Ribuan Onthelis akan meramaikan wisata bangunan bersejarah di kota Bahari - WisataHits
Jawa Tengah

Ribuan Onthelis akan meramaikan wisata bangunan bersejarah di kota Bahari

TEGAL, Suaramerdeka-pantura.com – Sebanyak 5.000 penggemar sepeda Ontel atau Onthelis akan memeriahkan Gathering Jakwir Onthelis Nusantara (Tejon) yang digelar Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kota Tegal pada 26-27 November 2022.

Ketua Kota Tegal Kosti Sutari mengatakan kegiatan ini merupakan ajang berkumpulnya onthelis nusantara memperingati Hari Pahlawan 2022. Nantinya, para onthelis akan mengikuti kegiatan wisata di bangunan bersejarah di Kota Bahari.

Menurut Sutari, tur bangunan bersejarah itu dimulai dari Menara Waterleiding yang saat ini dikenal dengan Menara PDAM.

Bangunan yang menelusuri momen perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ini menjadi saksi para pemuda kota Bahari melawan penjajah dan mengibarkan bendera merah putih di atas menara.

Baca Juga: Kantin Kejujuran Bantu Siswa Dengan Pendidikan Karakter

“Sebagai poin selanjutnya, para onthelis akan kami undang ke Gedung Pringgitan dan Pendopo Ki Gede Sebayu di kompleks Balai Kota Tegal,” ujarnya.

Tidak berhenti sampai di situ, perjalanan selanjutnya, onthelis akan diajak ke gedung-gedung bersejarah Gedung Lanal, Kantor Pos dan Gedung DPRD Kota Tegal yang digunakan sebagai Kantor Kependudukan pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

Sebagai highlight wisata bangunan bersejarah, Kosti Kota Tegal memilih Gedung Birao Semarang Cheribon Stroomtam (SCS) atau Gedung Lawang Satus yang menjadi saksi sejarah transportasi kereta api di Pulau Jawa.

“Faktanya, di luar titik-titik tersebut, masih banyak lagi bangunan bersejarah. Misalnya Langgar Dhuwur atau musholla tertua di Kota Tegal dan Kelenteng Tek Hay Kiong yang menjadi salah satu saksi sejarah masyarakat Tionghoa di Kota Bahari, namun untuk mengefisienkan waktu kami kemas lebih singkat,” jelas Sutari.

Baca Juga: Investor Mencermati, Tapi Investasi di Kota Pekalongan Terganjal Regulasi

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button