Pantai Baruna Semarang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Baruna Semarang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Baruna merupakan salah satu tempat wisata pantai yang unik di Semarang yang layak untuk dijelajahi. Pantai ini menawarkan pemandangan padang rumput yang berbatasan dengan pantai dan monumen bersejarah.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 06:00-19:00, Alamat: Pantai Baruna, Kec. Tanjung Bringin, Kab. Semarang Utara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Pantai Baruna Semarang merupakan pantai yang pemandangannya dihiasi dengan ilalang dan bebatuan kecil. Pantai Ibi sangat mirip dengan suasana pantai di Eropa. Tempat yang memiliki kemiringan curam ini sangat romantis. Pantai yang dipenuhi rerumputan hijau ini menjadi spot favorit semua pasangan.

Udara pantai yang sejuk ditambah dengan semilir angin sejuk ilalang membuat suasana menjadi sejuk dan segar. Di Pantai Baruna Anda tidak akan menemukan hamparan pasir pantai. Namun, dari garis pantai, air laut langsung menempel pada perbukitan tempat tumbuhnya ilalang.

Pantai yang dipenuhi rumput liar yang menghadap ke Laut Jawa ini memiliki bebatuan unik berbentuk segitiga di tepiannya. Batuan ini menjadi batas antara air laut dan daratan. Selain bebatuan indah tersebut, di Baruna Anda akan menemukan banyak spot foto. Siapkan kamera dan memori ponsel untuk menampung foto nantinya.

Atraksi Pantai Baruna

Aktivitas Pantai BarunaKredit gambar: Google Maps Paiman

1. Keindahan pantai

Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya pada umumnya. Pantainya indah dengan angin sepoi-sepoi yang membuat pikiran Anda jernih. Jika Anda tidak ingin bermain air dan berjalan-jalan, Anda bisa menikmati keindahan pantainya. Ombak air yang tenang dengan semilir angin yang sejuk membuat anda betah berada di pantai ini.

Kawasan Baruna cukup sepi dengan pemandangan yang mempesona. Sesekali Anda akan menemukan hewan liar berkeliaran di sekitar pantai yang indah ini. Sedangkan Baruna semakin diminati wisatawan. Atraksi di pantai ini berhasil menarik pengunjung untuk berduyun-duyun ke Pantai Baruna, Semarang.

Di pantai ini tidak ada pasir lembut yang bisa memanjakan kaki Anda. Namun, keindahan pantai dengan deretan pemecah gelombangnya membuat tempat ini semakin menakjubkan. Tempat ini juga berfungsi sebagai tempat pengambilan foto yang dipublikasikan secara luas di jejaring sosial.

2. Pemandangan Skotlandia

Hamparan ilalang dan ladang bunga di lokasi Baruna menjadi daya tarik tersendiri. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Skotlandia untuk menikmati pemandangan indah yang sama di Semarang.

Sebuah padang rumput yang dihiasi dengan beberapa bunga liar bisa menjadi tempat yang romantis. Bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk menyegarkan pikiran dan mencari inspirasi untuk menulis, inilah tempatnya.

Dalam perjalanan menuju pantai, Anda akan melihat hamparan rumput liar dengan beberapa pohon yang saling bersilangan. Baruna dipenuhi vegetasi berupa pohon kecil dan pohon tinggi.

Di hamparan padang rumput, banyak pengunjung yang duduk-duduk di tepiannya hingga sore hari. Keindahan pantai yang dihiasi rumput liar adalah tempat yang tepat untuk menunggu matahari terbenam yang sempurna. Sunset yang terlihat dengan pemandangan laut dan padang rumput akan terlihat sangat sejuk. Gunakan juga kamera yang bagus untuk mendapatkan foto yang bagus.

3. Peringatan Jepang

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai BarunaKredit gambar: Google Maps Hibernazi

Pantai Baruna Semarang kebetulan memiliki lokasi yang bersejarah. Di tengah rerumputan liar ada sebuah monumen yang disebut monumen ketenangan pikiran. Monumen ini dibangun oleh pemerintah Jepang pada masa penjajahan.

Dimana keberadaan tugu ini merupakan sebuah tugu peringatan. Tugu peringatan ini ditujukan kepada tentara Jepang yang gugur dalam pertempuran. Pemerintah Jepang kemudian membangun tugu peringatan di lokasi Pantai Baruna. Keberadaan tugu ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung lokasi pantai.

Menurut beberapa akun dari masyarakat, pembuatan monumen ini memiliki arti bahwa keberadaannya memang sengaja diselaraskan dengan lokasi Tokyo, Jepang. Garis lurus dapat dibaca dari arti tulisan Kanji pada tugu tersebut. Dimana kanji memiliki arti menunjuk ke utara.

Menurut banyak pendapat, pembuatan tugu memiliki makna tersirat. Pembuatan monumen ini diselaraskan dengan lokasi Tokyo, Jepang. Itu agar para prajurit yang tewas di sana bisa kembali ke Jepang dengan damai.

Tugu bersejarah yang didirikan pada 14 Oktober 1945 itu semakin terkikis oleh waktu. Apalagi tugu ini juga terendam banjir dan gelombang pasang. Pemerintah setempat kemudian memperbaiki keadaan tugu tersebut dan diresmikan kembali oleh Walikota Semarang pada 14 Oktober 1998.

4. Atraksi Lainnya

Pantai Baruna memiliki lokasi yang strategis. Dimana keberadaan pantai ini berdekatan dengan keberadaan Pantai Marina. Hanya berjalan beberapa meter untuk mengakses atraksi lainnya.

Keberadaan lokasi ini menjadi daya tarik bagi para pelancong yang suka menjelajahi banyak tempat wisata. Selain keindahannya, Anda juga bisa menikmati Pantai Marina hanya dalam satu kali perjalanan.

Selain pantai marina, di sekitar objek wisata ini juga terdapat pantai Cipta. Untuk menuju lokasi Pantai Cipta ini, Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa meter dari lokasi pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Baruna

Alamat Pantai BarunaKredit gambar: Google Maps alin

Pantai Baruna Semarang terletak di Jawa Tengah, Semarang, Semarang Utara. Lokasi tepatnya di Pelabuhan Mas, Tanjung Beringin, Tanjung Mas. Lokasi pantai indah ini berada di Baruna, Semarang dekat Pantai Marina di sisi timur.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai Semarang yang unik ini, Anda bisa mengendarai mobil, sepeda motor atau kendaraan umum. Perjalanan dari Semarang atau dari Simpang Lima. Anda bisa ambil jalan Gunung Haryono, ikuti jalan lurus sampai bundaran Babakan.

Arahkan kendaraan Anda ke arah jalan Ronggo Warsito. Jika Anda menemukan perempatan dengan lampu merah, ikuti jalan lurus tersebut hingga membawa Anda ke area pelabuhan Semarang.

Jalan masuk ke Pantai Baruna merupakan jalan yang cukup sulit ditempuh di beberapa musim. Di musim panas, jalan ini akan kering dan berdebu. Saat musim hujan, jalan ini akan becek seolah-olah Anda sedang melintasi jalan berlumpur.

Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja. Lokasi tempat wisata ini tidak memiliki jam buka. Anda dapat mengakses sesuka hati. Pengunjung yang memasuki lokasi wisata biasanya memberikan biaya masuk yang tulus. Dimana ada pengunjung yang membayar Rp 3.000 atau Rp 5.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Baruna

Aktivitas menarik Pantai BarunaKredit gambar: Google Maps Heny Andriana

1. Perburuan Foto

Pecinta selfie saat tiba di lokasi Baruna akan langsung mencari spot foto unik. Padang rumput yang luas ini bisa menjadi spot foto yang asyik. Jika Anda ingin melakukan pemotretan prewedding, ini juga sangat cocok untuk lokasi pantai Baruna.

Selain pemandangan hamparan ilalang di tempat ini, juga menawarkan pemandangan laut biru yang indah dan asri.

Di pantai terdapat bebatuan kecil yang menjadi salah satu spot foto terindah. Di sekitar ilalang juga terdapat beberapa pohon yang dijadikan sebagai lokasi foto keren. Tempat ini adalah tempat terbaik untuk berfoto bersama pasangan.

2. Memancing

Pengunjung yang hobi memancing juga ramai meramaikan Pantai Baruna. Ikan-ikan yang berkeliaran di perairan Baruna tidak hanya mengajak para pemancing, tetapi juga mengajak para pemancing untuk turun menangkap ikan. Aktivitas ini membuat tempat wisata ini selalu terlihat ramai.

Perahu nelayan kecil di tepi pantai berjajar rapi. Banyak pemancing juga naik perahu nelayan. Nelayan juga memancing dengan nelayan di tengah laut.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai

Hotel murah yang cerdasKredit gambar: Twitter Best Western Airport Inn and Suites Orlando

1. Narra Hotel Semarang

Jarak antara Pantai Baruna dan hotel Narra adalah 1,5 km. Anda bisa bermalam di hostel ini hanya dengan Rp 143.000. Selain dekat dengan pantai, hostel Narra Hotel Semarang juga dekat dengan bandara.

Fasilitas utama adalah sarapan yang disediakan. Apalagi lokasi Hotel Narra juga dekat dengan tempat wisata lain di Semarang.

2. Hotel Marina Air Port Semarang

Lokasi hostel Marina berjarak sekitar 2,1 km dari pantai Baruna. Anda bisa bermalam dengan tarif Rp 121.000 di Marina Hotel yang asri. Hotel budget ini menawarkan banyak fasilitas.

Hotel Marina menawarkan banyak fasilitas umum dan fasilitas kamar lengkap. Layanan untuk Anda juga tersedia 24 jam sehari saat Anda membutuhkannya.

3. Hotel hemat yang cerdas

Hostel ini berjarak 1,6 km dari Baruna. Hanya butuh Rp 140.000 untuk bisa istirahat di hotel. Smart Inn sangat nyaman untuk melepas penat dan penat.

Fasilitas berupa penjemputan dan pengantaran di lokasi anda. Ada wifi gratis dan fasilitas umum, fasilitas pribadi lengkap. Selain itu ada layanan yang siap melayani Anda.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Baruna Semarang

Fasilitas Pantai Baruna SemarangKredit gambar: Google Maps Dedek Masruatul

Baruna belum dikelola secara sempurna oleh pemerintah daerah. Sedemikian rupa sehingga tempat wisata ini tidak memiliki banyak dan fasilitas yang kurang memadai. Di pantai ini hanya terdapat tempat parkir, sedangkan fasilitas umum lainnya belum tersedia. Meski begitu, Anda tetap harus menjelajahi keindahan pantai ini.

Itulah sekilas sejarah Pantai Baruna yang selalu diburu para traveler. Selain indah, keberadaannya sangat strategis. Pantai Baruna merupakan tempat wisata yang sangat populer dan memiliki banyak tempat wisata lain di sekitarnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button