Pantai Lamaru, pantai indah nan indah di Balikpapan - WisataHits
wisatahits

Pantai Lamaru, pantai indah nan indah di Balikpapan

Pantai Lamaru, pantai siapa tetap indah di Balikpapan dengan keindahan pohon cemara. Pantai keluarga yang indah ini memiliki fasilitas pendukung yang lengkap.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 07.00-18.00 WITA, Alamat: Jl.Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Lamaru merupakan salah satu alternatif wisata di Balikpapan. Menghadirkan pemandangan Selat Makassar yang indah. Pantai ini menjadi tujuan favorit bagi warga sekitar Balikpapan yang ingin bersantai di alam bebas.

Tempat wisata ini sangat terkenal dengan deretan pohon cemara di sepanjang pantai. Wisatawan juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang lebih lengkap dari objek wisata pantai pada umumnya.

Pantai yang menawarkan berbagai fasilitas wisata ini banyak dikunjungi karena lokasinya juga mudah dijangkau. Daya tarik dan fasilitas pantai yang lengkap menjadikan kawasan wisata ini sangat direkomendasikan untuk liburan.

Atraksi Pantai Lamaru

Atraksi Pantai LamaruKredit gambar: Twitter nazroel

Kawasan pesisir Balikpapan ini memiliki pantai-pantai indah yang menghadap ke laut atau Selat Makassar. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga menarik untuk dijadikan tujuan liburan keluarga. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai dan bermain di dekat laut dengan aman.

Salah satu daya tarik dari objek wisata ini adalah keberadaan pohon pinus yang rindang di sepanjang pantai. Pepohonan menciptakan suasana sejuk di sekitar pantai. Hal ini tentu menarik, terutama bagi wisatawan yang tidak menyukai panasnya pantai.

Pemandangan laut dengan ombak yang tenang bisa dinikmati wisatawan sambil berteduh di bawah pohon pinus. Pemandangan akan semakin indah di penghujung sore hari. Pesona sunset menjadi daya tarik lain dari objek wisata Pantai Lamaru.

Selain pemandangan dan suasana pantai, banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat wisata ini karena fasilitasnya yang sangat lengkap. Berbeda dari kebanyakan pantai yang menawarkan fasilitas standar untuk aktivitas pantai atau tepi laut, pantai yang indah ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap untuk aktivitas wisata yang seru dan menyenangkan.

Pantai Lamaru merupakan salah satu kawasan yang dikelola swasta. Tata letak ruang ini sangat menyenangkan dan rapi. Fasilitasnya sangat lengkap sehingga pengunjung bisa merasa lebih aman dan nyaman saat berkunjung ke pantai ini. Pengunjung pantai biasanya meningkat pada akhir pekan atau saat musim liburan tiba.

Banyak wisatawan dari pantai bahkan dari luar kota datang berlibur ke pantai Balikpapan. Lokasinya yang mudah dijangkau membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Banyak tanda dan informasi memudahkan wisatawan untuk menemukan pantai ini.

Hal menarik lainnya yang dapat ditemukan di kawasan pantai ini adalah Anda dapat menemukan benteng Jepang dari zaman kolonial. Pantai Lamaru bisa menjadi destinasi wisata alam sekaligus sejarah yang menarik di suatu daerah.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Lamaru

Alamat Pantai LamaruKredit gambar: Google Maps Umar Rohim

Lokasi pantai indah ini berjarak sekitar 10 km dari Bandara Sepingan. Sedangkan bagi Anda yang berada di pusat kota Balikpapan, Kalimantan Timur, jarak ke pantai sekitar 20 km. Perjalanan menuju pantai ini tidak sulit karena semua jalan yang ditempuh untuk menuju pantai ini sudah beraspal.

Perjalanan menuju pantai juga dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Gerbang selamat datang akan menjemput Anda di pintu masuk kawasan wisata Pantai Lamaru.

Harga tiket masuk pantai

Tiket Pantai LamaruKredit gambar: Twitter Tony

Wisatawan yang ingin menikmati Pantai Lamaru dan berbagai fasilitasnya harus membayar tiket masuk di loket atau di gerbang masuk. Setiap pengunjung dikenakan tiket masuk dengan harga Rp 10.000 per orang.

Selain membayar tiket masuk, wisatawan yang membawa kendaraan juga harus membayar biaya parkir. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 5.000 dan Rp 15.000 untuk kendaraan roda empat.

Aktivitas menarik yang dilakukan di Pantai Lamaru

Aktivitas di Pantai LamaruKredit Gambar: Google Maps muhammad mudzakir

1. Bermain di tepi laut

Pantai ini menjadi salah satu pilihan untuk liburan keluarga. Wisatawan termasuk anak-anak bisa bermain di tepi laut yang ombaknya tidak terlalu besar dengan hamparan pasir pantai yang cukup luas sangat mendukung aktivitas wisata di kawasan pantai. Anak-anak bisa diminta untuk mencari hewan khas pantai seperti kerang.

2. Bersantai di bawah pohon

Pohon yang sengaja ditanam di sepanjang pantai dapat berfungsi sebagai tempat berteduh. Wisatawan tidak perlu menyewa payung karena pohon pinus di pantai ini cukup rindang. Anda bisa bersantai sambil makan atau sekedar menikmati pemandangan laut di depan Anda.

3. Berenang

Kawasan pantai ini aman untuk kegiatan wisata seperti berenang. Ombaknya cukup tenang dan bahkan tidak mencapai pantai. Jika ingin lebih nyaman dan aman, wisatawan bisa menyewa pelampung untuk berenang di laut sekitar Pantai Lamaru.

4. Coba wahana banana boat

Fasilitas bermain air ini bisa digunakan untuk mengusir kebosanan. Cocok untuk anda yang berlibur di pantai yang ramai ini bersama teman atau rekan kerja. Keseruan bermain banana boat akan menjadi pengalaman yang menyenangkan selama Anda berlibur di pantai favorit Balikpapan.

5. Ikuti tur dengan Andong

Pengelola objek wisata ini juga menyediakan kereta kuda bagi wisatawan yang ingin beraktivitas di pantai. Kegiatan ini sangat menyenangkan terutama untuk anak-anak. Kereta kuda bisa menjadi alternatif untuk beraktivitas di pantai tanpa lelah berjalan.

6. Coba Flying Fox

Aktivitas yang cukup seru di kawasan wisata ini adalah mencoba wahana flying fox. Wisatawan akan diikat dengan sabuk pengaman dan tali untuk kemudian meluncur ke bawah sambil menikmati pemandangan pantai. Sensasi terbang ditemani getaran pantai yang indah pasti akan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan.

7. Mengendarai kereta golf

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dicoba di Pantai Lamaru. Salah satunya menyewa mobil golf untuk berkeliling kawasan wisata ini. Kegiatan ini jarang terjadi di kawasan wisata pantai pada umumnya. Bagi Anda yang belum pernah naik kereta golf, Anda bisa mencobanya di sini.

8. Lihat kastil Jepang

Jika Anda berjalan di sepanjang pantai, Anda akan menemukan sebuah benteng tua yang dikenal sebagai Benteng Jepang. Sebuah bangunan yang menjadi saksi sejarah keberadaan pasukan Jepang di Kalimantan.

9. Perburuan Matahari Terbenam

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berlibur di Pantai Lamaru adalah berburu sunset. Cocok untuk anak muda atau pasangan yang ingin menikmati suasana hangat dan romantis. Jika tujuan Anda adalah mengejar matahari terbenam, Anda harus datang sekitar jam 3 atau 4 sore.

10. Bermain layang-layang

Wisatawan bisa mencoba berbagai aktivitas seru di sekitar pantai. Salah satunya adalah layang-layang. Menerbangkan layang-layang di pantai pasti menyenangkan karena angin di area pantai cukup kencang. Wisatawan dapat dengan mudah menerbangkan layang-layang kecil di kawasan pantai ini.

Akomodasi di sekitar Pantai Lamaru Pantai

Akomodasi di sekitar Pantai LamaruKredit gambar: Google Maps Grand Tjokro Balikpapan

Akomodasi bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar pantai ini dapat ditemukan di kota Balikpapan. Memang hotel atau penginapan di kawasan pantai ini belum tersedia. Akomodasi di pusat kota adalah yang terdekat dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.

Hotel di Balikpapan yang dekat dengan Pantai Lamaru antara lain Grand TJokro Hotel, Hotel Santika, Sepinggan Hotel, Fave Hotel dan masih banyak lagi. Harga menginap per malam bervariasi. Namun, sebagian besar hotel di kota ini cukup terjangkau dengan banyak biaya kurang dari satu juta per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Lamaru

Fasilitas Pantai LamaruKredit gambar: Google Maps dyan kurniawan

Saat berlibur di Pantai Lamaru, Anda akan menemukan banyak fasilitas yang disediakan di kawasan ini. Fasilitas wisata yang dapat ditemukan di pantai ini antara lain kuda atau kereta kuda, kelelawar buah, mobil golf club dan banana boat. Semua fasilitas tersebut diberikan dengan biaya mulai dari Rp 10.000,- hingga yang paling mahal Rp 75.000,-.

Bagi wisatawan yang ingin bersantai di pantai berpasir namun tidak membawa tikar, bisa menyewanya di pantai ini. Fasilitas sewa karpet ini cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 10.000,- yang bisa digunakan seharian. Fasilitas lain seperti sewa ban atau pelampung juga dikenakan biaya sekitar Rp 10.000.

Kawasan wisata tepi laut yang terkenal ini sangat bersih dan juga memiliki fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Ada gedung klinik, tempat ibadah, pengawasan atau kamera CCTV. Pengunjung juga bisa berwisata ke Pantai Lamaru dengan aman. Fasilitas umum wisata pantai yaitu toilet dan gazebo juga tersedia.

Jika Anda sedang berkunjung dan tidak punya waktu untuk membawa makanan, jangan khawatir. Anda dapat menemukan beberapa warung makan di pantai yang menawarkan makanan dan minuman. Wisatawan bisa menikmati suasana pantai sambil menyantap berbagai kuliner yang nikmat seperti soto, nasi campur, gado-gado, dll.

Pantai yang indah ini juga menawarkan fasilitas penunjang lainnya seperti open office, ruang pertemuan, toko suvenir. Sebelum pulang, Anda bisa berbelanja di toko-toko suvenir yang berjejer di tepi pantai.

Demikian informasi penting dan menarik tentang objek wisata Pantai Lamaru. Ingatlah juga untuk membawa kamera saat mengunjungi kawasan wisata ini. Abadikan keindahan pemandangan pantai beserta aktivitas liburan anda untuk pengalaman yang tak terlupakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button