Pantai Lampuuk Aceh Besar - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Lampuuk Aceh Besar – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Lampuuk adalah salah satu tempat wisata pantai terpopuler di Indonesia Aceh Besar menarik untuk dijelajahi keindahannya. Pantai pasir putih menjadi tujuan favorit para peselancar dan olahraga air lainnya.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 07.00-17.00, Alamat: Masjid Meunasah, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Dianggap sebagai kota Serambi Mekah, Aceh telah dipromosikan sebagai daerah otonomi khusus. Tak hanya berkat sejarah perjuangan Indonesia sebelum kemerdekaan, Aceh sebenarnya memiliki kawasan wisata alam yang menakjubkan. Sebelum tragedi tsunami Aceh tahun 2004 silam, melanda sebuah tempat wisata bernama Pantai Lampuuk.

Pantai ini terhubung langsung dengan Samudera Hindia. Tak heran jika ombak laut dan tampilan pantainya begitu menakjubkan. Selain itu, pemandangan alamnya masih sangat alami. Hal ini juga yang menjadi daya tarik dari pantai ini, bahkan banyak pengunjung yang datang dari luar daerah.

Berbagai pesona dan keunikannya mampu memukau siapa saja. Bisa dibilang pantai ini masih menjadi primadona hingga saat ini. Terletak di kabupaten Aceh Besar, Pantai Lampuuk menjadi destinasi wisata yang layak masuk dalam daftar destinasi.

Atraksi Pantai Lampuuk

Pantai LampukKredit Gambar: Sarjana Politik Google Maps

1. Pantai dengan pasir putih yang indah

Mengingat pantai Lampuuk di Aceh, ternyata pantai ini memiliki garis pantai yang sangat indah. Apalagi pantai ini juga dipenuhi pasir putih yang halus. Hal yang paling unik dari penampilan pantai ini adalah bentuk pantai yang melengkung seperti teluk. Apalagi pantai ini juga memanjang hingga 5 km.

Untuk ukuran pantainya, Aceh tak segan-segan memamerkan pemandangan alam yang begitu memukau. Warna laut yang menyerupai pirus juga menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi angin khas pantai yang membawa angin segar bagi setiap pengunjung.

Pantai indah ini masih alami. Pasalnya, kawasan tersebut belum banyak terkena dampak pembangunan. Sehingga suasana liburan dengan alam bisa terwujud dan lebih berkesan.

2. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun

Suasana alam dan asri yang dimiliki Pantai Lampuuk menawarkan keajaiban tersendiri. Di sinilah Anda bisa mengagumi pemandangan perbukitan yang mengelilingi garis pantai. Pegunungan yang terlihat biru dari jauh. Ditambah lagi, pepohonan yang rimbun dan rimbun membuat Anda merasa nyaman.

Gemeresik pepohonan tertiup angin memberinya harmoni tersendiri. Belum lagi deburan ombak dari pantai yang cukup kencang menghantam bibir pantai. Ini benar-benar paket yang bagus.

3. Konservasi Penyu

Tempat Wisata di Pantai LampuukKredit gambar: Google Maps Herman Drone

Kekayaan alam yang dimiliki Pantai Lampuuk memang menarik untuk dijelajahi. Khususnya dengan konservasi penyu yang telah diatur oleh pengelola kawasan pesisir. Jika Anda beruntung, Anda mungkin melihat tukik mendekati pantai untuk bertelur. Atau Anda bisa langsung mengunjungi tempat penangkaran penyu. Dimana tempat ini tidak jauh dari lokasi pantai.

Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan pengalaman melepaskan penyu di laut lepas, karena tukik di kawasan konservasi akan dipelihara hingga cukup umur. Setelah itu, tukik akan dilepas ke laut lepas dan akan beradaptasi dengan habitat aslinya.

4. Ombak yang luar biasa untuk peselancar

Pantai Lumpuuk adalah surganya para peselancar. Karena di situlah Anda dapat menemukan beberapa ombak pantai yang cukup keras. Apalagi saat musim kemarau tiba. Sekitar bulan Juni, Juli dan Agustus di sini akan menjadi tempat favorit para peselancar.

Dengan membawa papan selancar, pengunjung bisa menikmati deru ombak yang menerjang keras. Hancurkan semua peselancar yang ingin menguji adrenalin mereka.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Lampuuk

Harga Tiket Masuk Pantai LampuukKredit gambar: Google Maps Takwir Adam

Keindahan Pantai Lampuuk memang tidak bisa dipungkiri lagi. Banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini juga menjadi bukti pesonanya berhasil memikat hati semua penonton. Jika penasaran, Anda bisa langsung menuju Masjid Meunasah, Lhoknga, Aceh Besar, provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Di antara era pertumbuhan, pantai ini juga mengalami perubahan. Perubahannya adalah penggabungan beberapa destinasi wisata lain yang berada di kawasan yang sama dengan wisata tepi laut ini.

Untuk sampai ke tempat yang tepat, pengunjung harus menempuh beberapa rute. Jika Anda memulai dari kota Banda Aceh, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai di lokasi wisata. Untuk kendaraan sendiri, disarankan menggunakan kendaraan pribadi saja.

Pasalnya, jika menggunakan fasilitas umum seperti labi-labi. Butuh waktu lebih lama untuk sampai ke tempat wisata yang epik dan eksotis ini. Kira-kira waktu yang harus digunakan untuk perjalanan sekitar 40 menit.

Bagi wisatawan lokal, biasanya menempuh jalan babah satu dan babah dua. Dalam bahasa Aceh sendiri, Babah juga berarti jalan. Jalur atau babah tersebut di atas menunjuk setiap segmen wilayah pesisir.

Pantai Lampuuk, tempat indah dengan sejuta pesona di Aceh, memang menjadi destinasi liburan. Meski pengunjung diharuskan membayar tiket masuk, hal ini tidak menyurutkan minat mereka untuk berkunjung ke sini. Selain itu, biaya yang dikeluarkan tetap terjangkau.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 3000, Anda sudah bisa menikmati semua fitur alam yang ada. Manjakan diri Anda dengan berbagai aktivitas pantai yang menyenangkan dan mengasyikkan. Harga ini belum termasuk alat pantai lainnya. Jadi pastikan untuk membawa uang ekstra untuk memanfaatkan semua aktivitas hebat di pantai pasir putih ini.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Lampuuk

Aktivitas Seru di Pantai LampuukKredit gambar: Google Maps Sukron Samosir

1. Berenang

Sudah di Pantai Lampuuk tapi belum merasakan kesegaran airnya, sungguh tidak enak. Jangan buang waktu Anda, pastikan untuk snorkeling di perairan jernih pantai ini. Dikenal memiliki air yang begitu lembut dengan nuansa pirus, pantai ini memang indah. Apalagi dengan deretan pegunungan yang melengkapi panorama alam di sini.

Jika Anda tidak bisa berenang, Anda bisa menyewa pelampung. Meski begitu, Anda harus berhati-hati. Karena ombak di pantai ini cukup kencang. Pastikan untuk tetap berada di area yang aman untuk berenang.

2. Nikmati panorama matahari terbenam

Puas jalan-jalan di pantai, tak terasa senja hampir tiba. Saat itu, pengunjung berbondong-bondong ke pantai. Hentikan aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Digantikan dengan keindahan sunset yang begitu memukau.

Senja bersinar melalui pegunungan. Menciptakan bias yang begitu indah di permukaan air laut, inilah pesona Pantai Lampuuk yang tidak bisa dilewatkan oleh siapapun. Menandakan bahwa malam akan segera datang. Cahaya jingga menyinari langit Aceh Besar. Benar-benar lukisan Tuhan yang tiada tandingannya. Seolah memanjakan mata dalam sekejap.

3. Naik banana boat

Selain aktivitas mandiri seperti berenang dan berselancar, ternyata ada beberapa wahana menarik yang bisa kamu coba. Apalagi jika Anda tidak menaiki banana boat. Biasanya kendaraan ini hanya akan dikendarai oleh sekitar empat penumpang. Kemudian mereka akan ditarik menggunakan perahu mulai dari kecepatan rendah hingga kecepatan sedang.

Pengunjung juga akan dilengkapi dengan pelampung. Dengan mengendarai kendaraan ini, Anda bisa menikmati berkeliling laut sambil merasakan gemericik air yang membasahi tubuh.

Penginapan murah terdekat dengan Pantai Lampuuk

Hotel Hermes PalaceKredit gambar: Twitter Hotel Hermes Palace

1. Hotel Istana Hermes

Ingin berlama-lama di Aceh Besar? Anda bisa bermalam di salah satu penginapan terdekat dengan pantai di Lampuuk, yaitu hotel Hermes Palace. Hostel ini tidak jauh dari pantai, tepatnya sekitar 2,5 km.

Dengan fasilitas berupa area parkir gratis, sarapan pagi dan paket lengkap. Internet, hostel ini layak menjadi tempat menginap. Desain interiornya juga patut diacungi jempol.

2. Hotel Kyriad Muraya Aceh

Akomodasi terdekat berikutnya adalah Kyriad Muraya Hotel Aceh. Hostel ini berjarak 3,5 km dari pantai. Di sini, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada. Anda juga bisa memilih tipe kamar yang sesuai dengan kantong Anda.

3. Hotel Padé

Terletak 3,6 km dari lokasi wisata, The Pade Hotel termasuk dalam jajaran akomodasi yang paling dekat dengan kawasan wisata. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas properti dan berbagai fitur kamar. Dengan interior modern, Pade Hotel bisa menjadi tempat menginap yang menyenangkan.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Lampuuk, Aceh Besar

Fasilitas Pantai LampuukKredit gambar: Google Maps Ucik Ucik

Sebagai tempat wisata yang menjadi saksi bisu Tsunami Aceh tahun 2004, Pantai Lampuuk semakin berkembang. Karena tragedi masa lalu telah mencoreng pesona pantai yang indah ini. Bahkan kemudian, permukiman juga dirusak oleh dampak kuat air.

Meski begitu, pihak pengelola terus melakukan pembenahan dan pengembangan terkait daya tarik wisata. Jadi, kini pengunjung tinggal menikmati berbagai wahana tambahan yang ada. Bahkan untuk menunjang aktivitas pengunjung, di kawasan pantai ini tersedia restoran dan kafe. Ada juga tempat parkir, toilet dan mushola.

Nah, itulah ulasan menarik tentang pantai Lampuuk di Aceh Besar. Tempat di mana peselancar dapat menikmati hari melawan ombak. Meski sudah tumbang, pantai cantik ini tetap memiliki pesona yang luar biasa. Pastikan untuk datang ke sini pada liburan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button