan di sekitarnya. Begitu juga dengan Pantai Sedari, sebagian besar daya tariknya tidak lepas dari semua yang telah disebutkan sebelumnya.

1. Pemandangan Pantai Sedari yang unik

Pantai di Karawang ini tidak memiliki air biru jernih seperti di Bali atau tempat lain. Airnya berwarna coklat, terlihat keruh dari kejauhan. Namun, ada banyak kegembiraan yang Anda dapatkan di sini. Misalnya, berenang atau bermain air di pantai. Untuk menjaga keselamatan, pihak pengelola menyediakan ban apung, silahkan disewa.

Di sisi lain, pantai ini juga tidak memiliki pasir putih yang khas, melainkan pasir berwarna coklat. Tapi Anda bisa merasakan kelembutan pasir saat Anda meletakkan kaki telanjang di atasnya. Detailnya sangat halus, yang umumnya digunakan sebagai sarana bermain bagi anak-anak dan orang tuanya.

2. Hutan bakau hijau

Daya tarik Pantai Sedari selanjutnya adalah keberadaan hutan bakau atau biasa disebut hutan bakau. Tidak semua pantai memiliki mangrove yang fungsi utamanya menahan abrasi. Selain itu, tumbuhan pantai ini juga berfungsi sebagai penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan biota laut di sekitarnya.

Bagi wisatawan keberadaan hutan bakau ini menambah keindahan, warna hijau juga didapat. Seperti yang kita ketahui, sebagian besar pantai hanya diserbu oleh pohon kelapa yang merupakan tumbuhan khas mereka. Namun tidak kali ini, Anda tidak dapat menemukan pohon kelapa. Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati indahnya suasana hutan bakau.

3. Gelombang Tenang

Pantai Sedari banyak dikunjungi wisatawan, bukan tanpa alasan, meski banyak pantai di Karawang yang menawarkan keindahan lebih. Salah satu alasan yang dimaksud adalah karena karakteristiknya, pantai ini memiliki ombak yang sangat tenang. Hampir tidak ada ombak besar yang datang ke pantai, hanya ombak kecil yang datang seperti riak.

Inilah mengapa pengunjung keluarga datang, karena mereka bebas bermain di pantai bersama anak-anak mereka. Namun, Anda harus selalu berhati-hati saat beraktivitas di sini. Apalagi jika Anda membawa anak-anak, awasi mereka dan jangan biarkan mereka lolos dari pengawasan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SedariKredit gambar: Google Maps Agil Zero

Sebelum mengunjungi pantai Sedari, sebaiknya Anda mengetahui lokasinya agar mudah ditemukan. Alamat wisata di Karawang ini berada di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jarak tempuh dari Alun-alun Karawang atau pusat kota sekitar 47 kilometer, bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 1 jam 30 menit.

Memang cukup jauh dari pusat kota, namun lokasinya dekat dengan pemukiman warga, sehingga mudah ditemukan. Jika Anda sedang berada di pusat kota, silakan menuju Tugu Proklamasi terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Raya Medangasem lalu ke Jalan Raya Bolang.

Gunakan Pasar Citopeng sebagai landmark Anda selanjutnya, lalu ikuti jalan utama. Selama perjalanan anda akan menyusuri sungai Citarum, lanjutkan perjalanan hingga melewati jembatan menuju desa Sedari. Dari jembatan ini tujuan wisata berjarak kurang lebih 2,5 kilometer, silakan ikuti rambu atau gunakan Google Maps.

Harga tiket masuk wisata pantai

Berkunjung ke Pantai Sedari Karawang tentunya tidak gratis, ada harga yang harus anda bayar jika ingin masuk. Meski begitu, harga tiket masuknya tidak mahal, karena dipatok hanya 10.000 rupiah saja untuk pengunjung yang datang. Dikatakan sangat murah karena Anda dapat menikmati semua keunikan dan keindahan dengan harga tersebut.

Biaya tambahan hanya diperlukan jika Anda datang dengan kendaraan sendiri, baik sepeda motor atau mobil. Tentunya untuk biaya parkir keduanya memiliki harga yang berbeda. Jika Anda datang dengan sepeda motor, pajak yang berlaku adalah 5.000 rupee. Sementara jika membawa mobil, siapkan dana tambahan sebesar 10.000 rupiah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sedari

Aktivitas menarik di Pantai SedariKredit gambar: Google Maps Puji Lestari

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Sedari, bahkan semuanya terbilang menarik. Misalnya bermain pasir dan merasakan kelembutannya, menikmati keindahan alam, dll. Untuk lebih jelasnya, berikut telah kami rangkum kegiatannya!

1. Bersantai sambil menikmati pemandangan alam

Tidak begitu bagus dibandingkan dengan pantai pada umumnya, tapi setidaknya Anda memiliki pemandangan air laut, pasir dan hutan mangrove yang hijau. Wisatawan yang sedang tidak mood beraktivitas biasanya memilih bersantai sambil menikmati keindahan alam. Ditemani angin segar yang datang, bersantai di sini jadi lebih seru.

2. Naik perahu

Aktivitas menarik selanjutnya di Pantai Sedari adalah berperahu. Tempat wisata ini menawarkan banyak fasilitas pendukung, salah satunya adalah perahu. Jika ingin merasakan sensasi dihantam ombak, silahkan sewa perahu. Menariknya, rute yang akan Anda tempuh akan melewati hutan bakau yang hijau dan menyegarkan pandangan.

3. Berenang dan bermain air

Tidak bisa dipungkiri bahwa aktivitas yang paling menarik dan menyenangkan di pantai adalah berenang. Apalagi pantai Karawang yang eksotik ini termasuk yang memiliki karakteristik ombak yang tenang. Namun jika masih khawatir, sebaiknya bermain air di dekat pantai saja, karena dijamin lebih aman namun tetap menyenangkan.

4. Permainan pasir

Tidak hanya berenang dan bermain air, Pantai Sedari juga cocok untuk aktivitas bermain pasir. Teksturnya yang lembut menjadi salah satu kelebihannya, lebih mudah dibentuk dibandingkan pasir putih yang berbutir kasar. Pengunjung yang sering melakukan kegiatan ini tidak lain adalah anak-anak, ada juga orang dewasa yang menemani.

5. Wisata Kuliner

Rekomendasi aktivitas bagus lainnya saat mengunjungi pantai cantik ini adalah wisata kuliner. Tak jauh dari pantai, Anda akan menemukan banyak warung yang berjejer rapi. Sebagian besar warung yang dimaksud menawarkan menu seafood yang sangat pas karena letaknya yang berada di pinggir pantai. Selain itu, ikan yang digunakan masih segar, terutama diolah dengan cara dibakar.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai SedariKredit gambar: Google Maps Lusyana Tri Kusuma

Pantai Sedari dikelola dengan sangat baik oleh pihak terkait dan dibantu oleh warga setempat. Oleh karena itu, banyak fasilitas penunjang yang disediakan, kondisinya memadai. Misalnya tempat parkir yang luas, bahkan bisa parkir langsung di pinggir pantai. Fasilitas lainnya antara lain toilet, mushola, gazebo, warung dan persewaan pelampung.

Berkunjung ke tempat wisata bukan hanya sekedar kebutuhan untuk berlibur. Bagi sebagian orang, berwisata adalah suatu keharusan untuk menyegarkan pikiran agar terasa fresh kembali. Dalam hal ini, Pantai Sedari layak menjadi pilihan pertama jika Anda berada di Karawang, karena banyak sekali keindahan dan daya tariknya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button