Batik Air luncurkan rute Yogyakarta-Singapura dan Yogyakarta Kuala Lumpur, jaring potensial wisman - WisataHits
wisatahits

Batik Air luncurkan rute Yogyakarta-Singapura dan Yogyakarta Kuala Lumpur, jaring potensial wisman

Batik Air luncurkan rute Yogyakarta-Singapura dan Yogyakarta Kuala Lumpur, jaring potensial wisman

Piknikdong.com – Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan rute Batik Air Yogyakarta-Singapura dan Yogyakarta-Kuala Lumpur berpotensi menarik lebih banyak wisman dari dua negara target pasar yakni Singapura dan Malaysia untuk berkunjung ke Yogyakarta dan sekitarnya.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya, Rabu (1/2/2023), menyampaikan apresiasi yang besar atas terselenggaranya penerbangan perdana Batik Air rute udara Yogyakarta-Singapura dengan tujuan membangkitkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja.

Bandara YIA YogyakartaBandara YIA Yogyakarta. foto: piknik

Ia mengatakan, pencurian yang terjadi pada 30 Januari 2023 itu merupakan salah satu upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama pihak terkait untuk mempromosikan potensi wisata Yogyakarta sebagai salah satu destinasi pilihan di Indonesia. .

“Semoga Yogyakarta semakin dikenal oleh wisatawan mancanegara, khususnya yang berasal dari Singapura dan Malaysia,”

kata Sandiaga.

Penyambutan penerbangan perdana di Bandara Internasional Yogyakarta itu dihadiri oleh Plt Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Made Ayu Marthini. Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana; General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Marsma Agus Pandu; plt. Direktur Batik Air Kapten Zwingly Silalahi, bersama dengan perwakilan dari pemerintah daerah dan asosiasi hotel dan biro perjalanan.

“Semua pihak sangat antusias dengan dibukanya rute penerbangan internasional langsung ini dan telah menyatakan dukungannya terhadap pencapaian target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI tahun 2023 yaitu menarik 7,4 juta wisatawan mancanegara dan mencapai 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara,”

kata Sandiaga.

Penerimaan penerbangan berlangsung dengan aquatik salute kepada pesawat Batik Air Perdana rute Singapura-Yogyakarta, dilanjutkan dengan pengalungan karangan bunga untuk penumpang dan awak kabin, serta tarian tanda kepala Kulonprogo.

Menparekraf Sandiaga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada manajemen Batik Air yang terus mendorong pembukaan rute baru penerbangan langsung internasional dan pembukaan kembali rute penerbangan yang sudah ada sebelum pandemi.

“Kami juga menyambut baik upaya Batik Air untuk merekrut pramugari pria di wilayah Kulonprogo selama satu bulan ke depan, tentunya hal ini dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat secara lebih luas,”

dia berkata.

Rute Penerbangan ke YIA

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) saat ini memiliki kapasitas 17 parking stand yang dapat menampung 5 pesawat berbadan lebar dan 12 pesawat berbadan sempit; atau 22 posisi parkir jika semua pesawat yang diparkir tipe narrow body dilengkapi dengan 10 garbarata dan terminal kargo dengan kapasitas 500 ton/hari.

Dengan kemampuan tersebut, saat ini baru ada 6 rute penerbangan ke YIA, yaitu:

1. AirAsia INA: Singapura (SIN)-YIA (4 penerbangan/minggu)

2.Airasia Malaysia: Kuala Lumpur (KUL)-YIA (Harian)

3. Scoot: SIN-YIA (2 penerbangan/minggu)

4. Malaysia Air KUL-YIA (2 penerbangan/minggu)

5. Batik Air SIN-YIA (4 penerbangan/minggu)

6. Batik Air KUL-YIA (3 penerbangan/minggu).

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button