11 Rekomendasi Tempat Wisata Di Ambarawa Yang Hits & Terpopuler - WisataHits
wisatahits

11 Rekomendasi Tempat Wisata Di Ambarawa Yang Hits & Terpopuler

Ambarawa merupakan salah satu kecamatan di Semarang yang memiliki sejuta pesona. Ya, mungkin sebagian dari kita masih belum tahu pesona apa yang ditawarkan kecamatan ini. Namun, tahukah Anda? Berbagai tempat wisata di Ambarawa menawarkan pemandangan alam yang begitu mempesona dan menakjubkan, lo.

Tempat wisata yang ditawarkan kabupaten ini juga beragam. Dari air terjun hingga tempat foto kontemporer hingga situs budaya dan sejarah. Nah, buat kamu yang penasaran dengan tempat wisata Ambarawa, simak terus ulasannya di bawah ini!

1. Monumen Palagan Ambarawa

Tempat wisata ini dibangun untuk memperingati reuni Ambarawa Palagan dari tanggal 12-15 Desember 1945. Di sini Anda akan menemukan berbagai koleksi senjata, pakaian, kendaraan dan berbagai jenis benda lain yang digunakan dalam pertempuran.

Tak hanya itu, tempat wisata di Semarang ini juga memamerkan berbagai barang peninggalan Belanda dan Jepang. Anda bisa mengunjungi tempat ini di Jalan Mgr. Sugiyopranoto, Ambarawa, Semarang dengan tiket hanya Rp 5,000.00. Sedangkan jam bukanya sendiri setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

2. Gua Maria Ambarawa

Tempat wisata ini ada sejak tahun 1954 dengan patung Bunda Maria yang indah. Patung ini tingginya sekitar 42 meter dengan lukisan kehidupan Yesus di bagian bawah patung. Ada juga kapel dan beberapa pemberhentian di Jalan Salib yang sering digunakan untuk ziarah oleh umat Katolik.

Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan berbagai toko yang menjual suvenir dan barang-barang spiritual. Nah, tempat ini bisa kamu temukan di Jalan Pelajar TNI Angkatan Darat nomor 88, Panjang, Ambarawa, Semarang. Anda dapat mengunjunginya setiap hari dari pukul 08:00 hingga 21:00 tanpa membayar tiket masuk sepeser pun

3. Candi Gedong Songo

Seperti namanya, Candi Gedong Songo memiliki sembilan candi yang menawarkan pemandangan berbeda. Kompleks candi ini bisa Anda temukan di kaki Gunung Ungaran di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Mengingat lokasinya yang berada di ketinggian, tak heran jika udara di sini sangat segar.

Selain memiliki udara yang segar, pemandangan yang ditawarkan begitu indah dan mempesona. Pengunjung bisa menyewa kuda untuk berkeliling kompleks candi sambil menikmati pemandangan yang disuguhkan. Anda bisa mengunjungi wisata Ambarawa Ungaran mulai pukul 06:30 hingga 18:00 dengan membayar tiket seharga Rp10,000.00.

4. Danau Rawa Pening

Kawasan Danau Rawa Pening sebenarnya merupakan kawasan perkampungan rawa yang di tengahnya terdapat hamparan sawah menghijau yang menenangkan. Danau ini memiliki luas sekitar 2.670 hektar dengan air yang sangat jernih. Di sisi selatan danau Anda akan menemukan pemandangan indah Gunung Telomoyo dan Merbabu.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang diunggulkan. Pengunjung dapat mencoba wahana perahu karet, becak air, sepeda gunung dan juga bebek air. Anda bisa mengunjungi Dawa Rawa Pening setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 dengan tiket masuk Rp 2.500.

5. Bandungan

Apakah Anda merasa asing dengan nama Bandungan? Bandungan adalah sebutan untuk daerah pegunungan di kota Semarang. Bandungan menawarkan pemandangan yang indah dan mempesona dengan udara yang sejuk dan sejuk. Daerah ini juga cocok sebagai jalur pendakian bagi pemula.

Ada berbagai tempat wisata di Bandungan yang bisa Anda temukan. Ada riam 7 nimfa dengan 7 kolam yang terbentuk secara alami. Tiket masuk ke kawasan ini juga cukup murah. Anda hanya perlu membayar Rp10.000 untuk dapat menikmati semua pesona yang ada di kawasan ini.

5. Kawasan Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron merupakan salah satu hutan lindung yang ada di kabupaten Ambarawa. Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana. Misalnya olahraga, latihan pemberangkatan, latihan SAR, jungle tracking, pramuka atau penelitian. Tidak hanya itu, tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk melihat, yang cukup bagus.

Ada sekitar 97 spesies di kawasan wisata ini seperti Elang Ular Bido, Merak Hijau, Birah Kadalan, beberapa burung pemangsa migrasi dan Kembang Kadalan. Kawasan wisata Penggaron terletak di Susukan, Ungaran Timur, Semarang dengan jam buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00.

6. Bukit Cinta

Bukit Cinta terletak sangat dekat dengan Rawa Pening. Jadi kalau ke Rawa Pening jangan lupa mampir kesini ya? Saat Anda memasuki kawasan Bukit Cinta Ambarawa, Anda akan disuguhkan dengan patung kepala ular berukuran besar yang mencoba mengelilingi bukit tersebut.

Simbol kepala ini menunjukkan kisah Rawa Pusing itu sendiri. Nah, pemandangan yang ditawarkan Bukit Cinta begitu epic dikelilingi perbukitan hijau. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini silahkan datang mulai pukul 08.00 – 18.00 dengan membayar harga tiket sekitar Rp 6.000 sampai Rp 7.500.

8. Pemandian muncul

Pemandian air panas adalah salah satu pemandian alam yang bisa Anda temukan di Ambarawa. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan ritual Padusan yang berlangsung setahun sekali sebelum bulan puasa. Tidak hanya itu, pemandian ini juga digunakan sebagai tempat memancing dan juga sebagai tempat pembibitan ikan.

Pemandian alami ini memiliki sirkulasi air yang baik dan kualitas air yang baik. Sumber air mandi alami ini diambil dari dalam tanah. Selain memiliki air yang jernih dan bersih, lokasinya juga nyaman dengan berbagai fasilitas. Jika anda berminat silahkan datang ke Jl. Raya Muncul, Rowoboni, Ambarawa mulai pukul 05:00 – 17:00.

9. Puncak Lereng Kelir

Pemandangan alam yang disuguhkan oleh Puncak Lereng Kelir begitu mempesona dan memukau siapa saja yang melihatnya. Perjalanan menuju puncak memang terjal dan melelahkan. Namun, semua itu akan terbayar begitu Anda sampai di puncak dan menikmati keindahan alamnya.

Wisata Tebing Ambarawa ini juga memiliki pos pengamatan. Sudut pandang ini menawarkan pemandangan kota Semarang, Rawa Pening, Gunung Merbabu dan Telomoyo yang luar biasa. Tiket masuknya sendiri cukup murah, hanya Rp5.000 (weekdays) dan Rp7.000.00 (weekend).

10. Bersihkan eling

Jika Anda mencari restoran dengan konsep wisata keluarga, Anda bisa mengunjungi Eling Bening. Pemandangan yang disajikan oleh tempat ini sangat mempesona dengan pemandangan utamanya adalah Rawa Pening. Tidak hanya itu, kawasan ini juga dikelilingi oleh Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Andong yang membuat tempat ini semakin indah.

Di sana Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas selain makan. Misalnya trekking, outbond, hunting foto, dll. Eling Bening terletak di Jalan Kartini Tambakboyo, Mustika, Semarang. Anda bisa mengunjungi kawasan ini mulai pukul 08:00 hingga 18:30 dengan harga tiket Rp 18.000,00.

Baca Selengkapnya >> Eling Bening

11. Desa Kopi Banaran

Nah, bagi Anda yang suka menikmati pahitnya kopi wajib mengunjungi tempat ini. Kampung Kopi Banaran memiliki hamparan perkebunan kopi yang luas dengan berbagai jenis kopi. Tak hanya itu, tempat ini juga dikelilingi oleh beberapa gugusan gunung yang menawarkan pemandangan luar biasa.

Anda bisa menikmati keindahan tempat ini dengan menggunakan kereta wisata yang telah disediakan disana. Tempat ini juga bisa dijadikan tempat berkumpulnya Ambarawa sambil menikmati secangkir kopi murni tanpa campuran apapun. Banaran Coffee Village terletak di Jl. Raya Bawen Solo, Bawen.

Dengan demikian, Ambarawa merupakan salah satu kecamatan di Semarang yang memiliki sejuta pesona. Ada berbagai tempat wisata menarik yang bisa kamu temukan di Ambarawa. Dari air terjun hingga tempat foto kontemporer hingga situs budaya dan sejarah. Tempat-tempat ini juga memiliki pesona alam yang indah dan menakjubkan.

Baca Juga: TOP 75 Tempat Wisata di Semarang

Itu tadi sedikit informasi tentang tempat wisata di Ambarawa. Jika masih kurang puas, Anda bisa mengunjungi tempat wisata lainnya. Misalnya Benteng Willem I, Museum Kereta Api Ambarawa, Wisata Langen Tirta dan masih banyak lagi. Selamat tinggal dan selamat bekerja.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button