Bupati Ipuk mendukung penuh pengembangan Taman Nasional Alas Purwo untuk pariwisata berkelanjutan - WisataHits
Jawa Timur

Bupati Ipuk mendukung penuh pengembangan Taman Nasional Alas Purwo untuk pariwisata berkelanjutan

Bupati Ipuk mendukung penuh pengembangan Taman Nasional Alas Purwo untuk pariwisata berkelanjutan

Liputan6.com, Banyuwangi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mendukung penuh Balai Taman Nasional (TN) Alas Purwo dalam mempromosikan pariwisata yang berdampak jangka panjang terhadap lingkungan, sosial budaya dan ekonomi baik masyarakat lokal maupun wisatawan.

Keindahan alam Banyuwangi merupakan salah satu kekuatan sektor pariwisata yang menopang perekonomian daerah. Ekowisata menjadi pedoman Banyuwangi untuk pengembangan sektor ini.

“Taman Nasional Alas Purwo memiliki potensi yang sangat besar yang dapat dikelola dengan lebih baik. Pemerintah kabupaten bersedia bekerja sama dan mendukung penuh Taman Nasional Alas Purwo dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan, keindahan dan wisata daerah yang berkelanjutan,” kata Ipuk, Senin (1/2/2023).

Sayangnya, Taman Nasional Purwo yang terletak di sisi selatan Banyuwangi merupakan tempat wisata ramah lingkungan yang mengutamakan konservasi. Taman nasional ini memiliki sedikitnya 700 spesies tumbuhan, bison, macan tutul, monyet ekor panjang, rusa, babi hutan, serta 250 burung dan reptil. Kawasan ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Mulai dari kawasan savana, pantai, gua purba, wisata budaya hingga hutan bakau.

Taman nasional yang menampung berbagai situs geologi, budaya, dan biologi ini telah dinyatakan sebagai Cagar Biosfer Dunia oleh UNESCO. Kawasan yang telah masuk dalam jajaran Geopark Ijen tersebut kini telah resmi diusulkan oleh Unesco Global Geopark Council untuk diratifikasi sebagai Unesco Global Geopark.

“Kami berharap pariwisata berkelanjutan ini akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat dan budaya setempat. Dan saya yakin ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi wisatawan di masa mendatang,” kata Ipuk.

Kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Alas Purwo dari tahun 2021 hingga 2022 mengalami peningkatan. Wisatawan domestik tercatat 99.456 orang (2021) menjadi 166.141 (2022).

Sedangkan untuk wisman, terjadi peningkatan wisman sebesar 600 persen dari tahun 2021 dibandingkan tahun 2022. Pada tahun (2021) wisman berkunjung ke Alas Purwo sebanyak 1.965 wisman sedangkan (2022) sebanyak 14.175 wisman.

Sayangnya, Taman Purwo Banyuwangi memiliki alam yang sangat indah, salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Padang Savanah Sadeng. Pengunjung dapat menikmati taman dengan habitat aslinya yang tersebar di sabana ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button