Pantai Kuranji, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Lombok Barat - WisataHits
wisatahits

Pantai Kuranji, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Lombok Barat

Pantai Kuranji, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Lombok Barat
Harga tiket: Rp 2.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kuranji, Kec. Labuapi, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pernahkah Anda mendengar tentang Pantai Kuranji? Pantai yang terletak di pulau Lombok ini menjadi salah satu destinasi judi yang wajib dikunjungi di Lombok. Pemandangan pantai yang indah dan dikelilingi pegunungan serta pepohonan sangat sayang untuk dilewatkan.

Apalagi jika Anda menyukai matahari terbenam, pantai ini adalah tempat yang tepat untuk menikmatinya. Tak hanya itu, Pantai Kuranji juga menawarkan jembatan yang mengarah ke laut sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dengan lebih leluasa.

Bagi Anda yang menyukai suasana pantai yang alami dan santai, pantai ini adalah pilihannya. Pepohonan yang rimbun akan menyegarkan pikiran setiap pengunjung. Untuk lebih mengenal pantai ini, berikut ulasan lengkapnya.

Objek Wisata Pantai Kuranji yang Disarankan

Daya tarik yang dimiliki Pantai KuranjiFoto: Google Maps/Max Novie

1. Tempat bermain layang-layang yang seru

Wisatawan yang suka bermain layang-layang akan sangat senang mengunjungi pantai ini. Pasalnya, pantai ini memiliki pantai berpasir yang luas dengan angin yang relatif ringan. Wisatawan yang ingin membawa anak-anak dan keluarga sangat dianjurkan.

Meskipun tempat wisata ini cocok untuk menerbangkan layang-layang, sebaiknya wisatawan membawa layang-layang dari rumah karena tidak ada yang menjual layang-layang di sana. Bermain layang-layang merupakan salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kuranji Lombok, apalagi jika dilakukan bersama anak-anak.

2. Nikmati keindahan jembatan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pantai ini menawarkan jembatan yang mengarah ke tengah laut, selain digunakan sebagai tempat memancing nelayan dan warga sekitar, jembatan ini juga digunakan sebagai tempat menikmati pemandangan pantai. Anda bisa menikmati luasnya lautan yang dikelilingi oleh pegunungan dan pepohonan yang rimbun.

3. Termasuk tempat wisata yang masih alami

Deretan pohon yang menutupi area Pantai Kuranji membuat lokasi pantai terkesan tersembunyi. Pantai ini juga sedikit diketahui wisatawan tetapi sangat sepadan untuk dikunjungi karena seperti mengunjungi pantai pribadi.

Salah satunya adalah pantai yang didominasi oleh pepohonan hijau tersebut. Dibandingkan dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Lombok, pantai yang masih alami ini cukup sepi pengunjung. Sehingga wisatawan dapat menikmati suasana pantai yang nyaman dan tenang.

4. Panorama alam yang disajikan begitu memanjakan mata

Jika wisatawan mencari tempat wisata di kawasan Lombok Nusa Tenggara Barat yang masih belum terjamah, Pantai Kuranji bisa menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan. Bagaimana tidak dengan menjaga panorama alam yang sangat memanjakan mata. Hamparan pasir pantainya cukup luas dengan warna yang unik, setengah hitam dan setengah putih.

Di pinggir pantai terdapat deretan pepohonan yang hijau dan asri. Warna air lautnya bertingkat dari biru muda hingga biru kehijauan, berpadu dengan warna pasir pantai yang unik. Ditambah lagi dengan garis pantainya yang lurus dengan ombak yang cukup tenang membuat wisatawan dapat menikmati panorama pantai yang nyaman.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat dan harga tiket di Pantai KuranjiFoto: Google Maps/Alfiatul Fitria

Secara geografis, pantai ini berbatasan dengan kota Mataram. Namun secara administrasi, Pantai Kuranji termasuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Barat. Secara spesifik, pantai ini masuk dalam wilayah kecamatan Labuapi.

Jarak pantai ini dengan pusat kota NTB hanya sekitar 3 km hingga 4 km. Jika menggunakan kendaraan bermotor, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Wisatawan bisa sampai di sana menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Meski pantai ini sudah banyak dikunjungi, namun akses jalan menuju lokasi cukup sempit. Jadi, sangat disarankan untuk datang saat sepi. Saat musim liburan tiba, jalan menuju pantai cukup ramai sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Pantai Kuranji Lombok dapat dikunjungi wisatawan selama 24 jam. Menariknya, harga tiket masuknya cukup terjangkau. Setiap wisatawan yang berkunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 2000 saja. Oleh karena itu, pantai ini menjadi destinasi yang tidak menguras kantong para wisatawan.

Tiket masuk adalah untuk segala usia pengunjung yang datang. Bagi wisatawan yang ingin menghemat biaya liburannya, mengunjungi pantai unik berpasir setengah hitam dan setengah putih adalah pilihan yang tepat.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai KuranjiFoto: Google Maps/Syakur Rahman

1. Mainkan bola pantai

Selain bermain layang-layang, wisatawan yang berlibur di pantai juga bisa menikmati aktivitas lain termasuk bermain bola pantai. Angin sepoi-sepoi sangat mendukung olahraga ini karena sangat menyenangkan. Wisatawan yang ingin melakukan kegiatan ini dipersilakan datang pada sore hari.

Bermain bola pantai sangat menyenangkan, dan wisatawan bisa menyejukkan diri dan berolahraga di sana. Apalagi bermain bola di benua itu sudah menjadi hal yang lumrah. Bermain bola pantai menjadi pengalaman seru dan menarik bagi wisatawan yang baru pertama kali bermain bola pantai.

2. Berburu Foto

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kuranji tidak pernah kehilangan kesempatan untuk setiap spot yang bagus dijadikan spot foto untuk diabadikan di kamera atau smartphone. Wisatawan bisa memilih tempat-tempat terbaik di sana, seperti di bawah pepohonan hijau atau di pinggir pantai.

Karena suasananya yang tenang, banyak wisatawan yang memanfaatkan pantai ini sebagai tempat berfoto seperti foto prewedding, foto katalog, dan foto untuk diunggah ke media sosial. Warna pasir pantai yang unik juga bisa menjadi background foto yang direkomendasikan.

3. Berkemah di dekat pantai

Banyak wisatawan yang memilih mendirikan tenda di kawasan Pantai Kuranji Lombok karena belum tersedia penginapan di sekitar lokasi. Pantainya sangat luas sehingga wisatawan dapat memilih di mana mereka akan mendirikan tenda.

Karena tidak ada persewaan tenda dan perlengkapan camping lainnya, wisatawan diharuskan membawa tenda sendiri dari rumah beserta perlengkapan camping lainnya. Wisatawan yang berkemah bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

4. Berenang di area pantai

Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga aman digunakan oleh wisatawan yang ingin berenang atau mandi di kawasan tepi pantai yang indah ini. Air lautnya yang begitu jernih dengan gradasi warna biru muda dan toska membuat wisatawan pasti tergoda untuk mencoba berenang di dalamnya.

Meski ombak sedang tenang, wisatawan tetap harus berhati-hati untuk tidak melangkah terlalu jauh ke laut saat mandi. Pantai Kuranji nyaman digunakan untuk berenang atau berendam, namun wisatawan harus selalu berhati-hati untuk terus berenang di kawasan bibir pantai, tanpa harus ke tengah.

5. Saksikan matahari terbenam

Banyak wisatawan yang penasaran dengan panorama sunset di atas pantai yang masih alami ini. Sedemikian rupa sehingga berkemah atau bivak menjadi kegiatan yang banyak dipilih agar Anda dapat menikmati matahari terbenam dengan bebas. Karena tidak ada bebatuan atau tebing yang menghadap pantai, maka panorama sunset tidak akan terhalang oleh apapun.

Hal inilah yang membuatnya begitu istimewa sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suasana pantai saat sunset begitu hangat dan romantis karena pancaran sinar matahari yang biasa terjadi saat terbenam di ufuk barat.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai KuranjiFoto: Google Maps/Mayang Wigayatri

Meski merupakan objek wisata yang cukup ramai, namun fasilitas di sana tidak terlalu lengkap. Namun fasilitas penunjang utama seperti area parkir yang luas sudah ada. Ada juga fasilitas umum seperti lima buah gazebo yang tersedia di pinggir pantai untuk para wisatawan beristirahat.

Selain itu, ada juga toilet dan kamar mandi. Fasilitas seperti tenda dan peralatan berkemah tidak tersedia di Pantai Kuranji Lombok, sehingga wisatawan bisa membawa sendiri dari rumah. Warung makanan tersedia di sana. Makanan yang dijual mayoritas adalah aneka olahan ikan dari hasil laut.

Menu makanannya cukup bervariasi mulai dari ikan bakar, aneka seafood dan aneka jajanan lezat lainnya. Wisatawan bisa mencicipi berbagai jenis makanan di sini sambil menikmati indahnya panorama pantai.

Berwisata ke Pantai Kuranji Lombok tidak akan mengecewakan. Meski fasilitasnya masih sedikit, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Bentang alam yang disuguhkan berbeda dengan pantai pada umumnya. Jadi, saat musim liburan tiba dan ingin berwisata ke Lombok, wajib mampir ke pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button