Pantai Klayar, pantai klasik di Pacitan - WisataHits
wisatahits

Pantai Klayar, pantai klasik di Pacitan

Pantai Klayar adalah tujuan utama di Pacitan. Pantai ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki banyak cerita bagi setiap wisatawan. Salah satu musisi yang mengabadikan momen di Pantai Klayar adalah Didi Kempot.

Jam buka: 24 jam
Harga tiket: Rp 10.000/orang
Kontak:
Alamat: Kalak, Sendang, Donorojo, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554, Indonesia
Fasilitas umum: Masjid, gazebo, area parkir yang luas, akomodasi, dll.
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Pantai Klayar

Yogyakarta memiliki pantai klasik yang disebut parangtritis, serta baron, krakal dan kukup. Nah, Pacitan tidak mau ketinggalan karena memiliki pantai klasik yang selalu punya nama dan semakin populer di kalangan masyarakat.

Daerah tersebut adalah pantai Klayar. Dimana, nama tempat wisata ini pernah dijadikan judul lagu oleh maestro campursari terkenal yaitu Didi Kempot. Penasaran dengan tempat ini? Yuk simak eksplorasi berikut ini,

Pantai Klayar

Inilah daerah yang selalu membuat Jawa Timur menjadi impian. Hadir dengan berbagai koral yang elegan. Terdapat tebing-tebing yang bisa dimanfaatkan sesama traveler untuk menikmati kawasan ini secara lebih private.

Namun, rekan-rekan traveler harus berhati-hati jika ingin menuju tebing ini dan menikmati koral dengan pemandangan yang luas dan luas. Memanfaatkan hembusan angin yang tidak akan pernah berhenti membuat teman seperjalanan sangat kesulitan untuk beraktivitas.

Area tebing ini cukup luas, sehingga rekan-rekan traveler bisa beristirahat dan menikmati spot foto yang sudah tersedia. Di pinggir pantai juga terdapat beberapa warung yang menawarkan berbagai menu makanan.

Ada juga oleh-oleh dan baju cantik yang bertuliskan pantai klayar. Bisa dijadikan oleh-oleh untuk yang di rumah. Harganya mulai dari Rp 50.000 saja. Dengan kualitas yang mumpuni dan tidak mengecewakan.

Pasir pantainya berwarna kecoklatan dan bercampur dengan warna putih. membuatnya agar sesama traveller bisa menikmatinya dengan duduk mengelilingi gradasi warna ini sangat menarik jika dilihat dari atas tebing. atau berjalan di setiap sudut.

Nama klayar sendiri diambil dari bahasa Jawa yaitu kluyar-kluyur yang artinya bepergian. Seperti beberapa pantai di Pacitan, kawasan ini juga memiliki karakter unik dan ikon yang tidak akan pernah terlupakan.

Di pantai ini terdapat sebuah batu karang yang bisa dikatakan sangat sempurna. Konon ceritanya, karang ini merupakan hasil pertarungan makhluk gaib yang sering terjadi. Menariknya, bebatuan di tengahnya terhubung dengan karang di pantai.

Saat ini, rekan-rekan traveller bisa memanjat dan menikmati pemandangan dari bebatuan tersebut. tidak hanya di bagian pinggir, tapi juga di bagian tengahnya, menjadi spot selfie baru yang selalu menjadi spot favorit dan idaman setiap orang yang datang.

Ikon berikutnya adalah seruling laut. Nama suling ini merupakan fakta alam yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua pengunjung yang datang. Streamer laut adalah nama samaran yang diberikan untuk lubang berbatu di belakang tebing.

Hal ini terjadi ketika embusan angin yang menyatu dengan air laut masuk ke dalam lubang di batu karang. Selain suara suling, Anda juga bisa menikmati air mancur alami.

Dimana, air mancur ini terjadi dari berat ombak yang sangat tinggi. Begitu menembus karang, air mengalir di antara lekuk-lekuk bebatuan ini. Momen ini juga diharapkan oleh rekan-rekan traveler saat berkunjung ke pantai Klayar.

Ikon berikutnya adalah batu sphinx. Bebatuan ini mungkin tampak lebih dalam, terlihat seperti patung singa berkepala manusia di Mesir. Namun, masyarakat setempat menyebut fenomena ini dengan nama batu lumbung.

Di sini juga terdapat sebuah sumur yang dapat digunakan untuk pengobatan dan mandi yang menurut penduduk setempat dapat membawa berkah bagi mereka yang mandi di daerah ini.

Menikmati tempat ini tidak memuaskan jika tidak menikmati malam. Dengan demikian, teman seperjalanan wajib menginap di area camping yang disediakan dan letaknya tidak jauh dari pantai.

Pesona malamnya begitu indah sehingga banyak pengunjung yang datang untuk menginap di sana. Apalagi saat akhir pekan atau hari libur. Tempat ini akan dibanjiri lautan manusia.

Baca juga: Pantai Banyutibo

Lokasi

Pantai Klayar terletak di Dusun Kalak, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Untuk menuju tempat ini cukup mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Sayangnya, kawasan ini kurang bersahabat dengan angkutan umum.

Rekan-rekan traveller bisa mengikuti busline khusus solo – pacitan. Kemudian belok kiri di pertigaan T. Kemudian belok kanan setelah sampai di pertigaan candi. Ikuti saja jalan ini sampai menemukan pertigaan lagi, sampai tiba di lokasi ini.

Bagi yang berangkat dari Yogyakarta, sesama pelancong bisa melewati Wonosari, Pracimantoro hingga tiba di kawasan Pacitan. Sepanjang jalan dari Pramcimantoro ke Pacitan. Sobat Travel akan menemukan banyak signage yang telah tersedia.

Baca juga: Pantai Buyutan Pacitan

Biaya masuk

Teman perjalanan bisa menikmati semua keindahan di atas dengan membayar harga tiket Rs 5.000. Namun, saat hari libur dan akhir pekan, harga pantai Klayar hanya naik 10.000 rupee.

Untuk harga parkir, ada biaya sebesar Rs 5.000 bagi mereka yang menggunakan mobil. Bagi yang menggunakan kendaraan bermotor, teman seperjalanan harus membayar 2.000 rupiah. murah kan?

Galeri Foto Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah tempat yang harus dilihat ketika mengunjungi pacitan. Tempat paling menyenangkan untuk istirahat dan relaksasi dari jalan yang melelahkan. Jadi, lewat sini, tidak apa-apa untuk berhenti sejenak.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button