Pantai Lagundri, tempat terbaik bagi pecinta surfing di Nias Selatan - WisataHits
wisatahits

Pantai Lagundri, tempat terbaik bagi pecinta surfing di Nias Selatan

Pantai Lagundri, tempat terbaik bagi pecinta surfing di Nias Selatan

Pantai Lagundri terkenal sebagai tujuan para peselancar lokal dan internasional karena ombaknya yang besar hampir menyerupai Hawaii.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lagundri, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai dengan air biru jernih mungkin sudah ditemukan di mana-mana. Namun, yang airnya berwarna pelangi tentu saja masih sangat langka. Hal ini dapat ditemukan dengan mengunjungi pantai Lagundri di selatan Nias. Warna pelangi terlihat karena pantulan sinar matahari pada air laut.

Warna air di Pantai Lagundri bisa berubah tergantung waktu kunjungan. Jika wisatawan datang pada sore hari, maka akan disuguhkan pemandangan air yang berwarna jingga akibat pantulan matahari terbenam. Fenomena alam ini juga menjadi salah satu yang paling dinantikan di pantai ini karena menciptakan suasana romantis.

Maka tidak heran jika pantai Lagundri banyak dikunjungi oleh anak muda. Selain itu, pantai ini juga dikenal memiliki ombak besar yang menjadi incaran para peselancar. Hamparan pasir putih yang luas berpadu dengan segarnya udara mampu menciptakan suasana damai sekaligus menyenangkan.

Daya Tarik Pantai Lagundri

Atraksi Pantai LagundriFoto oleh LG di Google Maps

Pantai Lagundri diapit oleh Pantai Sorake dan teluk dengan panjang sekitar 500 meter. Berdasarkan cerita, teluk laut berbentuk seperti kaki kuda ini pertama kali ditemukan pada tahun 1975 oleh dua orang peselancar Australia. Konon, mereka awalnya ingin menyembunyikan informasi tentang Lagundri namun akhirnya terungkap pada tahun 1979.

✦ Gelombang mirip dengan Hawaii

Bukan rahasia lagi bahwa Hawaii adalah tempat selancar terbaik di dunia. Nah, Pantai Lagundri konon memiliki tinggi ombak yang hampir sama dengan ini, yakni 6 sampai 8 kaki atau sekitar 15 meter. Oleh karena itu, akan ada banyak adrenalin bagi para peselancar untuk menaklukkannya.

Memang, kecepatan hempasan ombak di Laguna Beach bisa mencapai 210 meter. Arus dapat meningkat pada saat air pasang atau sekitar bulan Juni dan Juli. Pantai ini sudah dipilih menjadi tuan rumah Nias Pro International Surfing. Meski begitu, Pantai Laguna juga bisa diperuntukkan bagi para peselancar pemula.

✦ Air berubah warna

Air di Pantai Lagundri bisa berubah warna tergantung cahaya yang dipantulkan dari matahari. Pada pagi hari, air akan kembali ke warna semula yaitu biru muda. Jika matahari bersinar terang, cahaya yang dipantulkan dapat menghasilkan warna pelangi. Sedangkan untuk sore hari (sunset), air laut akan berwarna jingga.

✦ Matahari terbenam yang romantis

Suasana sunset di Laguna Beach mampu menghadirkan pemandangan yang indah dan romantis. Perubahan warna langit menjadi jingga keemasan juga terlihat pada air laut Suasana sunset membuat wisatawan menunggu hingga sore hari untuk menyaksikan fenomena alam ini.

✦ Hamparan pasir putih

Pantai indah di selatan Nias ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Kebersihan pantai yang terjaga membuat wisatawan bebas beraktivitas di atas pasir. Mulai dari berjemur, bermain voli pantai, bersantai, menikmati makanan dan minuman serta berbagai aktivitas menarik lainnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai LagundriFoto oleh LG di Google Maps

Pantai Lagundri terletak di Desa Botohilitano, Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Selatan. Posisi pantai ini berada persis di sebelah Pantai Sorake. Daerahnya cukup terpencil, sehingga wisatawan harus menempuh jarak yang cukup jauh, sekitar 12 km dari selatan ibu kota Nias, untuk sampai ke Pantai Laguna.

Untuk mengakses pantainya yang indah, wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa persewaan. Jika berangkat dari Desa Nanowa, pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 19,2 km dengan waktu tempuh sekitar 39 menit. Gunakan petunjuk arah Google Maps agar tidak tersesat di tengah perjalanan.

Harga tiket masuk dan jam buka

Wisatawan yang ingin masuk ke pantai Lagundri harus membayar tiket sebesar Rp 10.000. Biaya tersebut tergolong sangat terjangkau dibandingkan dengan keindahan pantainya. Namun, jika wisatawan ingin mencoba selancar, pihak pengelola pantai juga menawarkan agen wisata dan persewaan peralatan.

Setiap orang yang ingin berselancar akan dikenakan biaya Rp 150.000. Pantai Lagundri memiliki jam buka yaitu mulai pukul 07:30 WIB hingga 18:00 WIB. Dengan demikian, wisatawan bisa berkunjung pagi-pagi sekali dan menikmati liburan hingga sore hari. Setelah itu, pantai akan ditutup dan dibuka kembali keesokan harinya.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di pantai LagundriFoto oleh Lora Duha di Google Maps

Pantai Lagundri memiliki pasir putih yang luas dikelilingi oleh pohon-pohon palem hijau yang menciptakan suasana yang sejuk. Pemandangan alam yang luar biasa membuat wisatawan yang berkunjung enggan untuk segera meninggalkan pantai. Mereka bahkan sudah merencanakan berbagai kegiatan seru, seperti berikut ini.

1. Santai

Kegiatan yang harus dilakukan oleh semua pengunjung Pantai Lagundri adalah bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah. Mereka bisa berjemur di pagi atau sore hari saat sinar matahari memancarkan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Bersantai juga bisa menenangkan pikiran yang lelah karena bekerja sebelumnya.

2. Berburu foto di pantai Lagundri

Bagi wisatawan yang menyukai fotografi, Pantai Lagundri bisa dijadikan spot foto terbaik. Pantai ini dilengkapi dengan spot foto mulai dari pantai, air jernih, pasir putih, bebatuan, hingga pemandangan para peselancar yang sedang berlatih. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa kamera atau ponsel dengan kamera yang bagus.

3. Berenang

Selain bersantai, aktivitas lain yang mudah dilakukan adalah berenang. Air laut yang bersih dan segar cocok untuk berenang, baik untuk pemula maupun lanjutan. Namun, jika tidak memiliki keahlian, sebaiknya berenang di pantai yang tidak terlalu dalam untuk menghindari risiko buruk yang mungkin muncul.

4. Berselancar

Surfing adalah kegiatan paling populer bagi wisatawan di pantai Lagundri. Ombak besar di pantai ini benar-benar menantang adrenalin para peselancar lokal maupun mancanegara. Bahkan, Pantai Lagundri sering dijadikan sebagai ajang kompetisi selancar nasional dan internasional.

Umumnya wisatawan mancanegara akan menghabiskan waktu sekitar seminggu untuk berkunjung. Mereka menyewakan akomodasi atau surf camp dengan tarif khusus untuk peserta lomba dan harga reguler untuk non-peserta. Dengan demikian, Pantai Lagundri memungkinkan pengunjung untuk tinggal cukup lama untuk menikmati liburan.

5. Nikmati masakan khas

Di sekitar pantai Lagundri banyak dijumpai warung dan rumah makan yang menyajikan berbagai jenis minuman dan masakan. Bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Nias selatan bisa membelinya dengan harga terjangkau. Jangan khawatir, rasa dan kesegaran setiap makanan yang disajikan dijamin enak dan bersih.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai LagundriFoto oleh LG di Google Maps

Sebagai salah satu tempat wisata yang banyak diminati pengunjung, Pemkab Nias Selatan terus memperbaiki dan membangun fasilitas. Beberapa fasilitas yang dibangun untuk menunjang kenyamanan wisatawan berupa sarana dan prasarana adalah sebagai berikut:

  • kamp selancar
  • Toilet)
  • Restoran
  • Area parkir
  • Hostel atau hotel
  • Penyewaan peralatan selancar
  • Belvedere

Saat berkunjung ke Pantai Lagundri, wisatawan akan disambut deburan ombak dan angin sepoi-sepoi. Situs yang sulit ditemukan di pantai lain, namun di pantai ini Anda bisa melihat peselancar profesional berlatih di atas ombak besar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button