Pantai Balongan Indah, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Indramayu - WisataHits
wisatahits

Pantai Balongan Indah, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Indramayu

Pantai Balongan Indah, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Indramayu
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Balongan, Kec. Balongan, Kab. Indramayu, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu destinasi wisata laut di Indramayu Jawa Barat yang patut dikunjungi adalah Pantai Balongan Indah atau yang sering disebut dengan Pantai Bali. Bali artinya Balongan Indah dan nama ini sendiri sudah cukup dikenal terutama di kalangan masyarakat Indramayu dan sekitarnya.

Pantai dengan keindahan Laut Jawa ini bisa menjadi rekomendasi pilihan bagi Anda yang sedang merencanakan liburan akhir pekan bersama teman atau keluarga. Saat liburan, pantai ini akan lebih sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kawasan pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indramayu dengan berbagai pesonanya yang megah. Akses mudah dan fasilitas lengkap. Bagi Anda yang berada di sekitar Balongan, Indramayu, jangan lewatkan pantai Balongan Indah yang menawan ini.

Daya Tarik Pantai Balongan Indah

Daya pikat Pantai Balongan memang memukauFoto oleh Liya Nisa di Google Maps

✦ Pantai yang landai

Keindahan pemandangan pantai memiliki daya tarik tersendiri yang selalu membuat wisatawan ingin mengunjunginya kembali. Pesona Pantai Balongan Indah pun berhasil memikat hati para wisatawan dengan berbagai daya tariknya. Salah satunya adalah pantainya yang landai sehingga nyaman bagi pengunjung untuk bermain.

Meski tidak memiliki pasir putih, pantai Indramayu ini menyuguhkan pemandangan Laut Jawa yang menawan. Selain pantainya yang landai, ombaknya relatif tenang dan tidak terlalu besar seperti di pantai selatan Jawa. Dengan demikian, pengunjung dapat bersenang-senang di sepanjang pantai dengan aman sepenuhnya.

✦ Pohon rindang

Bermain di pantai memang identik dengan kepanasan, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang ke pantai. Laut yang terbentang jauh dengan ombaknya yang tak berujung selalu menghipnotis mata. Jangan khawatir kulit terbakar matahari, bermain di pantai itu menyenangkan.

Beruntung, di Balongan Indah terdapat beberapa pohon rindang yang berjejer di sekitar pantai. Selain memberikan kesejukan, pepohonan di sekitar pantai juga bisa digunakan untuk berteduh bagi wisatawan. Tak heran jika saat berwisata ke pantai, pemandangan yang sering ditemui adalah orang-orang yang duduk bersila di bawah pohon.

✦ Menara permainan

Adanya permainan di sekitar pantai menambah daya tarik tempat ini. Wahana hiburan seperti seluncuran, ayunan, tiang gantung dan lainnya pasti akan membuat si kecil betah di pantai ini.

Pengunjung yang membawa anak kecil tidak perlu khawatir anaknya menangis dan rewel. Permainan anak ini bisa digunakan untuk membuat si kecil senang.

✦ Lampu sorot untuk selfie

Daya tarik Pantai Balongan Indah selanjutnya adalah adanya beberapa spot selfie. Pengunjung bisa melihat jembatan atau dermaga kecil yang dicat di setiap sisinya. Spot foto yang cukup instagramable ini menjadi spot favorit para wisatawan, terutama anak muda.

Spot selfie bagi pengunjung pantai selain dermaga ada di sekitar bebatuan beton atau pemecah gelombang. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat bagus dan bagus untuk spot foto.

✦ Panorama matahari terbenam

Keindahan sunset yang tak tertandingi menarik banyak wisatawan untuk datang ke pantai ini. Letak pantainya yang tidak terhalang tebing atau lainnya membuat tempat ini cocok untuk menikmati sunset. Pemburu sunset bisa datang di sore hari.

Panorama senja dengan pantulan sinar matahari yang memenuhi permukaan laut menghadirkan keindahan alam yang menyenangkan untuk dinikmati. Suasana akan semakin romantis dengan semilir angin yang semakin terasa.

✦ Pemandangan perahu nelayan

Tidak hanya pemandangan laut dan pasir pantai yang disajikan di tempat ini. Perahu nelayan bersandar atau berlayar dengan pemandangan indah yang menambah daya tarik Balongan Indah.

Nelayan di sekitar pantai ini biasanya membawa ikan segar untuk dijual ke turis atau restoran lokal. Aktivitas para nelayan setempat tentu menjadi pemandangan yang menarik dan tidak biasa, apalagi bagi Anda yang lebih sering tinggal di perkotaan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Balongan IndahFoto Yoga Liberiawan di Google Maps

Pantai Balongan Indah termasuk dalam wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Terletak di Desa Balongan, sekitar 15 menit dari Terminal Indramayu. Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum bisa turun di terminal kota. Setelah itu, naik angkot menuju Balongan. Angkutan umum ini bisa mengantarkan wisatawan ke pantai.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa memilih jalur menuju desa atau kecamatan Balongan. Petunjuk arah menuju pantai ini akan ditemukan di beberapa tempat sehingga memudahkan wisatawan untuk menemukannya. Jangan sungkan untuk menanyakan kepada pihak berwenang setempat jalan menuju pantai jika menemui kendala.

Harga tiket masuk dan jam buka

Pantai sering menjadi tujuan wisata favorit masyarakat karena murah untuk dikunjungi. Salah satunya Pantai Balongan Indah yang tiket masuknya hanya Rp 5.000 untuk setiap pengunjung. Memasuki gerbang kawasan wisata, Anda bisa membayar karcis atau tiket masuk ke agen.

Sedangkan untuk biaya parkir, pengunjung dikenakan biaya Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Anda bisa memilih tempat parkir yang tersedia di sepanjang pantai.

Pantai ini dibuka untuk wisatawan setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Pengunjung tentunya bisa lebih leluasa dan berlama-lama di pantai karena jam buka yang cukup panjang. Namun waktu terbaik untuk datang adalah sore hari karena kamu bisa mengejar sunset di sini.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Hal yang bisa dilakukan di Pantai Balongan IndahFoto oleh Lintang D. di Instagram

1. Bersantai di Pantai Balongan Indah

Berwisata ke pantai biasanya menjadi pilihan untuk melepas penat dan melepas penat. Bersantai dan bersantai di Pantai Balongan Indah mungkin bisa sedikit mengatasi kepenatan Anda. Pasir pantai ini cukup halus dan Anda bisa duduk santai menikmati panorama megah yang tersaji di depan mata.

Pilih tempat yang nyaman jika ingin bersantai di sekitar pantai. Jika bosan, Anda bisa bermain pasir hitam seperti membuat bangunan mini atau mengubur bagian tubuh. Kegiatan ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama teman.

2. Berenang

Berenang di pantai merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk hiburan. Anda yang pecinta pantai bisa bermain dan berenang di sekitar pantai yang indah ini.

Ada juga ban apung yang bisa disewa pengunjung. Saat bermain di kawasan Pantai Balongan Indah, selalu awasi anak-anak Anda. Meski ombak di pantai ini tidak terlalu besar, namun anak kecil yang berenang di pantai harus selalu diawasi demi keamanan.

3. Piknik

Cara seru lainnya untuk berlibur di pantai eksotik ini adalah dengan makan di pinggir pantai bersama anggota keluarga. Keluarkan semua bekal makanan dan minuman yang sudah dibawa dari rumah untuk dimakan bersama. Suasana makan di pinggir pantai akan menambah keseruan meski menu makanannya biasa saja.

Jika tidak membawa bekal, Anda juga bisa membeli makanan dari warung setempat. Aneka olahan seafood segar dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Aroma bakar dari ikan yang diolah akan semakin menggugah selera makan Anda. Jangan lupa pesan es krim kelapa agar makan di pantai ini semakin mengenyangkan.

4. Perjalanan dengan perahu

Pengunjung juga bisa mencoba menaiki perahu nelayan untuk berkeliling. Biasanya perahu nelayan kecil di pantai ini mampu menampung 7-10 wisatawan. Selain perahu, Anda juga bisa menjajal hiburan lain di Pantai Balongan Indah dengan menaiki banana boat.

5. Bermain di taman anak-anak

Wisatawan juga bisa menemani anak-anak bermain di wahana yang telah disediakan. Tempatnya berada di sekitar pantai, jadi Anda selalu bisa menikmati keindahan laut di tempat ini.

6. Ambil gambar

Memotret adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan terlalu asik saat bermain, karena pemandangan indah pantai ini sayang jika tidak terekam kamera.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Balongan yang IndahFoto oleh Diaz Septiadi di Google Maps

Sebagai tempat wisata yang sudah ada sejak lama, Pantai Balongan Indah tentunya memiliki banyak fasilitas pendukung. Fasilitas seperti tersedianya tempat parkir yang luas untuk sepeda motor, mobil dan bus wisata.

Tidak ketinggalan kamar mandi dan toilet yang sering dicari pengunjung. Meski sederhana, kamar mandi yang disediakan cukup nyaman bagi wisatawan untuk berkumur setelah bermain di pantai. Jika ingin beribadah, juga sudah direncanakan bangunan kecil untuk mushola.

Di sepanjang pantai Anda akan melihat deretan warung makan. Pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk menaklukan rasa lapar dengan berbagai menu seafood dan hidangan lezat lainnya. Sementara itu, fasilitas akomodasi juga dapat ditemukan di sekitar kawasan pantai ini.

Rupanya pesona Pantai Balongan Indah di Indramayu memang berhasil menarik perhatian calon wisatawan. Semua fasilitas dan kenyamanan tempat ini akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Anda bisa mengajak orang tersayang untuk menikmati waktu seru ini dengan liburan pantai di pesisir utara Jawa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button