Siapkan Lahan Petik Buah, Bendosari 108 KKN pimpin Pusat Studi Inovasi (PSI) Antusias Tingkatkan Eduwisata Ultramodern - WisataHits
Yogyakarta

Siapkan Lahan Petik Buah, Bendosari 108 KKN pimpin Pusat Studi Inovasi (PSI) Antusias Tingkatkan Eduwisata Ultramodern

JurnalPost.com – Berbeda dengan kelompok lain yang justru membaur dengan masyarakat, Kelompok 101 dan 102 KKN 108 UIN Sunan Kalijaga fokus pada pengembangan wisata kebun buah-buahan di Dusun Bendosari Sumbersari Moyudan Sleman. Sesuai arahan LPPM, Kelompok 101 dan 102 memiliki tugas utama mengubah kebun Bendosari menjadi eduwisata.

Usai membersihkan rerumputan, seluruh anggota kelompok KKN bersama pengelola kebun menyiapkan lahan yang nantinya akan ditanami bibit jambu biji dan alpukat. Perataan tanah akan dilakukan pada tanggal 30-31 Juli 2022.

Wahyu Abdi, mahasiswa aqidah dan filsafat Islam, menjelaskan perataan lahan untuk penanaman jambu biji dan biji alpukat baru dilakukan setelah pembersihan rerumputan selesai. Selain kegiatan ini, kami juga memanen rumput Odot untuk dikirim ke Gembira Loka Yogyakarta Zoo.

Mahasiswa asal Riau itu menambahkan, Kebun Bendosari merupakan satu-satunya kebun di Jogja yang bekerja sama dengan Gembira Loka Zoo pada rumput odot yang biasanya dibuat untuk dimakan gajah.

“Salah satu pengabdian kami kepada masyarakat adalah memadupadankan apa yang dilakukan masyarakat sekitar dan juga merupakan salah satu bentuk program kerja yang dilaksanakan oleh kelompok KKN kami,” ujar Khoirul Anam yang sangat antusias untuk meratakan tanah dengan cangkulnya.

Sebanyak 85 bibit jambu biji siap tanam Bibit jambu biji disiapkan oleh pengelola kebun kebun Green House Bendosari.

Ketua rombongan 102 KKN 108 UIN Sunan Kalijaga 2022 Taufiqullah menjelaskan bahwa kegiatan pergi ke kebun setiap pagi merupakan kegiatan bersyarat, pembersihan dan pembagian lahan dilakukan secara bersama-sama sedangkan pada bahan baku pembuatan spot foto akan dilakukan dipelihara dan gerbang akan selesai.

Mahasiswa hukum tersebut juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya terfokus pada pengembangan agrowisata yang mutakhir, tetapi juga pada optimalisasi agrowisata Kebun Bendosari yang sehat dan ramah lingkungan, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). SDGs), yaitu Terjaganya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, dan pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan. (Taufiqullah)

Source: jurnalpost.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button