Pantai Lamaru Balikpapan, Pantai Indah Menawan & Pohon Cemara Indah - WisataHits
wisatahits

Pantai Lamaru Balikpapan, Pantai Indah Menawan & Pohon Cemara Indah

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 07.00-18.00 WITA, Alamat: Jl. Mulawarman, Desa Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Lamaru merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang terletak di bagian timur pulau Kalimantan. Menampilkan pesona laut dari pesisir Selat Makassar, pantai ini sudah lama menjadi tujuan favorit para pelancong luar kota dan Balikpapan untuk bersantai sambil menikmati semilir angin laut.

Pantai ini sangat terkenal dengan deretan pepohonannya terutama pohon pinus. Pengunjung objek wisata juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang bisa dibilang jauh lebih memadai dibandingkan dengan tempat wisata bahari pada umumnya.

Selain menyediakan sejumlah fasilitas yang memadai, Pantai Lamaru juga sering dikunjungi wisatawan karena letaknya yang strategis. Daya tarik dan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung menjadikan pantai di ujung timur pulau Kalimantan ini wajib dikunjungi.

Atraksi Pantai Lamaru

Atraksi Pantai LamaruKredit gambar: Google Maps Rendy Setiawan

Bagi penduduk asli Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur, wisata pantai merupakan hal yang sangat langka. Bahkan jumlah pantai di pulau Kalimantan bisa dihitung dengan jari, dan salah satu yang paling terkenal di Kalimantan Timur adalah Pantai Lamaru. Daya tarik pantai ini sangat terkenal di mata wisatawan lokal.

1. Pantai yang cukup landai

Salah satu keunggulan Lamaru dibandingkan pantai lain di Balikpapan adalah bentuk pantainya yang cukup landai. Itu sebabnya air laut di pantai ini cukup dangkal, dan pasir putihnya selalu bersih.

2. Jangkauan luas

Kemiringan pantainya lengkap dengan tepian pantai yang cukup luas dan cukup memadai bagi wisatawan untuk menikmati berbagai aktivitas, seperti bermain pasir, voli pantai, bola dan masih banyak lagi.

3. Gelombang Tenang

Objek wisata Pantai LamaruKredit Gambar: Google Maps Tic Tac

Obyek wisata bahari ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Kondisi ombak yang cukup bersahabat membuat para orang tua merasa aman untuk mengajak anaknya bermain air di pesisir timur pulau Kalimantan.

4. Deretan pohon cemara

Hal unik selanjutnya dari Pantai Lamaru adalah deretan pohon pinus di pinggir pantai. Pepohonan memberikan kesejukan dan keteduhan alami di bawah hangatnya suasana pantai. Tentu sangat menarik bagi pengunjung yang cenderung tidak menyukai sinar matahari, apalagi saat berada di pantai.

5. Pemandangan Matahari Terbenam

Hampir setiap pantai memiliki daya tarik yaitu sunset, begitu juga dengan pantai Balikpapan yang indah ini. Namun, yang unik dari pemandangan sunset di pantai ini adalah sisa-sisa sinar matahari yang terlihat di sela-sela dahan pohon pinus.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai LamaruKredit gambar: Google Maps Padma sekar annisa

Objek wisata pantai yang terletak di Jalan Mulawarman, Desa Teritip, Lamaru, Balikpapan Timur ini menyimpan sejuta pesona yang bisa memukau siapa saja. Bagi Anda yang berkunjung ke Balikpapan, pantai Lamaru yang satu ini wajib Anda kunjungi.

Untuk dapat mengunjungi pantai di pesisir Kota Balikpapan ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 24 km dari pusat Kota Balikpapan dan memakan waktu sekitar 30 menit.

Mengingat wilayahnya yang sangat luas, maka jika Anda tinggal di Kalimantan Timur dan berencana untuk mengunjungi pantai ini, Anda membutuhkan perjuangan yang cukup berat. Hal ini tentunya menjadi salah satu alasan mengapa sedikit orang yang mengetahui tentang pantai ini.

Lokasi pantai ini sebenarnya cukup strategis, hanya saja akses menuju tempat wisata ini tidak semudah pantai lainnya. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengunjunginya. Jika Anda berangkat dari pusat kota Balikpapan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju Jalan Sudirman, Jalan Iswahyudi atau Ring Road.

Kemudian ikuti jalan menuju Senipah atau Semoja sampai tiba di area bandara Sepinggan. Dari bandara, lurus saja melewati area angkatan udara, lalu belok kanan hingga menemukan gerbang selamat datang di kawasan wisata Pantai Lamaru. Jarak dari Bandara Sepinggan ke pantai kurang lebih 15 km.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga tiket masuk wisata pantaiKredit gambar: Google Maps Andini Maheswari

Tiket masuk ke Pantai Lamaru cukup mahal karena tidak dikelola oleh pemerintah setempat melainkan oleh pihak swasta. Biaya tiket per orang, dewasa dan anak-anak sekitar Rp 20.000,-.

Meski mahal dibandingkan pantai lain di Balikpapan, pantai ini tetap menarik untuk dikunjungi. Apalagi harga tiket masuknya sesuai dengan pemandangan pantai dan juga fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung. Pantai ini juga dibuka untuk umum setiap hari, mulai pukul tujuh pagi hingga pukul enam sore.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Lamaru

Aktivitas di Pantai LamaruKredit Gambar: Google Maps muhammad mudzakir

1. Bermain air dan pasir

Pantai Lamaru memiliki pasir putih dengan kondisi yang cukup landai. Inilah mengapa air laut tidak terlalu dalam, sehingga ombak yang dihasilkan juga sangat tenang. Kondisi ini sangat cocok bagi pengunjung untuk bermain air atau pasir tanpa takut tersapu ombak.

2. Bersantai di bawah pohon

Saat memasuki area pantai, pengunjung akan langsung disambut oleh deretan pohon pinus yang rimbun. Pepohonan menghadirkan suasana damai dan rindang. Sehingga dapat dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai tempat yang cocok untuk bersantai tanpa harus menyewa payung.

3. Cobalah wahana perahu pisang

Bosan bermain air? Permainan air ini pasti bisa menjadi pilihan yang bagus. Cocok untuk wisatawan yang berlibur di Pantai Lamaru bersama keluarga, rekan kerja dan teman. Keseruan bermain wahana air yang satu ini akan menjadi salah satu pengalaman liburan pantai yang tak terlupakan.

4. Cobalah wahana rubah terbang

Aktivitas menarik di Pantai LamaruKredit gambar: Google Maps Muhammad Rasyid Ridha

Aktivitas seru lainnya di kawasan wisata bahari ini adalah rubah terbang. Wahana ini sudah pasti wajib bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai yang tinggi sambil menguji adrenalinnya. Tenang, keamanan wisatawan sangat terjaga.

5. Ikuti tur pantai dengan Andong

Pengelola pantai pesisir Kalimantan Timur ini juga menawarkan sarana transportasi bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai dengan cara yang unik. Kegiatan ini pasti sangat menyenangkan, apalagi bagi wisatawan yang belum pernah naik kereta kuda.

6. Coba kereta golf

Ada banyak aktivitas yang patut dicoba di area pantai. Salah satu yang paling menarik adalah berkeliling pantai dengan menyewa mobil golf. Fasilitas kereta golf seperti ini tidak selalu ditemukan di tempat-tempat wisata tepi laut yang terkenal. Jadi, bagi Anda yang ingin merasakan bagaimana rasanya bermain golf, pantai ini wajib masuk dalam daftar destinasi liburan Anda.

Penginapan murah dekat pantai

Penginapan murah dekat pantaiKredit gambar: Google Maps EMWEKA Guest House HomeStay/Kost-Hotel/Pengin

1. Wisma Syariah

Salah satu akomodasi yang cukup dekat dengan pantai adalah Syariah Guest House. Hostel ini terletak di kawasan Sepinggan, sekitar 30 menit dari pantai Lamaru. Tarif per malamnya cukup terjangkau dengan fasilitas yang memadai, seperti parkir, AC, WiFi, TV dan juga kamar yang terawat.

2. EMWEKA Guesthouse

Penginapan berikut ini juga masih berada di kawasan Sepinggan. Jadi bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai ini dan membutuhkan tempat menginap, mungkin hostel ini bisa menjadi salah satu pilihan anda. Harga per malamnya sangat terjangkau dengan suasana kamar yang cukup bersahabat terutama untuk keluarga.

3. Kompleks Pantai Mentari

Lokasi penginapan ini berada di kawasan Manggar. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke pantai yang menawan ini. Pelayanan yang ditawarkan oleh hostel ini tidak kalah memadai dengan yang ditawarkan oleh hotel berbintang, namun tentunya dengan harga yang cukup bersaing.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai LamaruKredit gambar: Google Maps Andini Maheswari

Pantai Lamaru merupakan kawasan wisata yang menawarkan fasilitas umum yang memadai termasuk fasilitas bermain air seperti rubah terbang, perahu pisang, mobil klub golf, dan andong. Untuk menikmati fasilitas ini, pengunjung harus merogoh kocek sekitar Rs 10.000 hingga Rs 75.000.

Bagi pengunjung yang tidak memiliki tempat untuk bersantai, pengelola menyewakan tikar dengan biaya 10.000 rupiah. Harga sewanya cukup murah mengingat pengunjung bisa menyewanya sepanjang hari. Perlengkapan lain seperti jaket pelampung dan ban juga dikenakan biaya sewa yang sama, yakni hanya sekitar Rp 10.000.

Kawasan objek wisata ini juga sangat terkenal dengan kebersihan dan fasilitasnya yang lengkap. Manajemen telah merencanakan tempat parkir yang luas, tempat ibadah, klinik, toilet, gazebo bahkan kamera pengintai. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Balikpapan di warung makan yang ada di pantai ini.

Itulah beberapa hal menarik tentang pesona Pantai Lamaru di Balikpapan. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, jangan lupa untuk mengabadikan keseruan saat berlibur bersama keluarga atau teman di pantai berpagar cemara ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button