Kawah Ijen, Obyek Wisata Alam yang Menakjubkan di Banyuwangi - WisataHits
wisatahits

Kawah Ijen, Obyek Wisata Alam yang Menakjubkan di Banyuwangi

Kawah Gunung Ijen menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan menarik untuk dijelajahi di Banyuwangi. SEBUAHpi biru abadi dan kawahnya memberi kesan eksotik yang menjadi daya tarik.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 00.00-12.00 WIB, Alamat: Tamansari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Gunung Ijen adalah gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Gunung yang sering dipromosikan oleh pemerintah setempat sebagai ikon wisata ini berdekatan dengan kawasan Gunung Merapi dan memiliki ketinggian sekitar 2.779 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini tercatat mengeluarkan letusan terakhir pada 1999. Terkenal di mancanegara karena fenomena alamnya yang luar biasa. Fenomena ini adalah blue fire atau api biru yang tidak pernah padam dan hanya ada di 2 tempat di dunia yaitu di Dallol, Ethiopia dan di lokasi kawah ijen itu sendiri.

Selain indahnya pemandangan api biru yang terlihat jelas di dini hari, tempat wisata ini juga menawarkan keindahan alam dan pemandangan dari puncak gunung yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan juga terpesona dengan pesona hijaunya danau kawah yang terlihat dari puncak gunung dan pemandangan matahari terbit yang luar biasa.

Objek Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Daya Tarik Kawah Ijen BanyuwangiKredit gambar: Twitter ا الي

1. Pemandangan gunung yang menawan

Pendaki yang datang berkunjung tidak akan kecewa jika berada di puncak gunung ini. Pemandangan yang disuguhkan dari titik tertinggi kawasan wisata ini sangat menawan karena Anda bisa melihat danau kawah, deretan pegunungan, api biru dan pemandangan alam yang menakjubkan sekaligus.

2. Saksikan matahari terbit

Tempat wisata ini tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa di atas gunung. Jika Anda mendaki pada malam hari, Anda akan berkesempatan untuk melihat indahnya sunrise atau matahari terbit dari puncak Gunung Ijen. Wisatawan bisa melihat matahari perlahan terbit dari sisi pegunungan yang membatasi kawasan wisata.

3. Dikelilingi deretan pegunungan tinggi di pulau jawa

Dari kompleks kawasan Pegunungan Ijen, wisatawan akan menjumpai deretan pegunungan pulau Jawa yang megah. Wisatawan dapat melihat puncak Gunung Rante, Gunung Merapi, Gunung Raung dan Gunung Suket yang terlihat sangat menawan dari atas gunung.

4. Fenomena Api Biru yang Ikonik

Fenomena inilah yang menjadi fokus utama pengunjung yang datang ke tempat wisata di Banyuwangi ini. Semburan api biru yang menawan dan eksotis di kawah Gunung Ijen ini akan terlihat jelas pada dini hari saat tempat masih cukup gelap. Hanya saja, hanya ada 2 fenomena langka di dunia, yakni di Ethiopia dan Banyuwangi.

5. Danau Kawah yang Indah

Danau kawah di puncak Gunung Ijen adalah pusat dari kawah gunung itu sendiri. Danau asam terbesar di dunia ini memiliki kedalaman sekitar 200 meter dan luas 5.466 hektar. Warna airnya yang hijau begitu indah dipandang, apalagi di tengah hamparan pasir putih pegunungan.

6. Sifatnya yang terbangun

Berada di kawasan cagar budaya menjadikan lokasi alam di sekitarnya sangat terjaga kelestariannya. Alam di bawah gunung sangat hijau, sedangkan di puncak dengan pasir putih kecoklatan dan area kawah yang megah. Ini juga dilengkapi dengan area yang bersih karena ketertiban pengunjung dan pengelola yang sangat menjaga tempat ini.

7. Kabut putih bercampur belerang

Bagi wisatawan yang datang berkunjung, Anda akan disuguhkan dengan dinginnya udara di sekitar gunung berpadu dengan kabut putih yang muncul dari lereng gunung. Kabut putih biasanya juga membawa bau belerang yang tidak terlalu menyengat yang berasal dari dalam gunung dan menciptakan pemandangan gurun yang indah.

8. Tambang Sulfur

Sebagai tempat yang memiliki kekayaan belerang yang besar, tempat ini menjadi tambang belerang yang menjadi salah satu pendapatan warga setempat. Pengunjung akan melihat para penambang yang secara tradisional turun ke area kawah untuk mengumpulkan puluhan kilo blok belerang yang berpendar berwarna kekuningan.

9. Kafe Lego khas di lereng gunung

Di lereng gunung terdapat kafe unik yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke kawasan wisata ini. Nama kopi Robusta sendiri merupakan kepanjangan dari tempat dimana kopi ini ditanam, yaitu Lerek-Gombengsari. Istimewanya, pengunjung bisa memetik dan menyeduh kopi di tengah perkebunan kopi yang ada.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kawah IjenKredit gambar: Google Maps Tiểu Vô sản

Tempat ini terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Licin di Banyuwangi, Jawa Timur. Bagi wisatawan luar pulau yang ingin berkunjung, dapat mengambil tiket pesawat ke Surabaya sebelum menempuh perjalanan darat sekitar 7-8 jam. Pilihan lainnya adalah memesan tiket pesawat ke Banyuwangi.

Wisatawan juga bisa menggunakan jalur kereta api menuju Stasiun Banyuwangi Town. Jika Anda tiba di Banyuwangi, Anda bisa naik angkutan umum menuju kecamatan Licin dan desa Banyusari. Dari tempat ini kami naik truk belerang ke Paltuding. Bisa juga menggunakan bus atau langsung dengan ojek, namun tarifnya menjadi lebih mahal.

Dari Gerbang Utama Pos PHPA atau Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen di Baltuding, pengunjung kembali harus berjalan kaki sekitar 3 km di jalan setapak berpasir yang menanjak. Kemudian setelah menempuh jarak 2 km di jalur awal, pendaki bisa beristirahat di satu pos, Warung Pos Bundar sebelum berjalan lagi 1 km.

Untuk menemukan area kawah, pengunjung harus melintasi area bebatuan dengan jarak 800 meter yang cukup terjal, sehingga harus ekstra hati-hati.

Untuk berkunjung ada waktu tertentu yang lebih cocok untuk datang ke lokasi Gunung Ijen. Pendakian yang benar harus dilakukan saat fajar atau pukul 10 malam. Pilihan waktu, selain udara yang masih segar, pengunjung juga sempat berkemah sementara di puncak sambil menunggu fajar menyingsing.

Anda bisa datang pada bulan Desember hingga Januari atau Juli hingga September, tepatnya saat musim panas atau saat kemarau yang tidak hanya memudahkan pendakian, tetapi juga cuacanya tidak terlalu dingin.

Harga tiket masuk Kawah Ijen

Harga Tiket Kawah IjenKredit gambar: Google Maps Christy Harris

Mengingat lokasi pendakian berada di tempat yang mengeluarkan uap belerang yang terkadang sangat kental dan beracun, maka petugas membatasi jam berkunjung wisatawan untuk menjaga keselamatan. Dan untuk memasuki area pendakian Gunung Ijen, pengunjung perlu membayar tiket masuk.

Untuk pembelian tiket masuk dibuka setiap hari mulai pukul 00:00 hingga 12:00 WIB. Harga tiket masuk untuk warga negara Indonesia adalah Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 7.500 pada hari libur. Sedangkan untuk wisman Rp100.000 di hari biasa dan di hari libur Rp150.000.

Selama waktu ini, waktu naik dibelah dua. Artinya sekitar jam sepuluh malam dan jam dua pagi, waktu setempat. Waktu pendakian adalah para wisatawan memiliki waktu yang cukup di atas untuk melihat pemandangan kawah dan api biru yang terlihat sangat jelas di malam hari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kawah Gunung Ijen

Aktivitas di Kawah Gunung IjenKredit gambar: Google Maps Irene Susianto Hoo

1. Kagumi pemandangan alam pulau Jawa

Dari puncak Gunung Ijen, wisatawan akan melihat pemandangan seluruh bagian pulau Jawa. Pemandangan yang dikelilingi oleh awan dan kabut putih sangat mempesona.

2. Nikmati puncak gunung yang megah

Anda bisa melihat puncak Gunung Suket, Gunung Merapi, Gunung Rante dan Gunung Raung berjajar dan menunjukkan kemegahannya di atas Ijen.

3. Saksikan matahari terbit

Kawasan wisata ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Jika Anda datang pada sore hari dan berkemah di puncak, Anda akan menangkap momen ketika matahari perlahan mengintip dari balik gunung. Sinar cahaya akan memantul indah dari atas danau kawah yang hijau dan menciptakan bias kekuningan yang sangat bagus.

4. Berkemah di pegunungan

Jika Anda ingin melihat berbagai aspek dari tempat wisata ini, Anda bisa berkemah di sini untuk bermalam.

5. Saksikan fenomena api biru yang unik

Wisatawan bisa melihat fenomena alam luar biasa ini pada malam hari sekitar pukul dua atau tiga pagi waktu setempat. Api biru yang cemerlang sangat unik dan magis dan menjadi ciri khas kawasan wisata alam yang populer ini.

6. Lihat danau kawah yang menawan

Di puncak gunung, wisatawan akan melihat danau alami kehijauan yang sangat indah yang terbentuk dari kawah yang dihasilkan oleh gunung ini. Danau dengan air asam pekat ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan sangat mencolok, terutama karena dikelilingi oleh tanah bercampur pasir putih di puncak gunung.

7. Lihat para penambang belerang

Wisatawan tidak hanya disuguhkan pemandangan alam. Naik turun dari kawasan wisata, pengunjung bisa menyaksikan aktivitas para penambang belerang di kawasan ini. Para penambang membawa beban puluhan kilo naik turun gunung hanya berbekal kekuatan fisik dan digiring dengan cara tradisional.

8. Mencoba Kuliner dan Kopi Lego

Sebelum kembali dari Ijen, wisatawan dapat mencicipi nikmatnya makanan khas daerah dan kopi lego, kopi khas daerah Ijen sambil beristirahat dan menikmati indahnya pemandangan pegunungan.

9. Memotret pemandangan yang fenomenal

Berkunjung ke tempat wisata yang megah ini tidak lengkap rasanya jika belum mengabadikan pemandangan alamnya yang luar biasa dan fenomenal dalam potret fotografi.

Fasilitas yang tersedia di Kawah Ijen Banyuwangi

Fasilitas Kawah Ijen BanyuwangiKredit gambar: Google Maps Yi Zhi Hoo

Bagi Anda yang datang dari jauh ingin mendaki Gunung Ijen untuk melihat pesona kawah, Anda tidak perlu khawatir karena dinas kehutanan setempat menyediakan hostel sederhana yang tidak jauh dari pos Paltuding. Untuk menyewa kamar di homestay atau hostel, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 100.000 hingga Rp 500.000.

Area pendakian di gunung ini sendiri juga memiliki rest station yang memudahkan para pendaki yang lelah untuk beristirahat. Kemudian, bagi pendaki yang lelah atau tidak mampu berjalan jauh, warga sekitar biasanya menawarkan gerobak ojek dengan harga mulai dari Rp100.000 hingga Rp200.000 yang ditarik oleh 2-3 orang.

Berkunjung ke Gunung Ijen untuk melihat keindahan kawah dan api birunya bisa menjadi pilihan liburan Anda. Ingatlah bahwa sebelum mendaki pastikan Anda dalam kondisi baik, kenakan pakaian hangat, bawa masker pernapasan dan makanan dan minuman yang cukup untuk membuat perjalanan Anda lebih nyaman.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button