Pantai Kusamba, pantai indah dengan ikon makam bersejarah di Klungkung - WisataHits
wisatahits

Pantai Kusamba, pantai indah dengan ikon makam bersejarah di Klungkung

Pantai Kusamba, pantai indah dengan ikon makam bersejarah di Klungkung

Pantai Kusamba merupakan salah satu destinasi wisata tepi laut yang menarik di kawasan Klungkung, Bali. Tempat ini terkenal sebagai salah satu penghasil ikan Bali.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Kusamba cocok dijadikan tujuan liburan jika anda menginginkan pantai yang bersih dan tenang. Pantai indah ini belum banyak dijamah tangan investor. Pantai ini tidak terlalu jauh dari Bandara Ngurah Rai, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Letaknya di dekat pura Goa Lawa yang merupakan pura yang terkenal dengan banyaknya kelelawar.

Keunikan dari pantai ini adalah wisatawan dapat melihat aktivitas nelayan setempat yang menangkap ikan dengan menggunakan cara penangkapan ikan yang tradisional dan ramah lingkungan. Selain para pemanen ikan, banyak juga penghasil garam di pantai ini yang juga menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat pesisir.

Pemandangan yang ditawarkan pantai Kusamba juga sangat indah. Wisatawan akan terkesima dengan hamparan pasir hitam berpadu birunya air laut serta pemandangan pantai dari gugusan pulau Nusa Penida. Pemandangan indah ini membuat wisatawan yang berkunjung merasa betah.

Nusa Penida dan Nusa Lembongan 3 Point Snorkeling Tour

Atraksi yang ditawarkan oleh pantai Kusamba

Objek Wisata Pantai KusambaFoto: Google Maps/Ketut Suparta

Pesona yang hadir di sekitar pantai ini sangat memanjakan mata. Di sisi lain, Anda akan melihat dengan jelas gugusan pulau Nusa Penida. Selain itu, keindahan Gunung Agung juga bisa dilihat dari jauh karena pantai ini terbentang cukup luas dari tenggara hingga barat laut. Bagi yang ingin mencari ketenangan dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari, pantai ini layak untuk dikunjungi.

Manjakan mata dengan bersantai dan menikmati keindahan pantai yang bisa menghilangkan penat. Tidak ada salahnya mengunjungi pantai ini saat akhir pekan atau liburan panjang. Walaupun pantai ini tidak sepopuler pantai lainnya di Bali, namun pesonanya tidak kalah indah. Daya tarik apa yang dimiliki pantai ini?

✦ Pemandangan pantai yang indah

Desa Kusamba terletak di pesisir selatan Kab. Klungkung memang banyak spot pantai yang menarik, termasuk pantai Kusamba. Pantai ini memiliki pasir hitam yang lembut, air laut yang jernih dan ombak yang lembut. Pemandangan di sekitar pantai ini cukup asri dan masih alami.

Dari pantai, Anda akan melihat keindahan gugusan pulau Nusa Penida yang terletak di seberang lautan. Selain itu, wisatawan akan dimanjakan dengan aktivitas para nelayan dan pekerja garam di sekitar pantai. Banyak gubuk yang berfungsi sebagai tempat pembuatan garam mudah ditemukan di sepanjang pantai.

✦ Ada kuburan bersejarah

Selain menikmati keindahan pantai ini, wisatawan juga bisa belajar tentang sejarahnya. Perlu diketahui bahwa di pantai tersebut terdapat makam Habib Ali bin Abubakar bin Umar bin Abubakar Al Khamid yang merupakan penyebar Islam pertama di Kampung Kusamba. Hal inilah yang menjadikan kampung ini sebagai kampung Islam pertama di Kab. Klungkung.

Private Tour 2D1N ke Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan

✦ Suaka ikan

Yang menjadi daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya tempat penginapan yang memang sengaja dibuat oleh pemerintah untuk meningkatkan nilai jual hasil tangkapan para nelayan. Ada beberapa jenis ikan pindang, mulai dari cakalang, tongkol, dan lemuru. Di sini Anda juga bisa melihat prosesnya secara langsung.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai KusambaFoto: Google Maps/Nur Khafid

Pantai ini terletak di Desa Kusamba, Kec. Fajar, Kab. Klungkung-Bali. Tempatnya dekat dengan pura Goa Lawah, sekitar 3 km, ditempuh dalam 7 menit dengan mobil. Jika berangkat dari kota Semarapura, jalan menuju pantai ini dapat ditempuh dengan jarak 8 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Perjalanan akan melewati pemukiman penduduk hingga sampai di desa Kusamba. Jangan khawatir karena akses menuju pantai ini cukup mudah karena melewati Kab. Karangasem dan Klungkung. Tersedia juga tempat parkir yang luas dan berjarak 1 menit dari pantai.

Cek hotel murah di Klungkung Bali

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas seru di Pantai KusambaFoto: Google Maps/Dewa Purnama Sidi Putra (DEWAP060)

Ada berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kusamba, mulai dari melihat proses pembuatan garam oleh para pekerja garam di sekitar pantai, mengejar hasil tangkapan laut, bermain pasir atau sekedar bersantai di pantai sambil menikmati pemandangan yang indah dan indah. mengamati dermaga kapal.

1. Lihat proses pembuatan garam

Melihat proses pembuatan garam menjadi kegiatan seru yang bisa dilakukan di pantai ini. Karena banyak penduduk setempat yang merupakan penghasil garam, Anda dapat dengan mudah menemukan proses pembuatan garam di sepanjang pantai. Bahkan pekerja garam ini dengan baik hati menjelaskan kepada kami cara membuat garam.

Di sini wisatawan akan melihat proses pembuatan garam yang masih konvensional dan menggunakan cara tradisional yang kini sudah jarang ditemui di zaman modern. Ini adalah hal yang menarik dan unik yang dapat ditemukan oleh wisatawan yang berkunjung ke pantai Kusamba.

Masyarakat Klungkung sangat bangga karena bisa memproduksi garam dengan cara tradisional dan kualitas yang baik. Tak heran jika garam yang dihasilkan di pantai ini sering dipesan banyak orang, rumah makan, hingga bisa diekspor ke mancanegara karena memiliki rasa dan kualitas yang khas.

2. Beli makanan laut

Pantai Kusamba juga terkenal sebagai penghasil ikan yang cukup banyak di Bali, dimana nelayan setempat setiap harinya dapat mengirimkan 20 ton ikan ke seluruh wilayah Bali. Sebagian besar penduduk setempat juga bekerja sebagai nelayan. Ikan hasil tangkapan bisa langsung dijual di sekitar pantai tanpa perlu disimpan dan dibekukan terlebih dahulu.

Dari pantai yang indah ini, Anda bisa melihat aktivitas para nelayan yang mencoba menangkap ikan segar di laut Ikan yang ditangkap oleh nelayan laut dikenal enak, lezat, segar dan berkualitas. Hasil tangkapan ikan dapat dengan mudah ditemukan di daerah sekitar pantai tanpa perlu pergi ke Pasar Ikan Kusamba.

Jika ingin menyantap langsung ikan hasil tangkapan nelayan, Anda bisa dengan mudah menemukannya di sekitar Goa Lawah. Terdapat banyak warung makan yang menawarkan berbagai olahan makanan yang berasal dari ikan laut, wisatawan dapat dengan mudah mencicipi masakan khas pantai yang lezat.

3. Lihat barisan kapal yang ditambatkan

Pantai Kusamba tidak memiliki dermaga, sehingga di pantai ini banyak dijumpai perahu tradisional masyarakat setempat yang diikat dengan tali agar tidak tersapu ombak. Kapal tradisional ini dapat digunakan sebagai sarana transportasi penyeberangan, transportasi barang, hingga transportasi penumpang yang ingin menuju Nusa Penida.

4. Bersantai di tepi pantai

Wisatawan dapat menikmati indahnya hamparan pasir pantai dan pemandangan laut dari pesisir pantai. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sambil mencicipi makanan yang tersedia di warung-warung sekitar pantai. Kawasan pantai ini memiliki pemandangan pantai yang tenang, sehingga cocok sebagai tempat bersantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai KusambaFoto: Google Maps/Ketut Suparta

Di pantai ini sudah disediakan beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan wisatawan. Dari tempat parkir yang cukup luas, toilet umum, beberapa warung makan di sekitar pantai. Jika ingin menjelajahi keindahan laut, tempat ini juga menawarkan jasa penyewaan perahu dari nelayan setempat.

Menikmati keindahan dan ketenangan Pantai Kusamba adalah cara terbaik untuk menghilangkan penat. Tak hanya itu, di pantai ini Anda juga bisa belajar mengolah garam dengan cara tradisional menyiram hasil tangkapan laut secara langsung.Inilah keunikan dan daya tarik tersendiri yang ditawarkan pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button