Pantai Batu Tumpeng, pantai pasir hitam yang indah di Klungkung - WisataHits
wisatahits

Pantai Batu Tumpeng, pantai pasir hitam yang indah di Klungkung

Pantai Batu Tumpeng, pantai pasir hitam yang indah di Klungkung

Tertarik berlibur ke Bali? Tidak ada salahnya mengunjungi kawasan Klungkung. Ada pantai yang indah bernama Pantai Batu Tumpeng.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Gelgel-Batu Tumpeng, Gelgel, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Batu Tumpeng mungkin terlihat asing bagi sebagian orang. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, asri dan terawat. Warga sekitar kerap menggelar aksi bersih-bersih di pantai ini. Karakter alami pantai masih terjaga. Terbukti dengan keberadaan penyu yang kerap menjadikan pantai ini sebagai tempat bertelur.

Salah satu pantai di kawasan Klungkung ini juga dijadikan tempat surfing di Bali. Selain itu, pantai ini sering dikunjungi pada sore hari untuk menikmati indahnya matahari terbenam dari pantai. Banyak juga yang berkunjung untuk duduk bersantai dan berswafoto di pantai ini.

Memang Kabupaten Klungkung memiliki banyak wisata terkenal. Namun keindahan pantai ini tidak kalah menarik dengan beberapa wisata lainnya, seperti Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Lantas apa daya tarik di pantai ini? Fasilitas apa saja yang tersedia di sana? Lihat pembahasan berikut.

Promo Hotel di Klungkung Bali

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Batu Tumpeng

Objek Wisata Pantai Batu TumpengFoto: Google Maps/Ame Mie

Bali dikenal memiliki banyak pantai yang indah dan menjadi tujuan wisata favorit banyak orang, baik lokal maupun mancanegara. Dapat diakui bahwa Bali merupakan primadona destinasi wisata pantai, karena setiap pantai memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Salah satunya Pantai Batu Tumpeng yang memiliki hamparan pasir hitam yang tidak terlalu luas dan cukup dekat antara pantai dan laut, di pantai ini Anda akan menemukan batu-batu besar yang sengaja dibangun oleh pemerintah setempat untuk memecah ombak. Lantas apa saja daya tarik yang dimiliki pantai ini?

✦ Pemandangan pantai yang indah

Walaupun pantai ini terkesan cukup asing, namun faktanya jumlah wisatawan terus meningkat dari waktu ke waktu. Mayoritas wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini didominasi oleh penduduk setempat dan wisatawan lokal. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung hanya mencari spot foto menarik yang ditawarkan pantai ini.

Juga, sebelum matahari terbenam (matahari terbenam), Pantai Batu Tumpeng menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah. Hal inilah yang membuat banyak orang mengunjungi pantai ini pada sore hari. Pantai ini memiliki pesona matahari terbenam yang sangat indah yang tidak kalah indahnya dengan di Tanah Lot atau Pantai Double Six.

Nusa Penida dan Nusa Lembongan 3 Point Snorkeling Tour

✦ Pilihan lokasi Berselancar

Pantai ini termasuk dalam salah satu pantai favorit untuk dilakukan berselancar di Bali. Pantai cantik di Klungkung ini memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga menarik para peselancar untuk mencobanya. Ombaknya yang cukup tinggi menguji adrenalin siapa saja yang ingin berselancar di pantai ini.

Para peselancar yang datang ke pantai ini cukup memarkir kendaraannya di sebelah pura Segara Batu Tumpeng. Selanjutnya tinggal menyusuri pantai menuju ke arah timur untuk mendapatkan spot ombak terbaik dari pantai ini. Ombak yang cukup besar bisa dinikmati wisatawan yang datang ke sini untuk berselancar.

✦ Tempat bertelur Penyu di Bali

Suasana alam sangat terasa di pantai ini, karena keberadaan penyu yang kerap menjadikan pantai ini sebagai tempat bertelur. Untuk menjaga kenyamanan dan habitat penyu tersebut, pemerintah setempat telah membuat rambu-rambu di sekitar pantai yang menginformasikan bahwa pantai ini sering menjadi persinggahan penyu.

Alasan dijadikan tempat bertelur penyu adalah karena pantai ini masih alami dan belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Bagi yang beruntung saat berjalan-jalan di pantai ini, bisa langsung melihat penyu bertelur di sana. Ini akan menjadi pengalaman yang langka dan cukup berkesan.

Perjalanan Sehari Mega Ponton Nusa Penida

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Batu TumpengFoto: Google Maps/Jo Taeho

Pantai Batu Tumpeng terletak di Desa Gelgel, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung-Bali. Tepatnya, lokasi pantai indah ini berada di dekat Masjid Nurul Huda yang merupakan masjid bersejarah dan masjid tertua di Pulau Bali. Setelah masjid ini, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan mobil untuk mencapai pantai ini.

Untuk menikmati panorama pantai yang sangat indah ini, tiket masuknya gratis alias gratis. Dengan demikian, pantai ini cocok sebagai tujuan wisata murah. Selain itu, pantai ini juga buka setiap hari selama 24 jam, sehingga setiap orang bisa leluasa menikmati pemandangan indah yang disajikan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Batu TumpengFoto: Google Maps/Yassine Drk

Suasana pantai yang tidak begitu ramai ditunjang dengan udara yang segar dan alami membuat setiap orang yang berada di pantai ini betah dan betah berlama-lama. Pantai ini juga dijadikan salah satu pantai pilihan untuk menikmati pemandangan indah saat matahari terbenam (matahari terbenam). Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana.

1. Berselancar (berselancar)

Perhatikan bahwa Pantai Batu Tumpeng adalah salah satu pantai favorit para peselancar, meski jumlah peselancar yang datang tidak terlalu banyak. Namun, pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi. Ombak pantainya cukup menantang dan menguji nyali siapa saja yang mencobanya.

2. Jalan-jalan di sekitar Pantai Batu Tumpeng

Pantai Batu Tumpeng memiliki jalur pejalan kaki khusus berupa bebatuan sepanjang kurang lebih 3 km. Jalur khusus ini menjadi pilihan banyak wisatawan yang datang untuk berjalan-jalan atau berolahraga. joging saat pagi dan sore hari.

3. Menikmati sunset yang indah

Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati sunset di sore hari. Tak heran bila pada sore hari pantai ini cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal. Pesona keindahan yang disuguhkan tak jauh beda dengan pantai-pantai hits lainnya di Bali. Wisatawan dapat berjalan-jalan santai sambil menikmati indahnya pemandangan sore di tepi pantai.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Batu TumpengFoto: Google Maps/Antoine Estrugo

Karena sedikitnya wisatawan yang mengetahui dan mengunjungi keberadaan pantai ini, maka bisa dikatakan fasilitas yang tersedia disana masih minim. Namun, bagi wisatawan yang mencari tempat makan, tersedia beberapa warung makan sederhana. Untuk tempat penginapan masih belum tersedia di pantai ini.

Sebagai solusinya, wisatawan bisa memilih menginap di Nusa Penida atau Nusa Lembongan. Untuk transportasi, wisatawan yang tidak membawa kendaraan tidak perlu khawatir, karena banyak persewaan sepeda motor dan mobil di kawasan Klungkung. Namun yang sering menjadi pilihan adalah rental motor karena harganya yang murah.

Menurut masyarakat setempat, pengembangan destinasi wisata sudah lama diusulkan ke instansi terkait. Mengingat potensi pantai ini cukup bagus, terutama sebagai tempat berselancar. Hal utama yang diusulkan adalah pengembangan fasilitas penunjang seperti tempat parkir mobil, toilet, dan pengembangan ruko agar dapat dikelola dengan baik.

Karena fasilitasnya yang terbilang minim, Pantai Batu Tumpeng sangat cocok untuk jalan-jalan santai sambil mengagumi panorama megah yang ditawarkannya. Namun yang harus diingat adalah bagi siapapun yang mengunjunginya wajib menjaga kebersihan dan keindahannya, karena pantai ini merupakan salah satu tempat penangkaran penyu.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button