Puncak Kosakora, Sukses Wisata Alam dengan Spot Foto Keren di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Puncak Kosakora, Sukses Wisata Alam dengan Spot Foto Keren di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Banjarejo, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Puncak Kosakora dikenal memiliki pemandangan utama garis pantai. Wisata ini terletak di atas Pantai Ngrumput yang sering dikunjungi untuk mendapatkan suasana yang tenang. Pelanggan dapat menghirup udara segar sambil menikmati kunjungan mereka. Selain itu, destinasi cantik ini memiliki beragam tanaman yang masih rindang.

Pengunjung yang ingin melihat suasana alam secara utuh bisa berkunjung dari pagi hari. Keindahan alam harus terlihat jelas dengan sinar matahari yang cerah. Traveler juga bisa mengajak sanak saudara untuk ikut tour melihat suasana pantai dari atas Puncak. Selain itu, bagi Anda yang lapar dapat membeli beberapa makanan ringan agar merasa lebih nyaman selama menginap.

Keindahan Puncak Kosakora masih terjaga dengan baik. Bahkan pengelolanya tahu bagaimana melestarikan tempat itu sebagai kekayaan wisata yang bisa dikunjungi semua orang. Daerah sekitarnya juga selalu bersih dan memberikan suasana yang jauh dari hiruk pikuk.

Atraksi Puncak Kosakora

Atraksi Puncak KosakoraKredit gambar: Google Maps Fardan Wahyudi

1. Pemandangan pantai

Puncak Kosakora dekat dengan pemandangan pantai yang sangat mempesona. Di kawasan ini, pantai Ngrumput menjadi panorama utama. Wisatawan bisa lebih mengenal tempat wisata ini. Setiap sudutnya terlihat seperti pantai yang sangat indah dengan keindahan ombak yang tidak terlalu ganas.

Jika traveler merasa lelah, ia bisa bersantai sejenak di kawasan Puncak. Kemudian di sebelah barat terdapat Pantai Drini yang tidak kalah indahnya dengan Puncak. Pelanggan tidak akan pernah bosan dengan panorama megah yang terbentang di sana. Anda juga dapat melakukan trekking karena ada banyak bukit tidak jauh dari Puncak dan pantai yang tersebar.

2. Tempat foto

Bentang alam yang indah di kawasan ini menawarkan spot foto yang sering menjadi incaran wisatawan. Tempat wisata ini cocok untuk dipilih sebagai tempat pengambilan foto. Bahkan ada traveler yang sering merekam video pendek saat berlibur. Banyak sekali objek foto yang membuat pengunjung betah dan tidak ingin buru-buru pulang berlibur.

3. Suasana yang indah

Puncak Kosakora menampilkan suasana yang selalu terlihat memukau. Rerumputan gulma merupakan spot yang paling diincar untuk tempat bersantai. Duduk di kawasan Puncak membuat pikiran lebih rileks karena bisa menikmati suasana pantai. Sangat mudah untuk mencari udara segar dari tanaman hijau, pelanggan dapat menghirup angin sejuk daerah tersebut.

Wisatawan juga bisa berjalan-jalan sambil melihat tanaman liar di sekitar. Suasana asri yang mudah didapatkan saat pengunjung datang ke tempat wisata tidak pernah mengecewakan. Liburan di Puncak memang paling cocok saat cuaca cerah. Selain itu, wisata alam ini menawarkan area rerumputan hijau yang cocok sebagai tempat berkumpul keluarga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak KosakoraKredit gambar: Google Maps Riyan Pujiyanto

Puncak Kosakora berada di Desa Banjarejo, Tanjungsari, Yogyakarta. Jalan menuju kawasan Puncak sebenarnya sama dengan jalan menuju pantai Ngrumput. Tamu yang datang ke pantai tidak akan kesulitan menemukan Puncak karena masih kawasan. Traveler yang belum pernah ke sana bisa menyewa trip yang siap mengantar Anda langsung ke kawasan Puncak.

Perjalanan bisa dimulai dari jalan pertama Jalan Brigjend Katamso. Kemudian menuju Jalan Kolonel Sugiyono di Jalan Sisingamangaraja. Anda bisa langsung menuju Jalan Imogiri Barat, tak lama kemudian menuju Jalan Imogiri Siluk. Lanjutkan berkendara ke Jalan Raya Panggang yang terletak di kecamatan Wonosari kota Yogyakarta.

Waktu tempuh kurang lebih 2 jam dari jalur ini dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. Rambu-rambu yang umumnya mempermudah perjalanan juga dapat ditemukan di lokasi. Wisatawan bisa datang lebih pagi jika tidak ingin terjebak macet. Selain itu, pengunjung dapat membawa ponsel mereka untuk melihat navigasi ke alamat Puncak yang indah ini.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket masuk ke Kosakora PeakKredit Gambar: Google Maps lutfillahi Latief

Tiket masuk ke puncak Kosakora adalah Rp 5.000 untuk pelancong. Tiket yang ditetapkan pengelola membuat destinasi nyaris tak pernah sepi. Bahkan setiap akhir pekan ada pengunjung yang membawa tenda dan menginap di Puncak. Bagi pemudik yang camping, harus membayar tarif yang berbeda karena harga tiketnya untuk satu hari.

Kendaraan roda dua biasanya hanya dipatok sekitar Rp 5.000. Lalu parkir motor biayanya hanya Rp 2.000, biaya simpan berbagai kendaraan selalu aman di dompet. Tenang, liburan di Puncak dikenal tidak menguras budget. Selain itu, tiket masuk dan tiket parkir berlaku setiap hari saat kunjungan buka hingga larut malam.

Catering yang diincar wisatawan tidak terlalu mahal karena masih dijalankan oleh sebagian warga. Bahkan banyak pedagang kaki lima yang menjajakan makanan ringan dan minuman. Jika Anda tertarik untuk berburu aneka makanan, siapkan saja bujet mulai dari Rp 10.000. Masakan lezat dengan cita rasa yang khas pasti akan mengenyangkan perut.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di puncak Kosakora

Kegiatan menarik di puncak KosakoraKredit gambar: Google Maps Faradhila Aliva

1. Perburuan Foto

Foto yang menawarkan pilihan latar belakang foto ini pasti akan memikat hati. Rerumputan yang masih hijau, deburan ombak, dengan pesona pegunungan cocok untuk pengunjung yang ingin berburu. Berfoto di sekitar destinasi alam ini tidak boleh dilewatkan. Anda bahkan perlu membawa kamera pribadi untuk mempermudah berburu.

2. Menikmati matahari terbit

Puncak Kosakora yang berada di atas ketinggian tertentu cocok sebagai tempat menunggu matahari terbit. Para tamu pasti terpukau saat menikmati keindahan matahari terbit. Langit perlahan cerah membuat semua orang senang berkunjung. Keindahan matahari terbit di pagi hari pasti menciptakan liburan yang mengasyikkan.

3. Berkemah di puncak Kosakora

Tenda yang dibawa para pelancong untuk menikmati kegiatan berkemah bukanlah hal yang aneh. Apalagi tidak jauh dari Puncak, Anda juga bisa melihat persewaan tenda. Pengunjung yang suka berkemah bisa mendirikan tenda dengan perlengkapan tidur. Selain itu, sejumlah jajanan bisa dibawa camping.

4. Wisata Alam

Puncak Kosakora terlihat sangat luas dengan berbagai pilihan spot pemandangan yang indah. Wisatawan dapat menjelajahi sudut mana pun. Pemandangan perbukitan dan pantai sangat mudah ditemukan para traveller saat menjelajah. Biasanya ada juga pendakian ke tebing karena puncaknya memiliki lokasi yang cukup tinggi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak KosakorKredit gambar: Google Maps Duiddo Imaani Mohammad

Puncak Kosakora telah dilengkapi dengan fasilitas memadai yang tersebar di seluruh kawasan wisata. Warung makan yang disediakan tidak kecil karena terdapat deretan warung. Bahkan, setiap restoran menyediakan kursi dan meja. Kamar mandi khusus pengunjung sepertinya sudah memadai dengan ruangan yang memiliki sekat dan bersih.

Area camping merupakan salah satu fasilitas penunjang bagi para pelancong yang ingin berkemah. Tak hanya itu, tak jauh dari situ Anda bisa melihat persewaan tenda yang tak begitu jauh. Ada lahan yang bisa menampung kendaraan untuk parkir bus, motor dan mobil. Tempat parkir mobil ini mudah ditemukan karena setiap pengunjung yang datang dapat meninggalkan kendaraan terlebih dahulu.

Puncak Kosakora juga memiliki tempat ibadah seperti mushola. Wisatawan yang ingin beribadah pada saat liburan dapat menggunakan fasilitas tersebut. Ada banyak spot foto dengan pilihan latar belakang pantai, bukit dan tebing yang indah. Kemudian fasilitas sampah sudah tersebar luas di sana sehingga setiap sudutnya tetap bersih dan terlihat begitu asri.

Puncak Kosakora sering dipilih oleh para pelancong sebagai tempat liburan yang direkomendasikan. Lahan yang luas dengan pesona alam kawasan tersebut tentunya akan menjadi yang paling dicari. Wisatawan dari daerah manapun bisa menikmati liburan sambil melihat pantai dari atas. Oleh karena itu, ajaklah sejumlah orang terkasih untuk datang ke sana untuk duduk dan bersantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button