Temui Kuliner Na Niura, Sashimi Batak yang Lezat - WisataHits
Jawa Barat

Temui Kuliner Na Niura, Sashimi Batak yang Lezat

TEMPO.CO, jakarta – Sashimi mungkin sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kuliner dari ikan mentah asal Jepang ini ternyata menjadi “kembaran” di Indonesia, namanya Na Niura.

Na Niura adalah masakan khas Batak yang biasa disajikan oleh masyarakat yang tinggal di tepi Danau Toba. Menurut indonesia.go.id, Na Niura diolah tanpa digoreng, direbus atau dibakar. Oleh karena itu, hidangan ini hanya menyajikan ikan mentah segar seperti ikan mas, ikan gabus atau ikan nila.

Ikan segar tersebut kemudian dilumuri bumbu batak dan asam jawa. Bumbunya juga ditambah dengan andaliman, jeruk, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kacang tanah, kunyit, bunga zucchini atau batang kecombrang yang ditumbuk halus terlebih dahulu.

Na Niura memiliki rasa asam, pedas dan gurih. Makanan ini dikenal sebagai “sashimi” karena penyajiannya berupa ikan mentah segar khas Batak. Na Niura biasanya disajikan pada acara Bona Taon marga Batak.

Menariknya, kuliner Na Niura ini juga dipercaya menjadi sajian bagi raja-raja Batak di Tapanuli. Faktanya, tidak semua orang bisa memasak hidangan ini, hanya koki atau juru masak kerajaan yang bisa memasak hidangan ini. Karena rasanya yang enak, kini banyak orang awam yang pandai memasak Na Niura.

Jika ingin mencicipi Na Niura ini, kunjungilah sebuah restoran di kawasan pesisir Toba. Kuliner ini patut dicoba saat Anda berkunjung.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI

Baca juga: Klangenan Joglosemar Cemilan di Kepala Gading

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button