Jembatan Siti Nurbaya lebih ramai di malam hari - WisataHits
wisatahits

Jembatan Siti Nurbaya lebih ramai di malam hari

Jembatan Siti Nurbaya lebih ramai di malam hari

Tiket masuk Jembatan Siti Nurbaya Harga: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat / Lokasi : Jalan Kp. Batu, Desa Batang Arau, Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat, Indonesia, 25215.

Jembatan Siti Nurbaya merupakan jembatan yang menjadi salah satu icon kota Padang. Sama seperti Jembatan Ampera di Palembang atau Suramadu yang kerap ramai dikunjungi wisatawan. Wisatawan biasanya duduk atau berjalan-jalan menikmati pemandangan di pinggir jalan. Karena jembatan ini masih berfungsi sebagai jalan utama untuk menyeberangi sungai.

Meski masih jalan utama, wisatawan tetap bisa berwisata dengan aman. Karena disediakan tempat tersendiri bagi wisatawan. Di sini wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di sekitar jembatan. Serta duduk santai sambil menikmati kuliner malam yang nikmat.

Harga Tiket Masuk Jembatan Siti Nurbaya

Atraksi ini tidak memungut biaya masuk. Wisatawan dapat masuk dan keluar dengan bebas kapan saja. Hanya saja wisatawan yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir.

Biaya masuk
Tiket masuk Bebas

Baca: Tiket dan Tempat Wisata Pantai Air Manis Padang

Jam Buka Jembatan Siti Nurbaya

Atraksi ini tidak menetapkan jam buka tertentu. Wisatawan bisa datang kapan saja. Jika ingin menikmati pemandangan, pagi hingga siang hari adalah waktu yang tepat. Sedangkan jika ingin bersantai di dapur, sore dan malam hari bisa menjadi waktu untuk berkunjung.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Kisah Memikat Jembatan Siti Nurbaya

Pemandangan perbukitan dari jembatan Siti NurbayaPemandangan perbukitan dari jembatan Siti Nurbaya. Foto: Gmap/Deki Yasnova

Jembatan Siti Nurbaya menjadi ikon dan kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat. Keberadaannya mampu memudahkan mobilitas penduduk dari satu daerah ke daerah lain. Serta pesonanya yang dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan menghabiskan waktu. Apalagi nama jembatan ini juga sangat dekat dengan novel Marah Rusli dengan judul yang sama.

Siti Nurbaya bukan hanya jembatan, tapi juga objek wisata yang indah dengan pemandangan yang menarik. Di jembatan sepanjang 600 meter ini, wisatawan akan disuguhi puluhan lampu. Dengan tiang vertikal berwarna kuning dan lampu bulat yang akan menyala pada malam hari. Membuatnya begitu cerah dan indah, apalagi warna lampu ini bisa berubah.

Jembatan ini dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2002 yang juga merupakan tahun peresmiannya. Jembatan ini melintasi Sungai Batang Arau yang menghubungkan Kota Tua Padang dengan Gunung Padang. Sebelumnya, orang yang ingin menyeberang hanya bisa menggunakan sampan atau perahu kecil. Setelah adanya jembatan ini, mobilitas masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat.

Baca: TARUSAN KAMANG Padang rumput unik di Agam

Suasana jembatan Siti Nurbaya di malam hari

Gemerlap Suasana Malam di Jembatan Siti NurbayaGemerlap suasana malam di jembatan Siti Nurbaya. Foto: Gmap/hudaputra

Malam adalah waktu paling romantis di Jembatan Siti Nurbaya. Wisatawan bisa menikmati kelap-kelip lampu di sepanjang jembatan. Angin sepoi-sepoi yang berhembus dari sungai membuat suasana semakin tentram. Lebih asyik lagi jika menikmati suasana ini bersama keluarga atau pasangan.

Untuk lebih memeriahkan suasana, wisatawan bisa mencicipi berbagai kuliner yang ada di kawasan ini. Ini terutama makanan ringan khas Sumatera Barat. Seperti jagung bakar yang langsung dibakar dan dimakan atau jagungnya diserut. Lebih spesial lagi, jagung ini hadir dengan berbagai bumbu untuk menciptakan rasa pedas, asin, dan manis yang unik.

Ada juga jajanan lainnya yaitu pisang kapik yang unik. Pisang yang sudah matang kemudian ditusuk atau dikapiak, lalu ditaburi. Nuggetnya bisa berupa kelapa atau gula, yang lebih baru ada nugget meses dan keju. Ada juga sate padang, roti bakar dan aneka minuman dengan harga terjangkau.

Baca: Tiket Christine Hakim Idea Park dan CHIP Rides

Turunan Sungai Batang Arau

Arungi Sungai Batang ArauNavigasi di Sungai Batang Arau. Foto: Gmap/Nilam Fairna

Tidak hanya di atas jembatan, wisatawan juga bisa mencoba menyeberangi Sungai Batang Arau. Kapal wisata tersedia untuk berlayar. Selama berwisata, wisatawan akan menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan sekitar. Kapal bersandar merupakan pemandangan unik tersendiri yang bisa dinikmati.

Kawasan di sekitar sungai kembali terasa unik dengan hadirnya rumah-rumah penduduk di tepian sungai. Rumah-rumah tersebut sengaja dicat dengan warna-warna cerah dan berwarna-warni agar lebih menarik. Belum lagi pepohonan yang juga tumbuh di kanan kiri sungai yang menambah keindahan sungai. Sejenak wisatawan akan lupa bahwa ini adalah Indonesia, karena pemandangannya seperti di luar negeri.

Baca: Tiket dan Atraksi PANTAI NIRWANA

Kunjungi Taman Siti Nurbaya

Tak jauh dari jembatan tersebut terdapat Taman Siti Nurbaya yang terletak di kaki Gunung Padang. Dimana menurut novel Marah Rusli, kaki Gunung Padang merupakan tempat tinggal Siti Nurbaya. Ada juga makam yang konon makam Siti Nurbaya. Selain itu juga terdapat makam Bagindo Sulaiman, Samsul Bahri, Sutan Mahmud dan Siti Maryam.

Tidak jarang wisatawan yang datang ke Jembatan Siti Nurbaya juga menyempatkan diri untuk datang ke taman tersebut. Tujuannya untuk berziarah ke makam Siti Nurbaya, pacarnya dan keluarganya.

Baca: Tiket Murah Batu Malin Kundang Penuh Legenda

Berfoto di Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti NurbayaJembatan Siti Nurbaya. Foto: Gmap/mulyadi se

Wisatawan bisa mengabadikan momen di jembatan ini meski masih aktif dilalui kendaraan. Pasalnya, di sisi jembatan terdapat tempat khusus bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan jembatan. Selain fenomenal, jembatan ini seolah dikelilingi pemandangan indah. Semuanya sangat cocok jika dijadikan objek dan background untuk berfoto.

Jika melihat ke bawah jembatan, wisatawan akan disuguhi pemandangan Sungai Batang Arau yang menawan. Air sungai yang tenang dan hijau. Di kiri-kanan sungai terdapat perahu-perahu yang ditambatkan, yang digunakan untuk memancing atau berwisata. Beberapa perahu terlihat melintas di seberang sungai.

Lokasi jembatan yang berada di kawasan Kota Tua Padang menjadi nilai plus tersendiri. Pemandangan kota tempo dulu menjadi tempat yang unik dan romantis untuk diabadikan. Di sekitar jembatan Anda bisa melihat pemandangan deretan perbukitan hijau yang menakjubkan. Untuk melengkapi pemandangan alam yang bisa dinikmati dari jembatan ini.

Lokasi Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan ikonik ini terletak di Jalan Kp. Batu, Desa Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button